STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

5 Manfaat Solo Traveling yang Jarang Diketahui, Lebih Bebas dan Seru Termasuk!

Ratih Dewi | Beautynesia
Kamis, 03 Nov 2022 07:45 WIB
5 Manfaat Solo Traveling yang Jarang Diketahui, Lebih Bebas dan Seru Termasuk!

Traveling atau berpergian mengunjungi tempat tertentu menjadi salah satu pilihan untuk menghabiskan waktu liburan. Traveling memang diketahui dapat menjaga kesehatan mental dan meningkatkan kebugaran fisik. 

Jika biasanya kita berpergian bersama dengan teman, keluarga, atau pasangan, ternyata solo traveling juga menjadi pilihan banyak orang. Beberapa dari mereka merasa solo traveling dapat meningkatkan kualitas diri sendiri dan merasakan pengalaman liburan yang lebih seru. 

Melansir dari beberapa sumber, ternyata solo traveling memiliki manfaat yang jarang diketahui, lho. Penasaran dengan manfaatnya? Simak artikel di bawah ini sampai habis, ya! 

1. Semakin Mengenal Diri Sendiri 

Semakin mengenal diri sendiri
Semakin mengenal diri sendiri/foto: pexels.com/Djordje Petrovic

Berpergian sendiri dapat membuat kita mengenal diri sendiri lebih dalam. Hal ini disebabkan, selama berpergian, kita akan dihadapi oleh banyak hal yang harus kita selesaikan dengan cara kita sendiri. 

Kehidupan sehari-hari kita begitu sibuk dan cenderung sulit untuk mengenal diri sendiri, seperti tujuan hidup, kegemaran, atau hal yang sedang disukai. Mungkin beberapa dari kita sering overthinking pada malam hari, untuk memikirkan hal tersebut. 

Menghabiskan waktu sendiri di lingkungan asing, memungkinkan kita untuk menikmati dan mengenal diri sendiri. Demikian yang dilansir dari laman The Flashpacker

2. Meningkatkan Rasa Percaya Diri 

Meningkatkan Rasa Percaya Diri
Meningkatkan rasa percaya diri/foto: pexels.com/Rachel Claire

Pada awalnya mungkin akan ada rasa takut dan ragu menginjakkan kaki di lingkungan asing seorang diri. Namun, hal ini ternyata dapat meningkatkan kepercayaan diri seseorang untuk beradaptasi di lingkungan tersebut.

Seperti yang dilansir dari laman Lifehacksolo traveling akan menantang batas dan kemampuan diri seseorang, untuk menjadi lebih kuat dan percaya diri selama perjalanan dalam menyelesaikan masalah atau berkomunikasi dengan orang baru. 

3. Lebih Bebas dan Hemat Pengeluaran 

Lebih Bebas dan Hemat Pengeluaran
Lebih bebas dan hemat pengeluaran/foto: pexels.com/Tranmautritam

Selama berpergian, kita dapat dengan bebas menyesuaikan dan merencanakan jadwal tanpa harus memikirkan pendapat orang lain.

Kita juga dapat menghabiskan waktu di tempat tertentu dan melakukan banyak perjalanan ke tempat lain dengan bebas, seperti yang dilansir dari laman One Life Adventure.

Selain itu, berpergian sendiri juga lebih mudah mengatur pengeluaran, seperti makanan, oleh-oleh, atau hal lainnya yang dapat kita putuskan sendiri. 

4. Memperluas Pertemanan dengan Orang Baru 

Memperluas Pertemanan dengan Orang Baru
Memperluas [ertemanan dengan orang baru/foto: pexels.com/Rachel Claire

Bertemu dengan orang baru atau mengobrol dengan penduduk setempat menjadi salah satu manfaat yang dapat kita rasakan saat berpergian sendiri. Kita akan bertemu dengan orang-orang menarik dan memperluas pertemanan. 

Selain itu, kita juga dapat meningkatkan kemampuan berkomunikasi dan belajar bahasa baru. Saat berpergian dengan orang lain, kita cenderung mengandalkan orang lain untuk berkomunikasi dengan orang lain. 

Namun, dengan berpergian sendiri kita akan meningkatkan kemampuan berkomunikasi dan mempelajari bahasa baru yang dapat menambah pengetahuan, seperti yang dilansir dari laman Insight Guides.

5. Menjadi Pemecah Masalah dan Pengambil Keputusan

Menjadi Pemecah Masalah dan Pengambil Keputusan
Menjadi pemecah masalah dan pengambil keputusan/foto: pexels.com/Lukáš Vaňátko

Tanpa adanya orang lain selama perjalanan, kita dituntut menjadi pemecah masalah dan pengambil keputusan yang andal.

Seperti yang dilansir dari laman European Business Review, selama perjalanan kita akan dihadapi dengan hal-hal tertentu yang membuat kita harus berpikir jernih untuk menyelesaikan dan mengambil keputusan dengan pertimbangan tertentu. 

Selain itu, solo traveling juga membuat kita menjadi lebih mandiri untuk melakukan hal apapun. 

Jadi, Beauties tertarik untuk mencoba solo traveling saat liburan? Selamat mencoba! 

------

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE