sign up SIGN UP

5 Tips Cerdas Mengelola Gaji untuk Fresh Graduate dengan Gaji UMK, Wajib Tahu!

Martatillah Nikita Karin | Beautynesia
Jumat, 07 Jan 2022 16:30 WIB
5 Tips Cerdas Mengelola Gaji untuk Fresh Graduate dengan Gaji UMK, Wajib Tahu!
caption
Jakarta -

Menjadi fresh graduate memiliki tantangan tersendiri, apalagi di tengah persaingan ketat dalam industri kerja seperti sekarang ini. Dulu saat masih kuliah, mungkin kamu berharap agar segera lulus dan mendapat pekerjaan. Namun ternyata, bekerja bukan hal yang mudah, apalagi jika kamu seorang fresh graduate yang masih berpenghasilan UMK.

Beberapa waktu yang lalu, sempat ramai diberitakan mengenai kenaikan upah minimum kota/kabupaten atau disebut dengan UMK. Beberapa wilayah bahkan mengajukan tuntutan karena kenaikan upahnya tidak sesuai dengan harapan.

Jika kamu sekarang masih berstatus sebagai fresh graduate dan masih berpenghasilan UMK, jangan berkecil hati ya, Beauties! Berikut beberapa tips mengelola gaji untuk kamu fresh graduate yang masih berpenghasilan UMK. Yuk, simak!

Tidak Ada Rumus Tertentu

Tidak ada rumus tertentu dalam pembagian gaji
Ilustrasi Penghitungan Gaji/foto: pexels.com/Nataliya Vaitkevich

Seringkali kamu melihat tips-tips mengenai keuangan yang membagi keperluan menggunakan persentase tertentu. Hal tersebut tidak keliru, namun sayangnya rumus tersebut tidak selalu bisa diterapkan di setiap orang karena masing-masing memiliki kebutuhan yang berbeda.

Ada yang harus menggunakan gajinya untuk keperluan hidup dengan orang tuanya atau ada juga yang harus membayar biaya sewa kos tiap bulannya. So, yang terpenting adalah pahami dulu kebutuhanmu. Pisahkan mana yang menjadi prioritas sehingga kamu akan mengerti rumusan yang cocok untuk dirimu sendiri.

Buat Budgeting Bulanan

Menghitung budgeting bulanan sangat ppenting untuk mengetahui besaran pengeluaran tiap bulan
Membuat Budgeting Bulanan/foto: pexels.com/Karolina Grabowska

Nah, untuk mengetahui berapa pengeluaranmu setiap bulan, kamu harus mengetahui terlebih dahulu ke mana uangmu dihabiskan. Tulis pengeluaranmu hingga ke detail terkecil sehingga kamu bisa mendapat gambaran berapa kebutuhanmu tiap bulan. Dengan begitu, manfaat lain yang bisa didapatkan adalah kamu bisa memangkas mana saja kebutuhan yang tidak penting.

Ada beberapa tips budgeting yang bisa kamu terapkan. Pertama, tuliskan pengeluaranmu per harinya. Setelah akhir bulan kamu bisa melakukan evaluasi, pos manakah yang bisa kamu pangkas agar pengeluaranmu tidak terlalu banyak.

Selanjutnya di awal bulan, tentukan sasaran pengeluaranmu di bulan tersebut. Tetap lakukan catatan harian dan evaluasi di akhir bulan. Dengan begitu pengeluaranmu jadi lebih bisa terkontrol.

Siapkan Dana Darurat

Menyiapkan dana darurat sangat penting untuk bisa menyiapkan kebutuhan yang akan datang
Menghitung Dana Darurat/foto: pexels.com/Karolina Grabowska

Apa, sih, dana darurat itu? Untuk kamu yang masih asing dengan istilah dana darurat, dana darurat adalah dana cadangan yang kamu siapkan tanpa tujuan tertentu yang biasanya akan digunakan saat kondisi darurat. Besarnya dana darurat biasanya 6 kali pengeluaran tiap bulan. 

Nah, jika kamu sudah membuat budgeting di awal, untuk menentukan besarnya dana darurat yang harus disiapkan sudah bisa kamu perhitungkan. Perhitungan 6 kali didasari asumsi bahwa jika kamu kehilangan pekerjaan atau kamu berada pada situasi di mana kamu tidak mendapat pemasukan, maka selama 6 bulan ke depan kamu masih tetap bisa memenuhi kebutuhan karena masih ada persediaan dana darurat.

Sebagai estimasi, jika kamu fresh graduate dengan UMK Rp3,5 juta dan pengeluaran kamu tiap bulannya sejumlah Rp2 juta per bulan. Maka dana darurat yang harus kamu kumpulkan sejumlah Rp12 juta.

Tambah Sumber Penghasilan

Upgrade skill dapat meningkatkan income
Ilustrasi Menabung/foto: pexels.com/cottonbro

Investasi yang paling tepat untuk kamu para fresh graduate adalah investasi untuk diri sendiri. Caranya yaitu dengan meningkatkan skill melalui pelatihan, seminar, atau meningkatkan penghasilan dengan mencari pekerjaan tambahan sebagai freelancer atau membuka bisnis kecil-kecilan.

Saat ini, ada banyak situs yang menyediakan pekerjaan sebagai freelancer yang bisa kamu coba. Dengan semakin meningkatnya skill, ditambah dengan pekerjaan freelance, maka penghasilan kamu juga bisa meningkat.

Selain itu, jangan lupakan juga untuk memperluas pertemanan, ya! Siapa tau kamu bisa mendapat kenalan yang bisa membuat diri kamu lebih berkembang lagi dan mendatangkan cuan!

Mulai Belajar Investasi

Investasi sesuai dengan profil resiko dan return tertentu dapat membuat uang bekerja untuk kita
Ilustrasi Investasi/foto: pexels.com/Burak Kebapci

Sudah banyak anak muda yang akhirnya melek dengan investasi. Ditambah lagi saat ini sudah banyak informasi mengenai investasi yang bisa kamu pelajari melalui channel YouTube, media sosial, maupun beberapa webinar. Sehingga, bukan alasan lagi jika kamu tidak ingin mencoba untuk mulai berinvestasi.

Eits, tapi jangan sampai berinvestasi karena ikut-ikutan tren, ya! Berinvestasilah dengan tujuan agar kamu bisa lebih bijaksana lagi dalam mengatur uang dan menjadikan uang bekerja untukmu. Perbanyak informasi dan wawasan mengenai instrumen investasi apa saja yang sesuai dengan profil risiko kamu.

Tentukan sendiri goals investasi kamu serta return yang kamu harapkan dari investasi yang kamu lakukan. Tetap utamakan kebutuhan sehari-hari dan siapkan dana darurat terlebih dahulu sebelum kamu mulai berinvestasi.

Setelah membaca tips di atas, apakah kamu termotivasi untuk mulai lebih bijaksana lagi dalam mengatur uang, Beauties? Jadi jangan sampai minder jika kamu masih berstatus fresh graduate dengan penghasilan UMK.

Dengan berlatih mengatur uang sedikit demi sedikit, maka kamu akan mulai terbiasa mengatur uang dengan jumlah yang lebih besar. Dengan begitu, uang yang kamu miliki akan bisa lebih bermanfaat dibandingkan hanya untuk kegiatan yang sifatnya kesenangan sementara. Jangan lupa pula sisihkan untuk berbagi kepada mereka yang membutuhkan. Selamat mencoba!

***

[Gambas:Youtube]

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id