sign up SIGN UP

5 Tanda Kamu Sering Membohongi Diri, Jangan Jadi Kebiasaan!

Lifia Mawaddah Putri | Beautynesia
Kamis, 19 Aug 2021 23:30 WIB
5 Tanda Kamu Sering Membohongi Diri, Jangan Jadi Kebiasaan!
caption

Apakah kamu pernah mempertanyakan yang kamu rasakan dan inginkan? Bagi sebagian orang, ternyata kadang sulit mengetahui apa yang mereka inginkan dan rasakan. Namun, hal ini disebabkan karena mereka terlalu sering membohongi dirinya sendiri. Tentunya, kebiasaan ini nggak baik bagi diri.

Sayangnya, mereka pun kadang nggak sadar bahwa mereka sedang membohongi diri sendiri. Nah berikut ini, Beautynesia.id sudah merangkum 5 tanda-tanda kamu terlalu sering membohongi diri sendiri. Yuk simak di bawah ini!

Merasa Nggak Nyaman dengan Diri Sendiri

Dampak pertama ketika seseorang sering membohongi diri sendiri adalah merasa nggak nyaman terhadap diri sendiri.
Stres/Foto: freepik/katemangostar

Dampak pertama ketika seseorang sering membohongi diri sendiri adalah merasa nggak nyaman terhadap diri sendiri. Selain itu, mereka pun akan terus mempertanyakan tentang jati diri mereka. Tak hanya itu, kebiasaan membohongi diri sendiri juga dapat membuat seseorang tidak tahu apa yang diinginkan dan apa yang membuatnya bahagia.

Emosi Mudah Naik Turun

Kedua, sering membohongi diri juga dapat membuat emosi jadi nggak stabil. Kamu bisa tiba-tiba ingin menangis karena sangat sedih atau berteriak karena begitu marah. Ini semua disebabkan karena selama ini kamu terus menahan, memendam, dan tidak memperjuangkan apa yang sangat ingin kamu lakukan dan dapatkan.

Sikap Jadi Mudah Berubah

Terlalu sering berbohong pada diri sendiri dapat menyebabkan seseorang sulit jujur terhadap orang lain.
Bertengkar/Foto: freepik/bearfotos

Terlalu sering berbohong pada diri sendiri dapat menyebabkan seseorang sulit jujur terhadap orang lain. Sebab, seseorang yang membohongi dirinya sendiri nggak bisa bebas dan lepas dalam melakukan apa yang sebenarnya mereka ingin lakukan. Sehingga pada akhirnya, sikapnya pun jadi mudah berubah-ubah.

Sering Merasa Bingung

Ketika kamu sering membohongi diri sendiri, kamu juga akan merasa bingung. Sebab, hati dan pikiranmu nggak singkron alias nggak sejalan. Akhirnya, hal ini dapat menimbulkan "perang batin". Kamu pun akan merasa bingung saat harus mengambil keputusan.

Ucapan dan Perilaku Nggak Sejalan

Nah, karena kamu merasa bingung dengan hati dan pikiranmu, akhirnya hal ini dapat mengakibatkan perilaku dan ucapanmu jadi nggak sejalan.
Tidak percaya diri/Foto: freepik/ashvets

Nah, karena kamu merasa bingung dengan hati dan pikiranmu, akhirnya hal ini dapat mengakibatkan perilaku dan ucapanmu jadi nggak sejalan. Mungkin saat ini terjadi, sebenarnya kamu sudah tahu apa yang kamu inginkan. Sayangnya kamu nggak bisa melakukannya. Entah karena kamu terlalu memikirkan perasaan orang lain atau alasan lainnya.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id