STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600

6 Kolaborasi Penyanyi Korea-Indonesia yang Sukses Gemparkan Nusantara

Istikhomah | Beautynesia
Jumat, 11 Mar 2022 21:00 WIB
6 Kolaborasi Penyanyi Korea-Indonesia yang Sukses Gemparkan Nusantara

Hallyu wave sudah sampai di Indonesia sejak kemunculan idol generasi kedua. Hingga saat ini, pecinta K-Pop di Nusantara makin banyak dan membludak. Apalagi setelah adanya kolaborasi penyanyi Indonesia dengan idol K-Pop. Sebut saja Agnez Monica dan Super Junior beberapa tahun yang lalu.

Selain Agnez dan Super Junior, berikut ada beberapa kolaborasi penyanyi Korea Selatan - Indonesia yang sukses gemparkan Nusantara. Penasaran, kan? Simak ulasannya berikut ini, yuk!

Afgan dan B.I

Afgan dan B.I/ Foto : instagram.com/afgan__ - shxxbi131
Afgan dan B.I/ Foto : instagram.com/afgan__ - shxxbi131

Afgan merupakan salah satu penyanyi Indonesia yang memiliki kedekatan dengan beberapa artis Korea. Tidak heran jika ia bisa berkolaborasi dengan penyanyi dari Negeri Ginseng. Salah satunya dengan B.I eks iKON.

Afgan dan B.I beserta Bipolar Sunshine menyanyikan lagu ‘Lost at Sea (illa illa)’ di konser online pada Oktober 2021 lalu. Proyek kolaborasi ini terjalin karena keduanya berada di naungan manajemen yang sama. 

Afgan dan Jackson Wang

Afgan dan Jackson/ Foto : instagram.com/afgan__
Afgan dan Jackson/ Foto : instagram.com/afgan__

Selain B.I eks iKON, Afgan juga sempat berkolaborasi dengan idol K-Pop lain. Afgan meluncurkan sebuah lagu berjudul ‘M.I.A’ yang merupakan proyek kolaborasinya dengan Jackson Wang. Lagu tersebut resmi dirilis pada Maret 2021 lalu.

Afgan dan Jackson sendiri bertemu untuk pertama kali di tahun 2019 lalu. Dari acara tersebut, keduanya dekat dan memutuskan untuk berduet. 

Raisa dan Sam Kim

Raisa dan Sam Kim/ Foto : instagram.com/raisa6690
Raisa dan Sam Kim/ Foto : instagram.com/raisa6690

Kolaborasi antara Raisa dan Sam Kim terjalin pada bulan November 2021 lalu. Kedua penyanyi bersuara merdu ini meluncurkan single manis berjudul ‘Someday’. Raisa sendiri merupakan penggemar dari Sam Kim.

Pelantun tembang ‘Could It Be’ ini mengaku menyukai karya-karya Sam Kim di album ‘Sun and Moon’. Wah, beruntung banget ya, Raisa. Sam Kim sendiri belakangan disibukkan dengan mengisi soundtrack drama Korea. Ia juga menyumbang suara merdunya di drama Our Beloved Summer dan Nevertheless

Stephanie Poetri dan Jackson Wang

Stephanie dan Jackson / Foto : instagram.com/stephaniepoetri - jacksonwang852g7
Stephanie dan Jackson / Foto : instagram.com/stephaniepoetri - jacksonwang852g7

Jackson Wang juga berkolaborasi dengan Stephanie Poetri dalam bermusik. Kedua menyapa penggemar dengan menyanyikan lagu ‘I Love you 3000’. Kolaborasi dari penyanyi muda ini tidak lain berkat label 88rising.

Lagu duet member GOT7 dengan putri dari Titi DJ ini menjadi salah satu lagu yang masuk album kompilasi musisi 88rising yang berjudul Head in the Cloud II.

Rich Brian dan Chungha

Rich Brian dan Chungha/ Foto : instagram.com/chungha_official
Rich Brian dan Chungha/ Foto : instagram.com/chungha_official

Berikutnya ada Rich Brian dan Chungha yang merilis lagu kolaborasi mereka pada Oktober 2019. Lagu Rich Brian dan Chungha tersebut berjudul These Nights. Lagu ber-genre pop tersebut cukup populer. Berbeda dari lagu-lagu Rich Brian sebelumnya, kali ini ia tidak nge-rap. Sementara Chungha ikut dalam menulis lagu tersebut.

Rossa dan Ryeowook

Rossa/ Foto : instagram.com/itsrossa910
Rossa/ Foto : instagram.com/itsrossa910

Berbeda dari kolaborasi sebelumnya, Rossa dan Ryeowook hebohkan penggemar karena menyanyikan kembali lagu Rossa berjudul ‘Hati Yang Kau Sakiti’. Rossa melantunkan tembang fenomenalnya tersebut dengan Bahasa Korea (The Heart You Hurt).

Menariknya, untuk musik video lagu tersebut, Rossa menggandeng Donghae Super Junior sebagai model. Tak lama kemudian, Ryeowook yang meng-cover lagu Rossa dalam Bahasa Indonesia. Ryeowook juga memparodikan adegan di musik video milik Rossa. 

Itulah beberapa kolaborasi penyanyi Korea Selatan dan Indonesia yang sempat hebohkan Nusantara. Nah, dari lagu-lagu di atas, mana nih yang jadi favorit Beauties?

----------------

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(sim/sim)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE