sign up SIGN UP

5 Tips Memilih Online Shop Terpercaya, Bikin Belanja Makin Nyaman Deh!

Octavia Dewi | Beautynesia
Jumat, 31 Dec 2021 22:30 WIB
5 Tips Memilih Online Shop Terpercaya, Bikin Belanja Makin Nyaman Deh!
caption

Saat ini tengah marak beragam jenis penipuan saat membeli barang di online shop. Mulai dari produk barang tidak sesuai, dana tidak dikembalikan, barang tidak datang, dan lain sebagainya.

Bahkan online shop juga menjadi salah satu sarana kejahatan orang-orang tidak bertanggung jawab. Namun, online shop juga banyak memberikan kemudahan terhadap penggunanya. Lalu bagaimana tips nya agar tidak terjerat kasus penipuan saat membeli suatu produk?

Nah ini dia tips memilih online shop terpercaya agar tidak tertipu. Yuk simak tips nya berikut ini, Beauties!

1. Periksa Identitas Penjual

Periksa Identitas Penjual
Periksa Identitas Penjual/Foto: Freepik.com/Tirachardz

Cara memilih toko online terpercaya yang pertama yaitu kamu harus memastikan kontak yang tertera aktif dan dapat dihubungi untuk transaksi belanja online. Pastikan juga kontak tersebut memiliki informasi yang lengkap dan jelas, seperti nama toko online, alamat penjual, alamat email penjual, dan nomor telepon.

2. Lakukan Pembelian di Situs Terpercaya

Lakukan Pembelian di Situs Terpercaya
Lakukan Pembelian di Situs Terpercaya/Foto: Freepik.com/Artursavronovvvv

Tips memilih produk jualan online berikutnya yaitu jangan percaya situs yang tidak memiliki privasi di depan alamat situs. Kamu perlu memastikan terdapat tanda gembok di depan alamat situs dari situs yang dikunjungi, terutama saat kamu sedang dalam tahap pembayaran.

3. Periksa Ulasan dan Deskripsi Produk

Periksa Ulasan dan Deskripsi Produk
Periksa Ulasan dan Deskripsi Produk/Foto: Freepik.com/Tirachardz

Kamu juga harus memastikan pelanggan yang baru membeli produk dari toko tersebut mendapatkan kepuasan atau memiliki pendapat yang baik. Kamu dapat melihat komentar pembeli dari bagian ulasan atau review di fitur yang tersedia dalam toko online. 

4. Pilih Cara Membayar Aman dan Simpan Bukti Pembayaran

Pilih Cara Membayar Aman dan Simpan Bukti Pembayaran
Pilih Cara Membayar Aman dan Simpan Bukti Pembayaran/Foto: Freepik.com/Jcomp

Kamu harus memilih cara pembayaran yang aman, apabila pihak toko meminta informasi pribadi seperti pin kartu atm, dan lain-lain maka jangan kamu berikan. Kamu juga jangan langsung membuang struk pembelian, bukti termasuk deskripsi produk, harga, dan tanda terima digital.

5. Jangan Berikan Terlalu Banyak Informasi

Jangan Berikan Terlalu Banyak Informasi
Jangan Berikan Terlalu Banyak Informasi/Foto: Freepik.com/Tirachardz

Ketika kamu melakukan aktivitas belanja online pasti kamu akan diminta memberikan rincian kartu kredit kamu, alamat dan nomor telepon sebagai data atau persyaratan. Namun saat online shop meminta sesuatu yang lain seperti nomor keamanan akun, kamu harus mencurigai dan jangan langsung memberikannya.

Nah Beauties, itu dia tips memilih toko online yang aman dan terpercaya. Sebagai pembeli kita juga harus pintar dan cerdik dalam memilah online shop agar tetap aman saat berbelanja dan jangan mudah percaya bonus maupun diskon yang terlalu menjanjikan dan tidak masuk akal ya. Semoga bermanfaat!

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id