sign up SIGN UP

5 Tanda Kamu Terjebak Situationship, Salah Satunya Sering Alami Kecemasan!

Aqillah Diaz | Beautynesia
Rabu, 03 Aug 2022 22:00 WIB
5 Tanda Kamu Terjebak Situationship, Salah Satunya Sering Alami Kecemasan!
Tanda Kamu Terjebak 'Situationship' /Foto: pexels.com/ron lach
Jakarta -

Siapa nih yang tahu istilah situationship? Atau justru kamu kini sedang mengalaminya? Istilah ini cukup lumrah di kalangan generasi muda. Bahkan, hubungan ini juga dapat disebut seperti hubungan tanpa status atau HTS.

Dikutip dari Very Well Mind, situationship memberikan beberapa keuntungan seperti tidak ada tanggung jawab di dalam hubungan, sehingga hal ini dapat membuat kedua belah pihak yang memiliki pemahaman yang sama tidak terlalu mengkhawatirkan masa depan.

Namun, situationship juga dapat menyebabkan kerugian, yakni adanya perbedaan ekspektasi. Jika ada salah satu pihak yang mengharapkan hubungan stabil hingga komitmen dan satunya hanya ingin bersenang-senang, tentunya hal ini akan menimbulkan suatu masalah.

Daripada kamu harus menghabiskan waktu dan energi, sebaiknya kamu harus mengenali beberapa tanda ketika kamu berada dalam hubungan situationship. Berikut beberapa tandanya. Check 'em out!

1. Tidak Ada Konsisten dalam Suatu Hubungan

Kalau selalu berharap maka akan menghasilkan pacaran yang toxic.Tanda Kamu Terjebak 'Situationship' /Foto: Pexels.com/cottonbro

Biasanya dalam suatu hubungan pasti akan ada rencana yang akan dilakukan baik jangka pendek maupun jangka panjang. Namun, apabila kamu tidak sedang merasakan fase ini, sudah pasti hubunganmu tidak dalam tahap serius atau masih berada di tahap belum komitmen.

Apalagi jika salah satu pihak senang membuat rencana yang spontan, seperti tiba-tiba mengajak makan atau bertemu dimana. Dalam hubungan ini, kamu akan merasakan bahwa komunikasi kamu berdua tidak intens atau tidak selalu ada.

Hanya berkomunikasi di saat-saat tertentu saja. Kamu harus menyadari bahwa hal tersebut merupakan tanda dari situationship.

2. Tidak Ada Perubahan dan Kemajuan dalam Hubungan

Ciri-ciri terjebak dalam codependent relationshipTanda Kamu Terjebak 'Situationship'/Foto: pexels.com/Vera Arsic

Ketika pertama kali bertemu, pastinya kamu akan selalu mengingat momen tersebut. Nah, jika pada beberapa pertemuan selanjutnya atau hingga saat ini si dia masih tetap sama seperti saat pertama kali bertemu, itu berarti hubunganmu hanya sebatas situationship.

Hal ini dikarenakan tidak ada perkembangan atau tanda-tanda ke arah atau jenjang yang lebih serius. Keadaan ini juga merupakan kualitas hubungan yang mana hubungan kalian tidak ada kemajuan ataupun perubahan.

3. Tidak Pernah Membicarakan Masa Depan dan Obrolan Hanya Itu-itu Saja

Relationship problems and divorce, couples quarrel to the point that they don't want to talk to each other.Tanda Kamu Terjebak 'Situationship' /Foto: Getty Images/iStockphoto/Panupong Piewkleng

Rencana masa depan adalah topik perbincangan yang sering dibicarakan ketika seseorang sedang menjalani hubungan. Namun, apabila gebetanmu tidak pernah membicarakan atau menyinggung hal ini, berarti tandanya dia tidak memiliki bayangan masa depan denganmu.

Bisa jadi ia telah memikirkan masa depannya dengan orang lain dan dia masih ingin sendiri dan bertemu atau berkencan dengan siapa saja. Bahkan apabila kamu masih belum mengetahui banyak informasi mengenai si dia bisa jadi itulah tanda kamu sedang berada dalam situationship.

4. Tidak Ingin Serius

Kenali Tanda Abusive RelationshipTanda Kamu Terjebak 'Situationship' /Foto: pexels.com/Duane Viljoen

Dilansir dari CNN Indonesia, kamu dapat mengetahui bahwa kamu sedang berada dalam situationship apabila dirinya tidak ingin menjalani hubungan yang serius. Jika dia memang ada niat untuk menjalani hubungan yang lebih serius, tentunya dia akan menunjukkan sikap ingin berinteraksi denganmu dan dia juga akan selalu mencoba menghubungimu.

5. Sering Mengalami Kecemasan

Penyebab seseorang mengalami Philophobia atau phobia pacaran/ foto: Freepik.com/ pvproductionsTanda Kamu Terjebak 'Situationship' /Foto: Freepik.com/ pvproductions

Biasanya cemas ini sangat berkaitan dengan harapan. Apalagi hal ini berkaitan dengan hubungan yang sedang kamu jalani.

Kamu berharap dirinya mengajak pergi atau membalas chat, jelas jika dia tidak melakukan hal tersebut kamu akan merasa cemas. Rasa cemas yang muncul karena ketidakpastian dalam hubungan, bisa menjadi tanda bahwa kamu berada dalam situationship.

Itulah 5 tanda bahwa kamu sedang berada dalam stituashionship dalam hubungan. Apabila kamu telah merasakan beberapa tanda di atas, sebaiknya kamu jangan coba untuk terus-menerus menaruh harapan padanya. Hal tersebut justru akan membuatmu lebih sakit hati lho!

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id