sign up SIGN UP

5 Kiat Jitu Mencari Beasiswa Kuliah, Yuk Coba Dipraktikkan!

Budi Rahmah Panjaitan | Rabu, 17 Nov 2021 19:45 WIB
5 Kiat Jitu Mencari Beasiswa Kuliah, Yuk Coba Dipraktikkan!
caption

Beauties, apakah kamu salah satu dari sekian banyak scholarship hunter? Jika ya, maka topik yang satu ini relevan untuk kamu ketahui. Ya, mendapatkan beasiswa merupakan dambaan semua scholarship hunter. Bantuan keuangan yang akan diberikan akan menjadi bagian dari usaha mewujudkan mimpi dalam dunia pendidikan.

Oleh karenanya, dibutuhkan upaya dan kerja keras untuk bisa mendapatkannya. Terlebih lagi, setiap beasiswa biasanya mempersyaratkan hal-hal tertentu sebagai ajang seleksi untuk setiap kandidat calon penerima beasiswa.

Dikutip dari laman Today, pakar perencanaan perguruan tinggi bantuan keuangan siswa yang bernama Mark Kantrowitz memberikan kiat jitu dalam mencari beasiswa. Apa saja? Simak selengkapnya di bawah ini.

1. Memulai Pencarian Lebih Awal

Ilustrasi mencari informasi beasiswa/ Foto: Freepik.com
Ilustrasi mencari informasi beasiswa/ Foto: Freepik.com

Tidak ada kata terlalu dini untuk mencari beasiswa. Bahkan, sejak di bangku sekolah menengah pun, pencarian beasiswa sudah mulai bisa dilakukan. Dengan begitu, akan ada banyak informasi yang dikumpulkan mengenai pendaftaran beasiswa yang sedang dibuka beserta persyaratan-persyaratan yang harus dipenuhi.

Apabila pencarian beasiswa belum dimulai sejak bangku sekolah, maka opsi lainnya adalah segera mencari ketika memasuki awal perkuliahan. Hal ini akan berpotensi membantu lebih banyak biaya perkuliahan karena sudah diusahakan sejak awal masa pendidikan.

2. Berkoordinasi dengan Konselor Sekolah

Ilustrasi berkonsultasi dengan konselor/ Foto: Freepik.com
Ilustrasi berkonsultasi dengan konselor/ Foto: Freepik.com

Kamu tentu sudah tidak asing dengan keberadaan guru bimbingan konseling atau yang biasa disingkat dengan BK. Kamu bisa melakukan konsultasi kepada guru BK di sekolahmu mengenai rencana untuk mencari beasiswa di jenjang perkuliahan.

Di sisi lain, biasanya konselor di sekolah seringkali memiliki banyak informasi mengenai beasiswa. Dengan begitu, BK kemungkinan dapat menyarankan beasiswa tertentu berdasarkan bakat individu maupun kegiatan ekstrakurikuler yang kamu ikuti. Kamu akan lebih terarah dan bisa menemukan beasiswa yang tepat.

3. Menanyakan pada Perguruan Tinggi

Ilustrasi menelepon untuk bertanya/ Foto: Freepik.com
Ilustrasi menelepon untuk bertanya/ Foto: Freepik.com

Tips berikutnya ini juga masih terkait dengan kegiatan konsultasi. Namun bedanya adalah, konsultasi dalam konteks di sini bisa dilakukan kepada universitas tempat melamar beasiswa. Biasanya, sebagian besar universitas memiliki peluang beasiswa yang dicantumkan pada situs web resmi yang mereka miliki.

Hal tersebut mempermudah para calon penerima beasiswa untuk bisa menilik lebih jauh mengenai beasiswa yang sedang diincar. Biasanya dapat ditemukan tautan eksternal maupun FAQ yang akan membantu pemahaman para pemburu beasiswa.

Jika ada sesuatu hal yang tidak tercantum di situs web dan ingin ditanyakan, maka segera hubungi universitas yang bersangkutan dari nomor atau alamat email yang tercantum.

4. Perhatikan Tenggat Waktu dengan Teliti

Menyetel pengingat di kalender/ Foto: Freepik.com
Menyetel pengingat di kalender/ Foto: Freepik.com

Setiap pemberi beasiswa biasanya memiliki tenggat waktu tertentu sebagai batas akhir submit pendaftaran. Terkadang, waktu tersebut terasa sulit bagi scholarship hunter karena cukup genting. Untuk itu, perlu disiasati dengan memberikan reminder pada diri sendiri.

Cobalah untuk menyetel pengingat atau kalender di handphone. Dengan begitu, tidak ada waktu yang terlewat untuk masing-masing tahapan proses seleksi beasiswa yang diinginkan.

5. Apply, Apply dan Apply

Ilustrasi mendaftar beasiswa/ Foto: Freepik.com
Ilustrasi mendaftar beasiswa/ Foto: Freepik.com

Salah satu kunci yang perlu diingat ketika mencari beasiswa adalah selalu mengambil kesempatan dengan cara apply, apply dan apply. Secara gamblang, Kantrowitz, selaku pakar perencanaan perguruan tinggi bantuan keuangan siswa mengatakan bahwa untuk mendapatkan beasiswa kamu harus mencoba mendaftar.

Kamu harus mengajukan permohonan untuk setiap beasiswa dengan memenuhi berbagai syarat yang telah ditentukan. Cobalah di berbagai beasiswa untuk memperbesar peluang diterima.

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id