sign up SIGN UP

5 Rekomendasi Buku Self-Help untuk Beauties yang Kini Berusia 20-an

Debby Diah Ekawati Erawan | Beautynesia
Sabtu, 14 May 2022 10:30 WIB
5 Rekomendasi Buku Self-Help untuk Beauties yang Kini Berusia 20-an
5 Rekomendasi Buku untuk Kamu yang Berusia 20-an/Foto: Freepik/Rawpixel.com

Menginjak usia kepala dua memang menimbulkan perasaan yang campur aduk, ya, Beauties. Di sisi lain ada perasaan senang, tapi di sisi lain menimbulkan rasa khawatir.

Berada di usia 20-an, menandakan kita sudah ada di tahap menuju dewasa, mulai ada tekanan dari berbagai hal, perubahan kebiasaan dari yang mulanya hanya ingin bersenang-senang, lalu dituntut untuk memikirkan masa depan.

Exciting yet frightening! Buat Beauties yang saat ini baru menginjak usia awal 20-an, yuk, cek kelima buku ini, it might help you to go through your twenties, Beauties!

1. Failosophy: A Handbook for When Things Go Wrong

Failosophy/Foto: Amazon
Failosophy/Foto: Amazon

Pernah merasa takut gagal sampai akhirnya tidak berani mencoba? Mungkin banyak di antara kita yang pernah melewati fase ini. Elizabeth Day dalam bukunya Failosophy: A Handbook for When Things Go Wrong merangkum hal-hal yang dia pelajari dari pengalamannya, juga melalui berbagai perbincangannya dengan tamu-tamu dalam podcast-nya.

Day ingin membuat para pembacanya bisa mengubah perspektif atau cara pandang terhadap kehidupan yang mulanya negatif menjadi positif. Mendorong kita untuk bisa melihat bahwa masa lalu dan kegagalan yang mungkin akan terjadi di masa depan, menjadi kesempatan kita untuk bisa belajar dari pengalaman.

Ada 7 prinsip kegagalan yang Day yakini yang akan membantu kita untuk melewati masa-masa sulit. Dalam bukunya, Day juga mengajarkan pada kita bahwa kegagalan bisa menjadi jalan untuk kita memahami diri sendiri.

2. The Psychology of Money

The Psychology of Money/Foto: Amazon
The Psychology of Money/Foto: Amazon

Di usia 20-an kita juga sudah mulai harus bisa mengatur keuangan. Rasanya sulit sekali, ya, Beauties?

Masih banyak juga yang mengalami kesulitan untuk menahan godaan membeli barang yang benar-benar dibutuhkan atau hanya karena barang tersebut terlihat bagus dan lucu namun tidak terlalu bermanfaat.

Tidak heran skill mengatur keuangan dianggap sangat penting, ya. Mau membaca buku yang ada kaitannya dengan manajemen keuangan? Beauties bisa mulai belajar dari buku The Psychology of Money-nya Morgan Housel. Buku ini menyajikan 19 cerita yang mengeksplorasi cara berpikir orang-orang yang tidak biasa mengenai uang.

“The premise of this book is that doing well with money has a little to do with how smart you are and a lot to do with how you behave.”


3. I Am That Girl

I Am That Girl/Foto: Amazon
I Am That Girl/Foto: Amazon

Beauties, pernah merasa insecure setelah melihat media sosial teman-temanmu? Misalnya tiba-tiba merasa diri tidak cukup baik, entah dari fisik, karier, dan hal-hal lainnya. Then, I Am That Girl is for you, Beauties!

Buku ini mengajarkan kita untuk bisa menjalani kehidupan seperti yang kita inginkan, tidak lagi terus menerus disetir oleh ekspektasi orang lain. Alexis Jones ingin setiap perempuan percaya bahwa dalam dirinya terdapat hal-hal luar biasa, yang bisa menginspirasi orang-orang di sekitarnya, yang membuat dunia jadi lebih baik. Maybe this book would be a game changer for you.

4. How to Win Friends & Influence People

How to Win Friends and Influence People/Foto: Amazon
How to Win Friends and Influence People/Foto: Amazon

Skill yang wajib kita miliki dan terus kita asah dengan baik adalah cara kita berkomunikasi dengan orang lain. Karena dari komunikasi yang baik akan tercipta hubungan yang baik pula.

Dale Carnegie memberikan tips-tips yang sangat bermanfaat dalam menghadapi orang-orang di sekitarmu. Meski buku ini pertama kali terbit di tahun 1936, namun, sampai hari ini isi bukunya tetap relate dengan kehidupan saat ini.

Carnegie melalui bukunya membuat kita berusaha memahami lawan bicara, bagaimana cara membuat orang lain menyukai kita, dan hal-hal yang perlu kita ketahui untuk menjadi seorang pemimpin. Dengan mempelajari skills ini, Beauties jadi bisa membaca situasi dan membuat keputusan yang tepat dan bijak. Psst, skill ini sangat dibutuhkan di dunia pekerjaan, lho!

5. F*ck! I’m in My Twenties

F*ck! I'm in My Twenties/Foto: Amazon
F*ck! I'm in My Twenties/Foto: Amazon

Merasa relate dengan judulnya? Emma Koenig menjelaskan “What it feels like to be in your twenties" dan membaginya ke dalam 10 bab. Membaca setiap bagiannya mungkin akan membuat Beauties setuju, ada yang membuat tertawa karena dikemas dengan cara yang lucu. Buku ini membuat kita sadar, bahwa kita tidak sendirian, merasakan hal-hal seperti kekhawatiran tentang kehidupan adalah hal yang wajar dan sebagian besar dari kita pernah atau sedang merasakannya. Reading this book is like talking to your older sister who has experienced it.

Berada di usia 20-an memanglah bukan hal yang mudah, karena masuk ke dalam masa dewasa berarti dituntut siap untuk menghadapi berbagai tantangan. Semoga 5 rekomendasi buku ini bisa jadi temanmu memahami dan melewati masa twenties-mu, ya, Beauties!

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id