sign up SIGN UP

6 Grup K-Pop Ini Pernah Comeback dengan Konsep Trilogi yang Mind Blowing, Cek Ada Favoritmu?

Adinda Rizki Putriandaswita | Beautynesia
Jumat, 17 Jun 2022 21:00 WIB
6 Grup K-Pop Ini Pernah Comeback dengan Konsep Trilogi yang Mind Blowing, Cek Ada Favoritmu?
caption
Jakarta -

Dalam industri musik Korea, setiap idol umumnya akan melangsungkan comeback minimal dua kali dalam satu tahun dengan jeda waktu antar comeback 3 sampai 6 bulan. Dilakukannya comeback ini tentu saja untuk menyapa penggemar dan agar idol menjadi lebih dikenal oleh masyarakat luas.

Biasanya, para idol akan mengusung konsep tertentu di setiap comeback agar terlihat menarik untuk diikuti, bahkan beberapa di antaranya ada yang membuat konsep comeback saling berhubungan seperti trilogi lho, Beauties. 

Seperti 6 grup K-Pop di bawah ini yang punya alur cerita trilogi yang keren dan mind blowing dalam setiap comeback mereka. Simak selengkapnya di bawah ini, ya!

The ReVe Festival - Red Velvet

 

Red Velvet menjadi salah satu girl group yang punya konsep menarik di setiap comeback seperti trilogi The ReVe Festival yang unik namun juga menyeramkan
Red Velvet pernah merilis trilogi ‘The ReVe Festival’ yang unik dan penuh teori./ Foto: twitter.com/RVsmtown

Red Velvet memang menjadi salah satu girl group yang selalu mengusung konsep yang menarik dalam setiap comeback-nya, di mana walaupun konsep yang digunakan adalah konsep yang ceria, tetapi sebenarnya memiliki arti yang dalam dan menyeramkan.

Seperti comeback album mereka yang bertema “The ReVe Festival”, yang pada umumnya kata festival identik dengan sesuatu yang meriah dan menyenangkan.

Namun, berbeda dengan festival yang menyenangkan, konsep festival yang diusung Red Velvet cukup unik dan ada plot twist nih, Beauties. Festival ini diawali dengan comeback dengan lagu 'Zimzalabim' yang memiliki suara yang agak menakutkan sebagai suara latar lagu.

Kemudian, kita akan dibawa oleh Red Velvet untuk mengikuti liburan musim panas mereka yang terhalang oleh cuaca yang buruk, sehingga mereka seperti dikutuk terjebak dalam rumah dalam lagu 'Umpah Umpah'.

Namun, cahaya warna-warni dari rangkaian festival jadi meredup dengan dirilisnya lagu 'Psycho' sebagai title track dari album terakhir trilogi “The ReVe Festival”.

Dalam lagu ini, para member terlihat kebingungan dan putus asa, yang kemungkinan disebabkan oleh dua pemberhentian sebelumnya dalam trilogi ini, di mana saat itu semuanya masih terasa menyenangkan sampai ada satu orang mengucapkan mantra yang salah.

Hmm, sepertinya trilogi ini memang menarik sekaligus bikin pusing ya, Beauties!

CONCEPTION - VIXX

Boy group asuhan Jellyfish Entertainment ini dikenal akan konsepnya yang dark, konsep ini juga diusung dalam trilogi CONCEPTION yang penuh makna.
VIXX memiliki trilogi “CONCEPTION” yang gelap dan penuh makna./ Foto: twitter.com/RealVIXX

Boy group VIXX memang terkenal akan konsepnya yang dark dan penuh makna di setiap comeback-nya. Salah satu comeback mereka dengan trilogi yang saling berhubungan adalah “CONCEPTION”, di mana dalam trilogi tersebut mengambil konsep mitologi Yunani yang terlihat jelas dalam concept film mereka.

Dewa pertama yang ditampilkan sekaligus menjadi nama album pertama dalam trilogi ini adalah Zelos, yang merupakan dewa persaingan, kecemburuan, dan semangat. Dalam album ini, VIXX memiliki title track berjudul 'Dynamite' sebagai representasi visual dan lirik yang menggambarkan dewa tersebut.

