sign up SIGN UP

5 Prinsip Sederhana yang Menjadikanmu Perempuan Tangguh, Cek... Kamu Sudah Milikinya?

Novianty Aulia Anjani | Beautynesia
Selasa, 04 Jan 2022 15:00 WIB
5 Prinsip Sederhana yang Menjadikanmu Perempuan Tangguh, Cek... Kamu Sudah Milikinya?
caption

Terlepas dari persepsi atas perbedaan gender, perempuan sejatinya juga memiliki kualitas serta sisi tangguh yang pantas diperhitungkan. Selain melalui pengalaman, sosok tangguh seseorang juga bisa terbentuk melalui pikiran serta keyakinan atas prinsip hidup yang dimilikinya. 

Sayangnya, tidak semua perempuan mampu mengulik dan mengembangkan kekuatan dalam dirinya. Perbedaan privilege hingga tidak adanya dukungan dari sekitar membuat banyak perempuan pesimis bahkan ragu atas apa yang mereka lakukan.

Bagi kamu yang sudah ingin menyerah, berikut 5 prinsip sederhana yang sebenarnya bisa kamu tanamkan untuk membentuk pribadi yang lebih tangguh dari sebelumnya.

1. Tidak Membiarkan Kata-kata Orang Lain Mempengaruhimu

Jalani apa yang kamu yakini tanpa memperdulikan perkataan dari orang-orang di sekitarmu.
Tidak perlu memikirkan apa yang orang lain katakan/Foto:Freepik.com/Cookie_studio

Sangat mudah rasanya bagi orang lain untuk mengutarakan kata-kata yang menyakitkan atas usaha yang telah kamu lakukan. Tidak memungkiri hal itu tentunya terus menggema di kepala dan membuat kamu down.

Tetapi Beauties, seorang perempuan tangguh tidak akan membiarkan pendapat buruk dari orang lain menggoyahkan keyakinan atas dirinya sendiri. Lakukanlah hal-hal yang kamu rasa benar, bukan mengikuti apa yang orang lain inginkan. Ingat, hidup adalah milikmu dan jangan biarkan mereka menentukan harga diri dari dirimu sendiri.

2. Tidak Mencari Pengakuan dari Orang Lain

Jangan sengaja memperlihatkan apa yang kamu miliki hanya demi menarik perhatian
Biarkan orang lain melihat kekuatan yang kamu miliki/Foto:Freepik.com/Aleksandalittlewolf

Ketangguhan seorang perempuan terbentuk dari usahanya untuk mengembangkan diri untuk terus bertumbuh menjadi yang lebih baik. Pantang bagi mereka untuk memperlihatkan dengan sengaja pencapaian hidup hanya demi mendapatkan perhatian orang-orang di sekitarnya.

Seperti dilansir dari laman Forbes, kekuatan bisa menjadi kelemahan di mata orang lain. Seringkali kamu tidak sadar bahwa orang lain mencari celah untuk menjatuhkanmu dari apa yang kamu perlihatkan.

So, teruslah berfokus pada diri sendiri dan biarkan kekuatanmu mengingatkan orang lain atas kekurangan dari diri mereka sendiri.

3. Menjadi Versi Terbaik dari Diri Sendiri

Jangan terpaku pada apa yang orang lain harapkan dan ciptakan versi terbaik dari diri kamu sendiri.
Ciptakan versi terbaik dari diri kamu sendiri/Foto:Freepik.com/Lookstudio

Dalam prosesnya, banyak sekali tekanan serta ekspektasi dari orang lain atas apa yang harus kamu wujudkan. Budaya inilah yang akhirnya membentuk keraguan dan mengubah persepsi terhadap kemampuan diri sendiri.

Menyadari akan dampak jangka panjang, penting bagi kamu untuk berani melawan arus dan membentuk versi terbaik dari diri kamu sendiri. Hargailah kekurangan dan kelebihan yang kamu miliki sembari terus mengasah kemampuan yang kamu miliki. Jadilah hebat atas diri sendiri tanpa bergantung dengan orang lain.

4. Jangan Stuck di Satu Zona Nyaman

Jangan hanya berdiam pada satu titik, terus melangkah dan mencoba banyak hal baru.
Terus mengembangkan kemampuan yang kamu miliki/Foto:Freepik.com/Marymarkevich

Keputusan untuk mengambil risiko memanglah berbahaya, namun justru inilah cara terbaik untuk menciptakan sisi tangguh dari diri kamu sendiri.

Melansir dari laman Power of Positivity, kecenderungan untuk bertahan pada zona nyaman secara tidak langsung membuat batasan yang menghalangi diri kamu bertumbuh sehingga hidup terasa sangat membosankan.

Mulailah untuk mendorong diri sendiri keluar dari zona nyaman dan mencoba beragam hal baru. Perempuan kuat tidak akan membiarkan ketakutannya membatasi apa yang bisa dan tidak bisa mereka lakukan

5. Jangan Menaruh Kebahagiaan kepada Orang Lain

Jangan bergantung kepada orang lain dan buatlah diri kamu bahagia atas usaha kamu sendiri.
Berbahagialah atas diri kamu sendiri/Foto:Freepik.com/Lookstudio

Menggantungkan kebahagiaan kepada orang lain menjadi kesalahan terbesar yang sering dilakukan banyak orang. Kebiasaan ini membuat kamu sulit berkembang karena selalu merasa tidak mampu ketika berdiri sendiri.

Beauties, kamu memiliki segalanya yang bisa membuatmu lebih dari bahagia. Memang, menjalin hubungan tentu menjadi sumber kebahagiaan tetapi jangan membuat hal tersebut menjadi satu-satunya. Ingat, yang bisa membuatmu merasa cukup hanyalah diri kamu sendiri bukan orang lain.

____________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id