sign up SIGN UP

5 Kiat Persiapan Kuliah Bagi Mahasiswa Baru, Ada yang Bisa Mulai Dicicil dari Sekarang

Budi Rahmah Panjaitan | Beautynesia
Selasa, 28 Jun 2022 07:45 WIB
5 Kiat Persiapan Kuliah Bagi Mahasiswa Baru, Ada yang Bisa Mulai Dicicil dari Sekarang
caption

Beauties, apakah kamu salah satu calon mahasiswa baru yang akan segera memasuki dunia perkuliahan pascalulus dari jenjang sekolah menengah atas? Jika ya, tentu saja kamu harus mulai mempersiapkan segala sesuatunya dari sekarang.

Mengingat bahwa, tahun ajaran baru pun tinggal menghitung bulan. Bagi kamu yang memilih kuliah di dalam negeri, 5 kiat persiapan kuliah bagi mahasiswa baru berikut ini bisa kamu jadikan referensi. Simak selengkapnya di bawah ini.

Selesaikan Proses Administrasi Pendaftaran

Ilustrasi mengurus administrasi/ Foto: Freepik.com/wayhomestudio
Ilustrasi mengurus administrasi/ Foto: Freepik.com/wayhomestudio

Memasuki sebuah institusi baru mengharuskan kamu untuk terlibat dalam proses administrasi. Tidak terkecuali untuk institusi pendidikan tinggi. Mulai dari daftar ulang, pembayaran SPP, mengumpulkan berkas tambahan dan sebagainya.

Pastikan bahwa semua persyaratan administrasi yang dibutuhkan bisa kamu lengkapi agar prosesnya berjalan lancar. Kamu juga perlu teliti dalam mengumpulkan berkas-berkas yang ada karena pada umumnya akan cukup banyak berkas yang harus kamu kumpulkan.

Membeli Perlengkapan Kuliah Sesuai Kebutuhan

Ilustrasi perlengkapan kuliah/ Foto: Freepik.com/freepik
Ilustrasi perlengkapan kuliah/ Foto: Freepik.com/freepik

Selanjutnya kamu perlu membeli perlengkapan kuliah sesuai kebutuhan. Kebutuhan dalam hal ini tentu bisa dibagi menjadi dua jenis. Pertama kebutuhan untuk menunjang kegiatan akademik dan kedua kebutuhan yang non akademik.

Untuk kebutuhan akademik, kamu perlu mempersiapkan peralatan seperti alat tulis, laptop, buku catatan dan lain sebagainya. Sementara itu, untuk kebutuhan nonakademis bisa menyangkut pada peralatan di rumah kos baru.

Mencari Asrama atau Tempat Kos

Ilustrasi berada di kos/ Foto: Freepik.com/dragonimages
Ilustrasi berada di kos/ Foto: Freepik.com/dragonimages

Pada umumnya, banyak institusi pendidikan tinggi yang letaknya berada di ibu kota provinsi maupun kabupaten/kota. Jika kamu tidak tinggal dekat dengan institusi atau kampus tujuan, tentunya kamu membutuhkan tempat tinggal baru selama menjalani pendidikan nantinya. Oleh karenanya, kamu bisa mencari asrama maupun tempat kos.

Ketika mencari asrama ataupun tempat kos, pastikan terlebih dahulu bahwa kamu sudah mempunyai gambaran seperti apa tempat kos tersebut. Kebersihan, keamanan, jarak tempuh ke kampus bisa menjadi beberapa pertimbangan penting bagi kamu dalam hal ini.

Mencari Tahu Transportasi Paling Nyaman

Ilustrasi menunggu kereta/ Foto: Freepik.com/rockstock
Ilustrasi menunggu kereta/ Foto: Freepik.com/rockstock

Apabila jarak tempuh ke kampus terbilang jauh dari tempat tinggal kamu, maka kamu butuh transportasi agar sampai tepat waktu. Oleh karenanya, kamu perlu mencari tahu rute transportasi terbaik yang tersedia di kota tempat kamu menempuh pendidikan.

Apakah itu kereta, bus atau bahkan angkutan kota. Selain itu, apabila kamu membawa kendaraan pribadi, pastikan bahwa tersedia lahan parkir yang memadai dan aman untuk kamu memarkirkan kendaraan.

Mengikuti Masa Orientasi Kampus

Ilustrasi mahasiswi kampus/ Foto: Freepik.com/bangkokclickstudio
Ilustrasi mahasiswi kampus/ Foto: Freepik.com/bangkokclickstudio

Masa orientasi atau disebut juga sebagai masa perkenalan kampus menjadi salah satu bagian penting dalam perjalanan menjadi seorang mahasiswa. Dengan mengikuti orientasi, kamu jadi lebih mengenal seluk beluk kampus beserta orang-orang yang ada di lingkungan kampusmu.

Kamu juga berkesempatan untuk menjalin komunikasi bersama teman-teman baru satu angkatan, baik itu yang satu prodi dengan kamu maupun tidak.

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id