Kemudian, dalam comeback kedua pada trilogi ini, VIXX mengambil nama dewa Hades yang merupakan dewa dari dunia bawah. Kemurkaan dari dewa Yunani ini diwujudkan dalam lagu utama yang berjudul 'Fantasy'.

Terakhir, mengakhiri trilogi "CONCEPTION", VIXX mengambil nama dewa Kratos, yang kemudian boy group asuhan Jellyfish Entertainment ini mempersonifikasikan kekuatan dan otoritas dewa tersebut lewat title track yang berjudul ‘The Closer’ dengan tampilan yang menggoda sekaligus menyeramkan.

THE CLAN - MONSTA X

Seperti grup lainnya, MONSTA X juga pernah melakukan comeback dengan konsep trilogi yang diberi nama THE CLAN.
MONSTA X menghadirkan trilogi THE CLAN pada comeback mereka di tahun 2016./ Foto: twitter.com/KimonoRed

MONSTA X menjadi salah satu idol dengan kemampuan akting yang baik sehingga jika ada orang yang tidak mengetahui MONSTA X, mereka akan salah mengira bahwa boy group tersebut adalah aktor.

Kemampuan akting yang baik dari para member MONSTA X dapat dilihat pada trilogi “THE CLAN” yang dirilis tahun 2016 lalu, di mana dalam trilogi tersebut juga ditonjolkan ikatan yang kuat antara para member dalam menghadapi tantangan. 

EP pertama trilogi “THE CLAN” bertajuk “LOST” yang menyuguhkan ‘ALL IN’ sebagai title track mereka, dalam comeback ini ditunjukkan para member yang berada dalam masa gemar memberontak, melawan otoritas sambil menciptakan gerakan perlawanan sendiri.

Kemudian, comeback kedua trilogi ini ada album berjudul “GUILTY” dengan lagu utama ‘Fighter’, di mana dalam lagu ini kalian akan menemukan bahwa para member telah disandera dalam sebuah rumah sakit dan ditawan oleh alam bawah sadar mereka sendiri sambil mempersiapkan rencana untuk melarikan diri.

Album terakhir sebagai penutup dari trilogi yang penuh dengan teori ini adalah album berjudul “Final Chapter” dan ‘Beautiful’ dipilih sebagai title track-nya. Dalam trilogi ini, penonton akan diperlihatkan adanya bunga ungu bernama Larkspur yang ada di setiap comeback, yang menurut mitologi dipercaya sebagai pelindung dan penyembuh, di mana bunga tersebut digunakan oleh para member untuk meracik obat.

FLIGHT LOG - GOT7

GOT7 selalu menyajikan konsep comeback dan music video terbaik seperti trilogi FLIGHT LOG yang penuh makna dan teori.
GOT7 pernah melakukan melakukan comeback yang saling berhubungan dalam trilogi “FLIGHT LOG”./ Foto: twitter.com/GOT7Official

GOT7 menjadi salah satu boy group yang memiliki music video terbaik, baik dari segi pengambilan gambar maupun plotnya yang menarik. Sama seperti grup lainnya, GOT7 juga memiliki trilogi dengan comeback yang akan saling berhubungan.

Trilogi dari GOT7 yang cukup terkenal dan menarik banyak perhatian penggemar maupun non-penggemar adalah trilogi “FLIGHT LOG” yang terbagi menjadi “DEPARTURE”, “TURBULENCE”, dan “ARRIVAL”.

Dalam trilogi legendaris ini, Jinyoung menjadi karakter utama yang bolak-balik antara kenyataan dan mimpinya di mana ia mengingat semua kenangan yang pernah ia alami bersama para member.

Mulai dari awal perjalanan yang tadinya menyenangkan dan baik-baik saja menjadi penerbangan yang kacau dengan terjadinya kecelakaan yang merenggut nyawa semua member, sampai Mark yang mengorbankan dirinya untuk menyelamatkan Jinyoung.

