sign up SIGN UP

5 Psychological Hacks yang Akan 'Menyelamatkan' Kamu di Kehidupan Sehari-hari, Cegah Kemarahan Pelanggan Salah Satunya!

Budi Rahmah Panjaitan | Beautynesia
Sabtu, 08 Jan 2022 20:30 WIB
5 Psychological Hacks yang Akan 'Menyelamatkan' Kamu di Kehidupan Sehari-hari, Cegah Kemarahan Pelanggan Salah Satunya!
caption

Ada banyak psychological hacks yang bisa ditemukan dalam kehidupan. Salah satunya adalah psychological hacks yang bisa diterapkan yang bisa menyelamatkan kamu.

Dikutip dari laman Inc berikut adalah beberapa di antaranya:

Mengunyah Permen Karet untuk Menenangkan Saraf

Ilustrasi mengunyah permen karet/ Foto: Freepik.com
Ilustrasi mengunyah permen karet/ Foto: Freepik.com

Tidak bisa dipungkiri, adakalanya kamu akan berhadapan dengan situasi yang membuat gugup. Entah itu karena akan bertemu orang baru, atau akan segera tampil mempresentasikan sesuatu di hadapan klien.

Namun perlu diingat bahwa kegugupan bisa memengaruhi kesan yang akan ditampilkan. Untuk meminimalisirnya, kamu bisa mengunyah permen karet. Psikolog Ryan Anderson mengungkap bahwa dengan mengunyah permen karet, pada dasarnya kamu telah 'menipu' otak untuk berpikir bahwa kamu sedang dalam kondisi nyaman.

Hindari Kemarahan dengan Duduk Mendekat

Ilustrasi berbincang dengan teman/ Foto: Freepik.com
Ilustrasi berbincang dengan teman/ Foto: Freepik.com

Merasa kesal dengan seseorang tentunya cukup lumrah untuk dirasakan. Namun uniknya, secara psikologis lebih mudah untuk melepaskan kemarahan kepada seseorang yang jauh secara fisik. Seperti yang kita tahu, terkadang melepaskan kemarahan begitu saja, dampaknya nggak begitu menguntungkan ke depannya.

Oleh karena itu, apabila kekesalan sudah mulai dirasakan, cobalah untuk duduk saling berdampingan. Dengan duduk saling berdampingan kekesalan yang tadinya dirasakan bisa lebih diredam.

Waktu Krusial Meninggalkan Kesan yang Bagus

Ilustrasi membuat kesan baik bersama teman/ Foto: Freepik.com
Ilustrasi membuat kesan baik bersama teman/ Foto: Freepik.com

Tahukah kamu Beauties bahwa orang tidak dapat mengingat seluruh durasi pengalaman secara merata. Dengan kata lain, saat mencoba mengingat sesuatu, seseorang akan lebih mungkin untuk mengingat kenangan pertama dan terakhir mereka tentang seseorang maupun peristiwa.

Meskipun kesan pertama merupakan hal yang penting, jangan pernah melupakan kesan terakhir yang sejatinya juga tidak kalah penting. Oleh sebab itu, ketika kamu ingin mengesankan dan diingat, cobalah pikirkan dengan seksama tentang cara meninggalkan kesan yang baik.

Misalnya mengucap kata terima kasih dengan diikuti menyebut nama lawan bicaramu, untuk waktu yang telah dialokasikan mengobrol denganmu.

Menggagalkan Pelanggan yang Marah dengan Cermin

Ilustrasi penjaga kasir/ Foto: Freepik.com
Ilustrasi penjaga kasir/ Foto: Freepik.com

Psychological hack yang satu ini memang cukup unik atau mungkin bahkan tidak pernah terbayang oleh kamu. Ya, contoh sederhananya adalah meletakkan sebuah cermin di belakang konter.

Keberadaan cermin ini bisa meminimalisir secara signifikan kemungkinan perilaku tidak rasional dari para pelanggan. Mengapa? Alasannya cukup sederhana yakni karena pada dasarnya tidak ada yang ingin melihat diri mereka bertindak seperti seseorang yang 'brengsek.'

Hangatkan Tangan untuk Kesan Pertama yang Lebih Baik

Ilustrasi berjabat tangan/ Foto: Freepik.com
Ilustrasi berjabat tangan/ Foto: Freepik.com

Bertemu untuk pertama kalinya dan mulai berjabat tangan pada dasarnya dapat memberi kesan yang penting. Tangan yang hangat atau tangan yang dingin? Ya, kesan yang lebih baik adalah menghadirkan jabat tangan dengan kondisi tangan yang hangat.

Untuk dapat merealisasikan hal ini, cobalah untuk menggosok-gosokkan tangan terlebih dahulu sebelum berjabat tangan dengan orang penting yang akan kamu temui. Telapak tangan yang hangat dan kering membuatmu tampil lebih mengesankan.

[Gambas:Youtube]

-----------

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id