sign up SIGN UP

5 Trik Sederhana Lancar Berbicara di Depan Umum Tanpa Rasa Takut

Budi Rahmah Panjaitan | Beautynesia
Selasa, 21 Dec 2021 07:45 WIB
5 Trik Sederhana Lancar Berbicara di Depan Umum Tanpa Rasa Takut
caption

Beauties, kamu mungkin sudah tidak asing lagi dengan istilah 'demam panggung', 'grogi' atau nervous saat berbicara di depan umum. Ya, semua itu memang lumrah terjadi bahkan sering dibicarakan.

Namun satu hal yang perlu diketahui bahwa kesempatan untuk berbicara di depan umum adalah sesuatu yang berharga sehingga kamu perlu memanfaatkan momen tersebut untuk melakukan yang terbaik. 

Meskipun grogi atau nervous tersebut umum, kamu perlu mencoba untuk mengelolanya dengan baik. Dikutip dari Lifehack.org, ada beberapa trik sederhana agar bisa lancar berbicara di depan umum tanpa rasa takut. Apa saja? Simak selengkapnya di bawah ini.

Akui Kegugupan

Ilustrasi gugup/ Foto: Freepik.com
Ilustrasi gugup/ Foto: Freepik.com

Trik pertama yang bisa dilakukan agar lancar berbicara di depan umum tanpa rasa takut adalah mengakui kegugupan sambil mengemasnya jadi 'candaan'. Ketika kamu melakukan hal ini, maka penonton akan lebih memaafkan jika kegugupan itu muncul sewaktu-waktu.

Lebih penting lagi, kamu akan merasa lebih santai karena sekarang para penonton sudah diarahkan untuk tidak berekspektasi tinggi tentang apa yang akan kamu paparkan. Kalaupun yang terjadi sebaliknya, maka ini akan memberikan rasa apresiasi dan kagum terhadap kamu.

Definisikan Ulang Audiens

Ilustrasi presentasi/ Foto: Freepik.com
Ilustrasi presentasi/ Foto: Freepik.com

Tidak sedikit kiat umum yang terdengar selama ini, mengarahkan seseorang yang sedang berbicara di depan umum untuk melihat audiensnya adalah kumpulan bayi atau benda mati atau bahkan sama sekali tidak ada. Namun nyatanya hal itu sulit dilakukan karena sulit meyakinkan diri sendiri bahwa kamu benar-benar bicara sendiri sementara orangnya depan kamu benar-benar ada. 

Alih-alih melakukan hal tersebut, cobalah untuk mendefinisikan ulang audiens yang ada di depan kamu. Ketika kamu berposisi sebagai mahasiswa yang akan presentasi di depan dosen, maka cobalah anggap bahwa dosen-dosen yang ada di depan kamu tersebut adalah sesama mahasiswa yang sedang mengantri untuk presentasi. Hal ini akan membantu kamu untuk merasa lebih baik dalam mengatasi kegugupan.

Menggunakan Alat Bantu Visual

Ilustrasi presentasi dengan slide/ Foto: Freepik.com
Ilustrasi presentasi dengan slide/ Foto: Freepik.com

Alat bantu visual bisa menjadi investasi yang penting ketika berbicara di depan umum. Hal ini karena fokus dari penonton atau audiens akan terbagi. Terlebih lagi saat alat bantu visual yang digunakan begitu menarik sehingga kamu akan lebih percaya diri dan merasa nyaman untuk mempresentasikannya. Tentunya ini juga akan mengurangi kegugupan yang mungkin terjadi.

Membuat Kesalahan Secara Disengaja

Ilustrasi presentasi seru/ Foto: Freepik.com
Ilustrasi presentasi seru/ Foto: Freepik.com

Merupakan trik yang juga disarankan, lho! Misalnya saja sengaja menjatuhkan catatan ke lantai dan kemudian setelahnya melontarkan candaan bahwa presentasi yang akan dilakukan akan memasuki part yang lebih membingungkan lagi.

Ketika hal tersebut dilakukan maka bukan tidak mungkin para audiens akan melontarkan gelak tawa yang akhirnya mencairkan suasana. Dengan begitu ketegangan ataupun kegugupan bisa diredam karena muncul suasana yang lebih kasual dan interaktif antara kamu sebagai presenter dan audiens.

Berbicara dengan Satu orang pada Satu Waktu

Ilustrasi berbicara di depan umum/ Foto: Freepik.com
Ilustrasi berbicara di depan umum/ Foto: Freepik.com

Tidak bisa dipungkiri, salah satu hal yang sering menakutkan ketika berbicara di depan umum adalah kerumunan. Ketika melihat kerumunan dan suasana hening mulai tercipta maka tidak jarang di situasi itulah mulai muncul kegugupan.

Untuk mengatasinya kamu bisa menggunakan trik berbicara dengan satu orang pada satu waktu. Dengan begitu suasana bisa menjadi lebih santai dan kamu sebagai presenter tidak merasa sendirian di tengah banyaknya pasang mata yang mengarah pada kamu.

[Gambas:Youtube]

-----------

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id