Trilogi ini memiliki ‘Fly’, ‘Hard Carry’, dan ‘Never Ever’ sebagai title track dalam setiap album comeback-nya. Selain itu, plot dalam trilogi ini sebenarnya tidak mudah ditebak seperti kelihatannya lho, Beauties.

Beberapa penggemar mengaku bahwa mereka kesulitan dalam menebak teori yang disuguhkan dalam setiap music video yang dirilis ketika comeback.

The Story of Light - SHINee

Sebelum merilis trilogi “The Story of Light, SHINee pernah melakukan comeback dengan konsep trilogi berjudul “Misconceptions
Trilogi “The Story of Light” merupakan trilogi kedua SHINee sepanjang karier mereka./ Foto: twitter.com/SHINee

The Story of The Light” bukanlah comeback pertama SHINee yang mengusung konsep trilogi, sebelumnya mereka pernah memiliki trilogi berjudul “Misconceptions” yang dirilis pada tahun 2013 dan diciptakan oleh mendiang Jonghyun.

Trilogi “The Story of Light” memiliki lagu ‘Good Evening’, ‘I Want You’, dan juga ‘Our Page’ sebagai lagu utama mereka yang akan memandu penggemar melalui kisah cahaya yang menarik. 

Lewat trilogi ini, mereka memberikan penghormatan pada Jonghyun yang telah tiada dan bersumpah akan terus melanjutkan perjalanan karier musik mereka sambil tetap membawa sang main vocal di dalam pikiran dan hati mereka.

Berbeda dengan trilogi grup lain yang kebanyakan memiliki teori yang sulit dipecahkan, trilogi “The Story of Light” ini justru akan membuatmu menangis.

Love Yourself - BTS

Sejak dulu BTS memang suka menggunakan trilogi untuk comeback mereka seperti trilogi “2 Cool 4 Skool”, “HYYH”, dan “Love Yourself””.
BTS merupakan boy group yang gemar menggunakan konsep trilogi./ Foto: twitter.com/BIGHIT_MUSIC

Boy group yang tengah mendunia saat ini memang sudah mengusung konsep youth sejak melakukan debutnya dan banyak melakukan comeback dalam bentuk trilogi yang saling berhubungan satu sama lainnya.

Mereka pernah merilis trilogi bertema sekolah yaitu “2 Cool 4 Skool”. “O!RUL8,2?”, dan “Skool Luv Affair”. Setelah itu, trilogi selanjutnya adalah “HYYH” yang membawa para penggemar ke jalur tiga arah untuk merenungkan “The Most Beautiful Moment in Life”.

Kemudian, beberapa comeback selanjutnya, ketujuh pria tersebut merilis kembali sebuah perjalanan lain yang dibuat menjadi trilogi untuk melihat secara dalam mengenai mencintai diri sendiri.

Trilogi “Love Yourself” ini diawali dengan album bertajuk “Love Yourself: Her” dan memiliki lagu utama ‘DNA’, di mana dalam lagu tersebut digambarkan bagaimana rasanya cinta.

Bagian kedua dari trilogi ini dimulai dengan dirilisnya album “Love Yourself: Tear” dan title track berjudul ‘Fake Love’ yang memberikan kesadaran akan realita cinta. 

Terakhir, BTS menutup trilogi “Love Yourself” ini dengan merilis album “Love Yourself: Answer” dengan ‘IDOL’ sebagai lagu utamanya, di mana dalam lagu ini akan memberikan kebenaran tentang mencintai diri sendiri untuk bisa merasakan cinta.

Para member pada dasarnya menuliskan panduan untuk mengarahkan perasaan yang dimiliki seseorang dan menyelesaikannya dengan resolusi yang meyakinkan diri sendiri. Selain memiliki makna yang dalam, trilogi ini juga memiliki sinematografi yang apik lho, Beauties!

Nah, itu dia trilogi dari 6 grup K-Pop yang memiliki makna yang mendalam sekaligus mind blowing karena memiliki jalan cerita yang seru dan menarik untuk diikuti serta teori-teori tersembunyi yang hanya bisa dipecahkan oleh penggemar. Trilogi dari grup mana yang menurutmu menarik nih, Beauties?

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(sim/sim)

Our Sister Site

mommyasia.id