sign up SIGN UP

5 Tips Mencegah Rasa Ngantuk Saat Berkendara, Perjalanan Tenang dan Aman Sampai Tujuan!

Octavia Tunggal Dewi | Minggu, 21 Nov 2021 07:30 WIB
5 Tips Mencegah Rasa Ngantuk Saat Berkendara, Perjalanan Tenang dan Aman Sampai Tujuan!
caption

Mengantuk saat berkendara adalah hal berbahaya yang sering dialami oleh pengemudi. Hal tersebut tentunya dapat membahayakan diri sendiri maupun orang lain.

Tetapi rasa ngantuk datang tanpa diduga dan tidak bisa diprediksi. Namun bukan berarti kita tidak bisa mencegah rasa ngantuk tersebut lho, Beauties! Berikut cara menghilangkan rasa kantuk saat berkendara agar tetap aman. Simak yuk!

1. Konsumsi Makanan Secukupnya

Konsumsi makanan secukupnya
Konsumsi Makanan Secukupnya/Foto: Freepik.com/Jcomp

Tips agar tidak ngantuk saat berkendara yang pertama yaitu makan secukupnya. Jangan berkendara di saat perut dalam kondisi kosong sebab hal tersebut dapat mengundang rasa kantuk.

Tetapi jangan lupa makan terlalu kenyang karena kekenyangan justru akan membuat kamu semakin mengantuk. Jadi konsumsi makanan secukupnya agar kamu tidak mengantuk saat berkendara.

2. Minum Kopi

Minum kopi
Minum Kopi/Foto: Freepik.com/Drobotdean

Sebagian besar orang tentunya sudah tahu bahwa kopi dapat mencegah kita dari rasa kantuk. Hal ini dikarenakan kopi mengandung kafein yang dapat membantu menjaga tubuh agar tetap terjaga.

Tapi harus diingat, bahwa efek kafein tidak langsung datang setelah dikonsumsi tetapi membutuhkan waktu untuk membuat efeknya muncul kurang lebih sekitar 30 menit. Jadi lebih baik sempatkan untuk beristirahat sejenak setelah meminum kopi sambil beristirahat ya.

3. Menepi dan Tidur Sejenak

Menepi dan tidur sejenak
Menepi dan Tidur Sejenak/Foto:Freepik.com/Aleksandarlittlewolf

Tips agar tidak ngantuk saat berkendara yang paling efektif adalah dengan menepikan kendaraan dan tidur sejenak. Setelah tidur, kamu dapat mengonsumsi kopi untuk membantu kamu agar tetap terjaga.

Selain itu, akan lebih baik lagi jika kamu menyempatkan waktu untuk beristirahat sejenak setiap 2,5 jam jika dalam perjalanan jauh. Hal tersebut tentunya akan sangat membantu kamu untuk menghindari kelelahan, rasa kantuk, dan mencegah kamu dari hal yang membahayakan.

4. Hindari Konsumsi Obat yang Membuat Ngantuk

Hindari konsumsi obat yang membuat ngantuk
Hindari Konsumsi Obat yang Membuat Ngantuk/Foto: Freepik.com/

Hindari mengonsumsi obat yang memiliki efek samping mengundang rasa kantuk sebelum berkendara baik itu obat flu, antimabuk, masuk angin, dan lain sebagainya. Namun, jika memang diharuskan mengonsumsi obat-obatan tersebut lebih baik kamu jangan menyetir terlebih dahulu demi keselamatan diri sendiri dan orang lain.

5. Meminta Ditemani Berkendara

Meminta ditemani berkendara
Meminta Ditemani Berkendara/Foto: Freepik.com/Freepik

Jika kamu ingin mengemudi jarak jauh terlebih kamu dalam kondisi lelah atau tidak memiliki waktu tidur yang cukup sebaiknya kamu meminta ditemani seseorang dalam berkendara. Kamu dapat meminta teman ataupun keluarga untuk menemani kamu berkendara. Jadi kamu memiliki teman mengobrol tetapi tetap harus berhati-hati. Bahkan jika kamu kelelahan, kamu dapat meminta mereka untuk menggantikan kamu mengemudi.

Nah Beauties, itu dia tips mencegah rasa kantuk saat berkendara. Tentunya semoga beberapa tips di atas dapat membantu kamu untuk tetap berhati-hati dan tidak memaksakan diri berkendara saat mengantuk sebab hal tersebut sangatlah berbahaya. Semoga bermanfaat!

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id