sign up SIGN UP

5 Tanda Kepribadian ESFP, si Ekstrovert yang Pandai Bercerita, Apakah Kamu Salah Satunya?

Raudiya Nurfadilah | Beautynesia
Senin, 20 Sep 2021 08:00 WIB
5 Tanda Kepribadian ESFP, si Ekstrovert yang Pandai Bercerita, Apakah Kamu Salah Satunya?
caption
Jakarta -

Kepribadian ESFP (Extraverted, Sensing, Feeling, and Perceiving) merupakan salah satu dari 16 jenis kepribadian Myers-Briggs Type Indicator (MBTI) yang diciptakan oleh Katharine Briggs dan Isabel Myers.

Mengutip laman Truity, ESFP menunjukkan seseorang yang senang menghabiskan waktu dengan orang lain, fokus pada detail dan fakta, membuat keputusan berdasarkan perasaan dan nilai, serta lebih suka spontan dan fleksibel terhadap rencana.

Beauties, apakah kamu salah satu yang memiliki kepribadian ESFP? Untuk mengetahui bagaimana kepribadianmu, berikut ini lima tanda yang umum dimiliki ESFP.

Suka Bercerita

ESFP senang bercerita dan mendengarkan cerita orang lain
ESFP senang bercerita dan mendengarkan cerita orang lain/ Foto: Freepik/ Freepik

ESFP merupakan seorang ekstrovert yang senang menghabiskan waktu dengan banyak orang. Di saat berkumpul, kamu senang menceritakan berbagai macam kisah yang menarik serta menyukai cerita-cerita yang disampaikan oleh orang lain.

Dikutip dari laman Psychology Junkie, ESFP disebut sebagai pendongeng yang hebat dan tahu bagaimana membuat sebuah cerita yang menarik. Di sela-sela bercerita, tak jarang kamu juga memberikan humor.

Kamu dapat dengan mudah mengetahui apakah seseorang mulai bosan atau kehilangan minat pada ceritamu, sehingga kamu akan mengubah berbagai hal agar orang-orang tetap tertarik pada kisah yang kamu ceritakan.

Memiliki Selera Humor

ESFP memiliki selera humor
ESFP memiliki selera humor/ Foto: Freepik/ Tirachardz

ESFP dapat membuat lelucon, tetapi sedikit sensitif dan selalu berhati-hati untuk tidak menyakiti perasaan orang lain. Terkadang kamu menggunakan humor sebagai cara untuk mengalihkan perhatian dari diri sendiri. Terutama jika percakapan membuatmu merasa tidak nyaman. Kamu juga senang membuat orang lain tertawa, tapi juga belajar humor untuk membela diri dari orang-orang yang tampaknya tidak aman, tidak etis, dan terlalu ikut campur.

Suka Berpetualang

ESFP sangat senang berpetualang ke tempat baru
ESFP sangat senang berpetualang ke tempat baru/ Foto: Freepik/ Marymarkevich

Sebagai ESFP, kamu sangat suka berpetualang untuk menemukan pemandangan, suara, tempat, orang, dan pengalaman baru yang belum pernah ditemui atau dialami sebelumnya.

Murah Hati

ESFP bisa menjadi teman yang sangat baik dalam lingkungannya
ESFP bisa menjadi teman yang sangat baik dalam lingkungannya/ Foto: Freepik/ Freepik

ESFP adalah sahabat terbaik di dalam satu kumpulan pertemanan, kamu yang mendoong teman-teman untuk menjalani kehidupan terbaik mereka, selalu memuji, akan selalu ada jika dibutuhkan, dan melakukan yang terbaik bagi teman-temanmu.

Namun terkadang hal tersebut justru berdampak buruk, karena kamu cenderung menempatkan kebutuhan orang lain di atas kebutuhan dirimu sendiri, sering kali sampai titik di mana kamu mungkin kehabisan tenaga.

Mampu Menyelesaikan Masalah

ESFP mampu menyelesaikan masalah dengan bijaksana
ESFP mampu menyelesaikan masalah dengan bijaksana/ Foto: Freepik/ Cookie_studio

Kamu memiliki kepribadian yang cukup tanggap melihat masalah dari awal permukaan dan dapat menangani masalah tersebut dengan bijaksana, tepat, serta dengan kepala dingin. ESFP juga cocok dijadikan sebagai penengah ketika ada sebuah perdebatan.

Nah, itulah 5 tanda dari kepribadian ESFP. Apakah sesuai dengan kepribadianmu?

(fer/fer)

Our Sister Site

mommyasia.id