STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

6 Kota Ini Jadi yang Terpadat di Dunia Tahun 2022, Ada Jakarta Nggak, ya?

Retno Anggraini | Beautynesia
Selasa, 04 Oct 2022 12:00 WIB
6 Kota Ini Jadi yang Terpadat di Dunia Tahun 2022, Ada Jakarta Nggak, ya?

Menurut laporan terbaru UN Habitat, setengah dari populasi dunia kini tinggal di perkotaan. Populasi penduduk akan meningkat menjadi dua pertiga pada tahun 2050 dan membuat tantangan perkotaan tumbuh secara eksponensial. Setiap tahun, tinjauan populasi dunia menilai pertumbuhan kota dan jumlah penduduk yang tinggi di wilayah metropolitan untuk memahami tren evolusi global.

Total populasi penduduk di seluruh dunia tahun 2022 telah mencapai 7,96 miliar orang dan diproyeksikan akan mencapai 10 miliar pada abad ke-22. Meski di beberapa negara populasi penduduk melambat, di beberapa negara lain justru berkembang pesat dan membuat negara tersebut hampir penuh sesak. Melansir Reader's Digest, berikut 6 kota terpadat di dunia tahun 2022.

Tokyo, Japan

Kota-kota terpadat di dunia 2022
Ilustrasi populasi penduduk/Foto: Unsplash.com/Ryoji Iwata

Jumlah populasi saat ini: 37,27 juta penduduk.

Percaya atau tidak, kota terbesar di dunia ini mengalami penurunan populasi sebanyak 0,18 persen dari tahun 2021. Tren tersebut diperkirakan akan berlanjut dan meningkat hingga tahun 2035. Diperkirakan 16 tahun dari sekarang, Tokyo akan menampung hampir 1,5 juta penduduk lebih sedikit dari tahun ini.

New Delhi, India

Kota-kota terpadat di dunia 2022
Ilustrasi populasi penduduk/Foto: Unsplash.com/Mahmoud Sulaiman

Jumlah populasi saat ini: 32,06 juta penduduk.

New Delhi, ibu kota India dan menjadi pusat pemerintahan negara tersebut menempati urutan kedua dalam jumlah penduduk terbanyak dan memimpin daftar kota-kota paling tercemar di dunia. Menurut laporan World Population Review, pada tahun 2001 jumlah penduduk New Delhi meningkat sebanyak 215 ribu karena pertumbuhan alami dan 285 ribu melalui migrasi.

Tahun ini, jumlah penduduk New Delhi meningkat sebesar 2,84 persen dibandingkan tahun 2021. Tapi, masih di jalur untuk mencapai populasi lebih dari 43 juta pada tahun 2035.

Shanghai, China

Kota-kota terpadat di dunia 2022
Ilustrasi populasi penduduk/Foto: Unsplash.com/Jack Finnigan

Jumlah populasi saat ini: 28,51 juta penduduk.

Shanghai termasuk dalam jajaran kota terbesar di dunia dan salah satu yang paling cepat berkembang selama 20 tahun. Shanghai mengalami pertumbuhan dua digit hampir setiap tahun sejak 1992, kecuali tahun 2008 hingga 2009 karena resesi global.

Para ahli memperkirakan wilayah metropolitan Shanghai yang lebih besar akan mencapai 50 juta penduduk pada tahun 2050. Ini akan memperburuk semua masalah yang dialami kota-kota padat, seperti infrastruktur yang tidak memadai dan polusi.

Dhaka, Bangladesh

Kota-kota terpadat di dunia 2022
Ilustrasi populasi penduduk/Foto: Unsplash.com/ChristopherBurns

Jumlah populasi saat ini: 22,47 juta penduduk.

Business Insider menyebut Dhaka sebagai kota terpadat di dunia pada tahun 2018. Alasan meningkatnya jumlah penduduk di Dhaka dikarenakan bencana alam akibat perubahan iklim yang mendatangkan malapetaka di kota dan desa asal mereka. Hal ini membuat seperempat penduduk Bangladesh hidup di bawah garis kemiskinan dengan perkiraan tiga juta penduduk tinggal di daerah kumuh Dhaka.

Sao Paulo, Brasil

Kota-kota terpadat di dunia 2022
Ilustrasi populasi penduduk/Foto: Unsplash.com/Scott Evans

Jumlah populasi saat ini: 22,42 juta penduduk.

Sao Paulo merupakan pusat budaya dunia yang canggih dan menjadi rumah bagi 26 miliarder, Sao Paulo juga merupakan kota imigran. Berdasarkan hasil survei yang dilakukan oleh University of Sao Paulo, sekitar 81 persen mahasiswa mengatakan bahwa mereka adalah keturunan imigran asing. Wilayah metropolitan ini diproyeksikan mencapai 23 juta penduduk pada tahun 2030.

Kota Meksiko, Meksiko

Kota-kota terpadat di dunia 2022
Ilustrasi populasi penduduk/Foto: Unsplash.com/Jacek Dylag

Jumlah populasi saat ini: 22,08 juta penduduk.

Selain menjadi pembangkit tenaga ekonomi, Kota Meksiko juga merupakan salah satu kota terpadat di dunia. Faktanya, sekitar 20 persen dari seluruh penduduk Meksiko tinggal di Kota Meksiko dan mengalami lonjakan pertumbuhan penduduk.

Lonjakan pertumbuhan berarti bahwa kota tersebut kesulitan untuk memenuhi layanan yang diperlukan bagi penduduknya, seperti perumahan. Populasi penduduk Kota Meksiko hanya tumbuh sebesar 0,76 persen dari tahun 2021 hingga 2022.

Lantas, Jakarta ada di urutan berapa? Mengutip detikEdu, Jakarta memiliki jumlah populasi penduduk mencapai 11,07 jiwa dan menempati peringkat 29 sebagai kota terpadat di dunia 2022.

Menurut PBB, jumlah populasi penduduk yang semakin meningkat akan menghadirkan banyak tantangan. Hal ini dikarenakan banyak negara ingin mencapai tujuan berkelanjutan pada tahun 2030. Semakin banyak jumlah manusia di Bumi, semakin banyak juga sumber daya yang dibutuhkan.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.