sign up SIGN UP

5 Tanda yang Menunjukkan Bahwa Kamu Belum Mengenal Diri Sendiri dengan Baik!

Budi Rahmah Panjaitan | Beautynesia
Kamis, 02 Dec 2021 22:15 WIB
5 Tanda yang Menunjukkan Bahwa Kamu Belum Mengenal Diri Sendiri dengan Baik!
caption

Apakah kamu telah mengenal diri sendiri dengan baik, Beauties? Mungkin pertanyaan tersebut akan membuatmu sedikit berpikir. Ya, untuk menjawabnya kamu tentunya harus punya alasan yang kuat.

Pada dasarnya mengenal diri sendiri merupakan hal yang penting. Mengenal diri sendiri membuat kamu bisa mengambil keputusan dan mengetahui apa yang kamu inginkan dalam hidup. Sebaliknya, jika tidak mengenal diri sendiri, maka akan sulit untuk meraih pencapaian, tujuan dan menentukan langkah demi langkah dalam kehidupan.

Mengutip dari From Caterpillars to Butterfly, ada beberapa tanda bahwa kamu belum mengenal diri sendiri. Apa saja? Simak selengkapnya di bawah ini.

Kamu Tidak Tahu Apa yang Kamu Inginkan

Ilustrasi tidak tahu yang diinginkan/ Foto: Freepik.com
Ilustrasi tidak tahu yang diinginkan/ Foto: Freepik.com

Tanda pertama bahwa belum mengenal dirinya sendiri adalah kamu tidak mengetahui apa yang kamu inginkan, Beauties. Hal ini dicerminkan lewat ketidaktahuan kamu ingin pergi ke mana, hal-hal apa yang dinikmati dan merasa sulit untuk menentukan visi masa depan.

Jika hal ini ada pada dirimu maka kemungkinan besar kamu tidak mengenal dirimu sendiri. Apabila hal ini terjadi, bukan tidak mungkin kamu juga membatasi tentang apa yang bisa kamu raih. Kamu juga akan takut bermimpi tentang suatu pencapaian.

Kamu Banyak Berubah Pikiran

Ilustrasi banyak berubah pikiran/ Foto: Freepik.com
Ilustrasi banyak berubah pikiran/ Foto: Freepik.com

Hal Berikutnya ini masih sejalan dengan poin yang pertama. Sejatinya kamu banyak berubah pikiran karena kamu tidak mengetahui apa yang sebenarnya kamu inginkan.

Suatu hari kamu mungkin menginginkan suatu hal kemudian di hari berikutnya kamu mengerucutkan sesuatu yang lain pula. Kamu mungkin tertarik pada suatu hal pada hari ini, namun di hari berikutnya kamu tertarik pada sesuatu yang lain.

Kamu Memiliki Banyak Penyesalan

Ilustrasi penyesalan dalam diri/ Foto: Freepik.com
Ilustrasi penyesalan dalam diri/ Foto: Freepik.com

Seseorang yang tidak mengenal dirinya juga cenderung memiliki banyak penyesalan. Hal ini dikarenakan kamu tidak tahu apa yang sedang kamu perjuangkan sehingga keputusan yang diambil seringkali tidak selaras dengan diri kamu yang sebenarnya.

Alhasil, hal-hal yang kamu katakan serta apa yang kamu lakukan akhirnya tidak selaras. Pada akhirnya kamu akan banyak menyesali hal-hal yang sudah terjadi.

Nilai Keyakinan Berubah Tergantung Orang Sekitar

Ilustrasi berteman dengan orang sekitar/ Foto: Freepik.com
Ilustrasi berteman dengan orang sekitar/ Foto: Freepik.com

Dalam kehidupan sehari-hari adakalanya seseorang akan menemui lingkungan yang baru. Di lingkungan baru tersebut ada banyak orang ditemukan dengan pemikiran yang berbeda-beda. Seseorang tidak mengenal dirinya sendiri biasanya akan melakukan hal untuk menyelaraskan dirinya dengan lingkungan sekitar tersebut.

Bahkan tidak menutup kemungkinan ia mengubah nilai-nilai dan keyakinan yang sebelumnya ada dalam dirinya tergantung pada orang di sekitarnya tersebut. Jika ini sudah terjadi maka kamu perlu mengenal dirimu sendiri karena kamu tidak percaya diri dengan siapa dirimu.

Kurang Percaya Diri

Ilustrasi tidak percaya diri/ Foto: Freepik.com
Ilustrasi tidak percaya diri/ Foto: Freepik.com

Tanda berikutnya ini memang sudah familiar untuk didengar. Kurang percaya diri merupakan salah satu tanda bahwa kamu belum mengenal diri sendiri. Hal ini dikarenakan seseorang yang mengenal dirinya sendiri sudah sepatutnya dapat berdiri dengan kokoh, mengerahkan segala kemampuan dan yakin akan langkah-langkah serta tujuan yang akan dilakukan.

Kepercayaan pada diri akan menghasilkan sesuatu yang berharga untuk mencapai value tertentu dari diri sendiri. Sebaliknya mereka yang tidak mengenal dirinya sendiri akan merasa kesulitan untuk percaya diri. Mereka tidak mengetahui value apa yang semestinya dapat diunggulkan untuk meraih langkah-langkah mencapai tujuan.

[Gambas:Youtube]

----------------

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id