sign up SIGN UP

5 Negara dengan Gunung Berapi Terbanyak di Dunia, Ada Indonesia?

Jovita | Beautynesia
Senin, 24 Feb 2020 04:15 WIB
5 Negara dengan Gunung Berapi Terbanyak di Dunia, Ada Indonesia?
caption
Meskipun merupakan pemandangan alam yang luar biasa indah, namun keberadaan gunung berapi membawa berbagai dampak yang berbahaya bagi manusia. Ancaman gunung meletus hingga gempa vulkanik seringkali menjadi bayangan yang menakutkan bagi masyarakat. Di dunia terdapat beberapa negara dengan gunung berapi terbanyak. Berikut informasinya!

1. Amerika Serikat


Source: pixabay.com

Negara dengan gunung berapi terbanyak di dunia adalah Amerika Serikat. Negera Paman Sam ini memiliki 173 gunung berapi. Mayoritas terletak di Alaska dan Hawai.

Salah satu gunung berapi yang paling aktif di dunia juga terletak di Hawai, Amerika Serikat adalah Gunung Kilauea. Gunung berapi ini dikategorikan sebagai gunung berapi paling aktif di dunia karena secara berkala terus meletus sejak tahun 1983.

Letusan gunung berapi pun terus terjadi setiap tahun di Alaska. Saat ini setidaknya ada 169 gunung berapi di Amerika Serikat yang termasuk dalam gunung berapi aktif.


2. Rusia


Source: pixabay.com

Di peringkat kedua, negara dengan gunung berapi terbanyak di dunia jatuh pada Rusia. Negara ini memiliki 166 gunung berapi yang sebagian besarnya terletak di sisi timur Rusia. Sisi timur, yakni Semenanjung Kamchatka, merupakan konsentrasi terbesar gunung berapi di negara tirai besi tersebut, yaitu sebanyak 29 gunung berapi.

Sedangkan di sebelah utara terdapat gunung berapi yang paling aktif dan paling besar di wilayah Kutub Utara, yaitu Gunung Klyuchevskaya Sopka dengan  ketinggian 15.584 mdpl. Adapun gunung berapi yang dikategorikan tidak aktif lagi di antaranya seperti Bolshaya Udina yang mengeluarkan aktivitas seismik pada tahun 2017.


5. Jepang


Source: pixabay.com

Sama seperti Indonesia, Jepang juga merupakan negara yang masuk dalam lingkaran Ring Of Fire. Oleh karena itu, bencana alam seperti meletusnya gunung berapi adalah hal yang biasa melanda negara matahari terbit ini. Jepang menjadi rumah bagi 112 gunung berapi. Ini membuatnya menjadi negara kelima dengan gunung berapi terbanyak di dunia.

Peristiwa menyedihkan akibat aktivitas gunung berapi pernah menimpa Jepang, salah satunya pada tahun 1792. Saat itu, Gunung Unzen meletus hingga memakan korban jiwa sebanyak 14.300 orang. Gunung Fuji, gunung Sakurajima, gunung Asama, gunung Shinmoedake dan gunung Aso juga menjadi beberapa gunung berapi di Jepang yang paling berbahaya.


(ebn/ebn)

Our Sister Site

mommyasia.id