sign up SIGN UP

5 Rekomendasi Film Ghibli untuk Lepas Penat di Akhir Pekan, Ringan tapi Penuh Makna!

Meydiana Adinda | Beautynesia
Sabtu, 25 Sep 2021 19:00 WIB
5 Rekomendasi Film Ghibli untuk Lepas Penat di Akhir Pekan, Ringan tapi Penuh Makna!
caption
Jakarta -

Animasi studio Ghibli dikenal dengan kualitas cerita dan gambar yang bagus. Sejak tahun 1980-an, ada banyak film animasi legendaris dengan berbagai genre yang disajikan oleh studio ini.

Cerita yang disajikan pun cenderung ringan, tetapi sangat bermakna, sehingga cocok untuk kamu jadikan tontonan pelepas stres. Kabar baiknya, saat ini kamu sudah bisa menonton film animasi Ghibli lewat aplikasi streaming Netflix. Wah, tentunya jadi sangat memudahkan, ya, Beauties.

Nah, kali ini Beautynesia akan merekomendasikan 5 film animasi Ghibli di Netflix yang bisa kamu jadikan tontonan di akhir pekan. Yuk simak!

1. Kiki's Delivery Service

Flim animasi Ghibli
Flim animasi Ghibli "Kiki's Delivery Service"/foto: imdb.com

Film ini menceritakan tentang petualangan seorang gadis penyihir bernama Kiki yang memutuskan untuk mengembara agar bisa hidup lebih mandiri. Kebiasaan mengembara ini sudah menjadi tradisi umum di kalangan penyihir. 

Para penyihir muda diharuskan untuk mencari pekerjaan dengan bakat yang mereka miliki. Setelah berpikir lama, Kiki bersama kucing dan sapu terbangnya pun memutuskan untuk membuka jasa pengiriman di kota rantauannya. Ada banyak tantangan yang ditemui olehnya, ia bahkan sempat kehilangan bakat sihir yang ia miliki.

2. Spirited Away

Flim animasi Ghibli
Flim animasi Ghibli "Spirited Away"/foto: imdb.com

Film animasi ini merupakan salah satu karya terbaik dari Ghibli. Anime ini bercerita tentang perjalanan seorang gadis 10 tahun bernama Chihiro di dunia roh. Awal mulanya, Chihiro yang sedang dalam perjalanan pindah ke kota baru bersama kedua orang tuanya, tanpa sengaja menemukan sebuah taman bermain yang terbengkalai. 

Namun, orang tuanya membuat kesalahan yang memicu amarah penghuni roh di taman bermain tersebut. Akibatnya, kedua orang tuanya disihir menjadi sosok lain dan tidak dapat mengenali Chihiro. Untuk menyelamatkan mereka, gadis muda ini pun bertekad untuk membayar kesalahan orang tuanya dengan bekerja di dunia roh.

3. From Up on Poppy Hill

Flim animasi Ghibli
Flim animasi Ghibli "From Up on Poppy Hill"/foto: imdb.com

Berbeda dengan film-film sebelumnya yang penuh dengan cerita fantasi, film animasi ini bercerita tentang kehidupan remaja yang berlatar belakang di tahun 1960-an. Umi, seorang siswi SMA tinggal di sebuah gedung tua bersama nenek, adik, dan beberapa orang lainnya.

Ia memiliki kesedihan mendalam karena kehilangan ayahnya yang merupakan seorang kapten kapal saat perang Korea. Setiap hari, ia mengibarkan bendera sinyal pelaut untuk mengobati kerinduannya pada sang ayah. 

Umi kemudian bertemu Shun, seorang anggota klub jurnalistik di sekolahnya. Mereka terlibat dalam perjuangan bersama untuk mempertahankan gedung ekstrakurikuler yang hendak dirobohkan. Lambat laun, pertemuan mereka menumbuhkan benih-benih cinta di antara keduanya. Namun, siapa sangka cinta mereka terhalang, karena dugaan bahwa mereka sebenarnya adalah saudara kandung. 

4. Arrietty

Film animasi Ghibli
Film animasi Ghibli "Arrietty"/foto: imdb.com

Arrietty merupakan seorang gadis berusia 14 tahun dari bangsa peminjam yang berukuran kecil. Bangsa ini hidup dari meminjam barang dan bahan makanan dari rumah manusia yang mereka tinggali. Arrietty pun sangat bersemangat untuk melakukan "peminjaman" pertamanya.

Ayahnya sempat khawatir untuk mengizinkan Arrietty ikut dalam kegiatan peminjaman, lantaran di rumah tersebut sedang ada tamu, seorang anak laki-laki bernama Shou. Untungnya, berkat rayuan andalnya, Arrietty tetap mendapat izin untuk ikut serta dalam peminjaman tersebut. Namun, ternyata aksi peminjaman mereka terlihat oleh Shou. Hal ini membuat keluarga Arrietty panik lantaran takut ditangkap oleh manusia. 

5. The Wind Rises

Film animasi Ghibli
Film animasi Ghibli "The Wind Rises"/foto: imdb.com

Film Ghibli ini terbilang realistis tanpa sentuhan sihir atau makhluk magis lainnya. The Wind Rises bercerita tentang perjalanan seorang pemuda bernama Jiro Horikoshi untuk menggapai impiannya menjadi seorang perancang pesawat. Film ini pun merupakan kisah biografi dari Jiro Horikoshi, seorang desainer pesawat terbang yang digunakan kekaisaran Jepang di masa Perang Dunia II.

Nah, itu dia lima rekomendasi film animasi Ghibli yang bisa kamu tonton di Netflix akhir pekan ini. Selamat menyaksikan, ya!

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fer/fer)

Our Sister Site

mommyasia.id