sign up SIGN UP

5 Tempat Wisata yang Dulu Banjir Pengunjung, Sekarang Mati Terbengkai! Duh, Potretnya Bikin Sedih...

Nisrina Salsabila | Beautynesia
Selasa, 02 Aug 2022 17:44 WIB
5 Tempat Wisata yang Dulu Banjir Pengunjung, Sekarang Mati Terbengkai! Duh, Potretnya Bikin Sedih...
Tempat Wisata yang Dulu Banjir Pengunjung, Sekarang Mati Terbengkai/Foto: Instagram.com/gratiamikha

Ketika masih anak-anak, kita biasanya menikmati momen liburan dengan cara pergi tamasya ke suatu tempat wisata. Seiring berjalannya waktu, ada banyak destinasi rekreasi yang dahulu begitu populer dan tak pernah sepi pengunjung, tapi saat ini nasibnya malah terlantar.

Semakin banyaknya objek wisata kekinian yang bermunculan ditambah efek pandemi, membuat sederet ‘mantan’ objek wisata berikut perlahan-lahan ditinggalkan pengunjung.

Kira-kira, ada tempat favoritmu, nggak, Beauties? Simak yuk!

1. Snowbay Water Park

tempat wisata legendaris yang kini  terbengkalai
Snowbay Water Park, TMII/Foto: Putu Intan/detikcom

Destinasi taman wisata air yang berada dalam kawasan Taman Mini Indonesia Indah ini terpaksa berhenti beroperasi usai merebaknya pandemi Covid-19 dan TMII resmi diambil alih oleh pemerintah.

Sewaktu masih beroperasi, Snowbay Water Park begitu digandrungi oleh masyarakat karena memiliki fasilitas wahana permainan yang lengkap. Di antara semuanya, dua wahana yang paling terkenal adalah seluncuran Hurricane dan Cool Running.

Seiring dengan renovasi TMII, infonya Snowbay Water Park yang telah dibiarkan menganggur 2 tahun ini akan diubah menjadi area parkir. Ini seperti dikutip dalam detikTravel.

2. Depok Fantasi Waterpark

tempat wisata legendaris yang kini  terbengkalai
Depok Fantasi Waterpark/Foto: Instagram.com/depokfantasiwaterpark

Depok Fantasi Waterpark atau juga dikenal dengan Aladin Waterpark dikabarkan harus tutup usai terantuk imbas pandemi. Pionir taman rekreasi air di kota Depok, Jawa Barat ini bahkan sudah rata dengan tanah.

Padahal, dulu sebelum ditutup, Aladin Waterpark yang berdiri 2008 silam ini selalu ramai pengunjung, khususnya anak-anak kecil. Dengan mengusung nuansa Timur Tengah, taman wisata air yang luas ini memiliki beragam wahana mulai dari seluncuran air tinggi, air mancur, ember tumpah, dan lain-lain.

3. Kampung Gajah Wonderland

tempat wisata populer yang kini terbengkalai
Kampung Gajah dulu (atas) dan sekarang (bawah)/Foto: Instagram.com/discoverbandung

Mengutip detikJabar, objek wisata Kampung Gajah Wonderland yang terletak di Kabupaten Bandung Barat sudah tutup sejak 2017 lantaran dilanda pailit. Kawasannya pun dibiarkan ditinggal begitu saja.

Alhasil, taman hiburan unik yang hits pada masanya ini sekarang tampak tidak terawat dan angker. Hal ini tak pelak dimanfaatkan oleh para wisatawan pecinta horor untuk berburu spot foto di sana.

Area wisata keluarga seluas 60 hektare ini dulunya berjejer patung-patung gajah di pinggir jalan sebagai ikon. Tempat ini juga menawarkan wahana permainan dan taman rekreasi air.

4. Taman Remaja Surabaya

tempat wisata populer yang kini terbengkalai
Taman Remaja Surabaya/Foto: Instagram.com/surabayatamanremaja

Taman Remaja Surabaya sempat menjadi destinasi liburan murah kebanggaan warga Surabaya. Pengunjung dapat menikmati 20 wahana permainan yang ada di sana. Kini, taman hiburan yang berdiri sejak 1971 ini ditutup oleh pemerintah kota setempat lantaran kerja sama dengan pengelola sudah habis.

Eksistensi Taman Remaja Surabaya memang telah usai sejak 2018. Namun, menurut kesaksian warga setempat, mereka masih suka mendengar suara keramaian dan bunyi musik dari TRS di malam hari, yang seakan-akan hidup kembali.

5. Taman Festival

tempat wisata populer yang kini terbengkalai
Taman Festival/Foto: Instagram.com/_david.rheelts_

Jika dahulu Taman Festival Bali ramai dikunjungi turis lokal dan mancanegara, sekarang objek rekreasi ini lebih populer dijadikan sebagai spot foto tempat terbengkalai. Tanaman merambat, semak belukar, serta grafiti yang memenuhi tempat itu memberikan nuansa mencekam namun tetap eksotis.

Berada tak jauh dari Pantai Sanur, Bali, tempat ini diklaim sebagai taman festival yang sangat megah dan besar pada masanya. Tetapi akibat krisis, Taman Festival mesti gulung tikar tahun 1999 padahal baru dua tahun dibuka.

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id