sign up SIGN UP

6 Kunci Sukses Interview User yang Wajib Dipahami, para Pencari Kerja Perlu Catat!

Cynthia Claudia | Beautynesia
Senin, 10 Jan 2022 06:15 WIB
6 Kunci Sukses Interview User yang Wajib Dipahami, para Pencari Kerja Perlu Catat!
caption

Memasuki Tahun Baru 2022, mungkin banyak dari kalian berpikir untuk mencari pekerjaan impian, terutama bagi para fresh graduate yang baru lulus. Salah satu tahapan dalam proses rekrutmen yang pada umumnya harus dilewati para pencari kerja adalah interview user.

Interview user merupakan proses wawancara terakhir yang melibatkan wawancara secara langsung dengan calon atasan dalam pekerjaan yang telah dilamar. Berikut deretan kunci sukses interview user agar kalian sebagai para pencari kerja dapat mempersiapkannya dengan matang, Beauties!

1. Memahami Pekerjaan yang Telah Dilamar 

kunci sukses interview user
kunci sukses interview user/ Foto: Pexels.com

Kunci sukses interview user yang pertama adalah kamu harus memahami pekerjaan yang telah dilamar. Pertanyaan paling mendasar dari interview user biasanya meliputi job description yang tertera dalam postingan lamaran kerja.

Maka, sebelum melaksanakan interview user, kamu harus memahami informasi terkait seluk beluk pekerjaannya dan keahlian apa saja yang dibutuhkan dalam pekerjaan tersebut. User pastinya akan lebih menghargai calon kandidat yang memahami seluk beluk pekerjaannya, dan mempertimbangkan keahlian kandidat. 

2. Memiliki Inisiatif untuk Bertanya Ketika Diberi Kesempatan 

kunci sukses interview user
kunci sukses interview user/ Foto: Pexels.com/ Christina Morillo

Pada akhir interview, biasanya user akan memberikan kesempatan pada calon kandidat untuk bertanya. Kesempatan bertanya ini sebaiknya Beauties manfaatkan untuk menggali informasi mengenai pekerjaan yang telah dilamar. 

Selain bermanfaat untuk mendapatkan informasi, inisiatif bertanya yang ditunjukkan akan memberikan kesan pertama yang baik kepada user. Kesan pertama ini menunjukkan bahwa dirimu benar-benar serius, antusias, dan tertarik dalam melamar pekerjaan tersebut. 

3. Menunjukkan Kepercayaan Diri 

kunci sukses interview user
kunci sukses interview user/ Foto: Pexels.com/ mentatdgt

Tidak hanya menyiapkan bahan-bahan yang ingin disampaikan dalam interview user, namun kamu juga perlu menunjukkan kepercayaan diri ketika interview. Kamu harus mempersiapkan dirimu agar kalimat yang disampaikan mudah dipahami, dan mimik wajah yang kamu tunjukkan harus mewakili kepercayaan diri.

Hindari menunjukkan mimik wajah yang terlihat bingung atau gugup ketika menjawab pertanyaan interview. Karena hal ini akan membuat kalian terlihat kurang persiapan di hadapan user.

4. Menjawab Pertanyaan di Waktu yang Tepat 

kunci sukses interview user
kunci sukses interview user/ Foto: Pexels.com/ Alex Green

Memahami kapan kamu harus menjawab pertanyaan dan bagaimana caranya juga tak kalah penting, Beauties. Contohnya, kamu sebaiknya mulai berbicara ketika dipersilahkan.

Kamu mungkin berpikir apakah boleh membicarakan hal-hal di luar konteks interview user. Topik pembicaraan di luar konteks interview user sebenarnya tidak masalah, namun kamu harus mengira-ngira momen yang tepat untuk membicarakannya agar bisa mencairkan suasana. 

5. Menunjukkan Sopan Santun 

kunci sukses interview user
kunci sukses interview user/ Foto: Pexels.com/ Fauxels

Sebagai calon kandidat pekerja profesional, tidak dapat dipungkiri bahwa setiap dari kalian dituntut untuk memiliki sopan santun. Berkomunikasi secara profesional dengan rekan kerja tentunya akan berbeda dengan berkomunikasi secara pribadi dengan teman kuliah, maka kamu harus mampu memahami perbedaan ini. 

Seorang user akan mampu mengukur kualitas seorang kandidat melalui sopan santun yang ditunjukkan ketika interview berlangsung

6. Datang ke Interview Tepat Waktu 

kunci sukses interview user
kunci sukses interview user/ Foto: Pexels.com/ Karolina Grabowska

Datang tepat waktu merupakan kunci kesuksesan interview user yang paling mendasar, namun seringkali diabaikan. Sikap datang tepat waktu juga menunjukkan bahwa calon kandidat siap melakukan interview dengan keyakinan dan persiapan yang matang. 

Calon kandidat yang telat datang akan memberikan penilaian yang kurang baik karena dianggap tidak profesional, Beauties. Maka, sebaiknya kalian datang 30 menit sebelum interview dimulai agar bisa meluangkan waktu untuk persiapan. 

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id