sign up SIGN UP

5 Manfaat Menonton Film Horor, Bisa Mengatasi Stres hingga Tingkatkan Imun Tubuh

Ratih Dewi | Kamis, 11 Nov 2021 20:00 WIB
5 Manfaat Menonton Film Horor, Bisa Mengatasi Stres hingga Tingkatkan Imun Tubuh
caption

Walaupun menakutkan dan memiliki jalan cerita yang bikin olahraga jantung, film horor tetap menjadi salah satu genre film yang diminati oleh banyak orang. Bahkan, beberapa orang hobi menonton film horor ketika weekend untuk mengisi waktu istirahat. 

Buat Beauties yang gemar menonton film horor, ternyata memiliki beberapa manfaat yang jarang diketahui, lho. Pendiri Oaklee Psychotherapi di San Fransisco, Kurt Oaklee, M.A, M.F.T, menjelaskan jika menonton film horor bisa menjadi terapi untuk mengelola stres dan ketakutan sehari-hari. 

Seperti yang dilansir dari laman Healthline, ketika menonton film horor kita akan melepaskan rasa tegang selama film diputar dan membantu mengurangi stres yang dihadapi sehari-hari.

Berikut sisi positif lainnya yang bisa dirasakan ketika menonton film horor, check this out! 

1. Membakar Banyak Kalori

Membakar Banyak Kalori
Membakar Banyak Kalori/Foto : freepik.com/DCstudio

Cuma nonton film tapi bisa mengurangi kalori di tubuh? Tentu bisa dong, Beauties. Melansir dari laman 1News, menonton film horor bisa membakar kalori hampir 200 kkal. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of Westminster, Inggris, dengan meminta 10 orang menonton film horor yang berbeda. 

Dan hasilnya, salah satunya berhasil membakar kalori sebanyak 184 kkal, yang sama dengan jika kita berjalan atau mengangkat besi. Namun, setiap kalori yang terbakar pada setiap orang saat menonton film horor tentu berbeda, dipengaruhi juga dengan jenis kelamin, berat badan, usia, dan tinggi badan. 

2. Meningkatkan Kinerja Otak

Meningkatkan Kinerja Otak
Meningkatkan Kinerja Otak/Foto : freepik.com/diana.grytsku

Ketika menonton film horor otak akan melepaskan berbagai senyawa kimia, seperti dopamin, serotonin, dan glutamat yang memicu otak untuk meningkatkan adrenalin yang membantu meningkatkan kesehatan otak dan mengurangi tingkat stres juga kecemasan. Demikian seperti yang dilansir dari laman Vocal Media. 

Selain itu, beberapa adegan juga membuat kita menganalisis kejadian apa yang akan terjadi atau bagaimana hal itu bisa terjadi. Hal ini akan membuat otak bekerja untuk menemukan jawaban atau solusi andai kita berada di situasi yang sama. 

3. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Meningkatkan Imunitas Tubuh
Meningkatkan Imunitas Tubuh/Foto : freepik.com/benzoix

Banyak hal yang bisa dilakukan untuk meningkatkan imunitas tubuh di masa pandemi covid-19 ini supaya tidak mudah terjangkit penyakit atau virus covid-19 itu sendiri. Salah satu caranya bisa dengan menonton film horor, lho Beauties. 

Melansir dari laman POPXO, saat menonton film horor ada peningkatan sel darah putih atau biasa disebut leukosit yang melindungi tubuh kita dari berbagai penyakit, sehingga dalam jangka pendek akan meningkatkan imunitas tubuh. Selain itu, aliran darah di tubuh kita juga semakin meningkat. 

4. Memperkuat Hubungan dengan Pasangan

Memperkuat Hubungan dengan Pasangan
Memperkuat Hubungan dengan Pasangan/Foto : freepik.com/mego-studio

Menonton film horor bersama pasangan bisa menjadi salah satu ide yang bagus saat kencan. Ketika takut, otak akan melepaskan beberapa senyawa kimia seperti dopamin dan serotonin untuk membuat perasaan kita menjadi lebih baik dan mendorong seseorang untuk lebih dekat. Demikian yang dilansir dari laman Scoop Whoop.

Senyawa kimia tersebut juga kita rasakan ketika sedang jatuh cinta. Tidak hanya dengan pasangan, film horor juga dapat mempererat hubungan dengan teman ataupun keluarga. 

5. Mengurangi Tingkat Stres dan Kecemasan

Mengurangi Tingkat Stres dan Kecemasan
Mengurangi Tingkat Stres dan Kecemasan/Foto : freepik.com/freepik

Melansir dari laman India Times, adegan yang menegangkan dan menakutkan saat menonton film horor berguna untuk mengatasi stres dan kecemasan secara efektif.

Walaupun beberapa adegan film horor membuat kita stres dengan jalan ceritanya, pada akhirnya bisa mengurangi stres dan rasa cemas karena adrenalin yang terpompa ketika menonton film horor. 

-----------

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!


Our Sister Site

mommyasia.id