sign up SIGN UP

6 Tips Liburan Akhir Tahun Supaya Tetap Aman dan Sehat, Walau Gejolak Covid-19 Varian Omicron Mengancam!

Nisrina Salsabila | Beautynesia
Minggu, 12 Dec 2021 07:30 WIB
6 Tips Liburan Akhir Tahun Supaya Tetap Aman dan Sehat, Walau Gejolak Covid-19 Varian Omicron Mengancam!
caption

Liburan menjadi kesempatan refreshing yang diidam-idamkan di tengah masa pandemi Covid-19. Mumpung menjelang akhir tahun dan PPKM sedang level 1-3, banyak masyarakat yang mulai merencanakan liburan bersama keluarga dan teman-teman.

Eits! Liburan boleh, asalkan protokol kesehatan jangan sampai kendor selama beraktivitas. Pastikan kamu dan partner liburanmu selalu pakai masker, cuci tangan pakai sabun, jaga jarak, dan menjauhi kerumunan.

Biar liburanmu makin seru, simak tips-tips liburan saat pandemi yang aman dan sehat di sini yuk!

1. Tentukan dan Pilih Tempat Wisata yang Sepi

tempat liburan
Tentukan tujuan tempat liburan/Foto: Pexels.com/Pixabay

Di masa pandemi, lebih baik kamu mencari tahu dulu referensi sebelum berangkat ke destinasi wisata tertentu untuk memastikan kondisi dan fasilitasnya. Tentukan tema wisata dan tempat tujuanmu. Kemudian pilih destinasi wisata yang lebih sepi untuk menghindarkan wisatawan dari kerumunan.

2. Ketahui Jam-jam Sibuk dari Lokasi Destinasi

tempat liburan
Ketahui jam sibuk dari destinasi/Foto: Pexels.com/Brady Knoll

Setiap tempat wisata atau tempat makan populer pasti bakal lebih ramai pada jam-jam sibuk tertentu, terlebih sewaktu akhir pekan dan hari libur nasional. Untuk menghindari keramaian, sebaiknya cari tahu dulu jam sibuk dari destinasi wisatamu.

Selain itu tentukan juga rencana tujuan alternatif bila tempat yang kamu tuju selalu ramai pengunjung. Bila memungkinkan, pilih tempat yang menyediakan fasilitas reservasi demi kenyamananmu.

3. Pertimbangkan Staycation

tempat liburan
Staycation bersama teman-teman/Foto: Pexels.com/Diva Plavalaguna

Staycation juga bisa jadi ide menarik untuk menyegarkan pikiran di masa pandemi Covid-19. Nggak perlu menempuh perjalanan jauh, kamu bisa melakukan staycation di hotel, villa, resort atau apartemen bersama teman-teman.

Rencanakan aktivitas hiburan bersama yang bisa bikin agenda liburanmu makin seru. Misalnya, bikin pesta BBQ, karaoke-an, main kartu, berenang, menonton film atau sekadar bersenda gurau bersama.

4. Road Trip dengan Kendaraan Pribadi

tempat liburan
Road trip pakai mobil/Foto: Pexels.com/Sake Le

Road Trip atau melakukan perjalanan darat dengan memanfaatkan kendaraan pribadi akan lebih menjamin privasi. Biar lebih menambah pengalaman, coba ajak teman-temanmu buat road trip sambil touring menuju lokasi destinasi. Dengan begini kamu pun nggak perlu berjejal-jejalan dengan orang lain seperti kalau naik transportasi umum.

5. Batasi Interaksi

tips liburan
Batasi interaksi/Foto: Pexels.com/Kate Trifo

Sebisa mungkin hindari interaksi berlebih dengan orang lain selain partner liburanmu selama berwisata di masa pandemi Covid-19. Tips ini dilakukan untuk berjaga-jaga dari risiko penularan virus. Sebab tentunya kita tidak tahu bagaimana histori kontak langsung dari orang yang tidak kita kenal.

6. Jadikan Kesehatan Prioritas Utama

tips liburan
Kesehatan nomor satu/Foto: Pexels.com/Polina Tankilevitch

Liburan bukan berarti kamu bisa mengabaikan kesehatan, lho. Satu hal penting yang mesti dilakukan sebelum maupun di tengah aktivitas liburan adalah memastikan tubuh dalam kondisi sehat.

Tetap istirahat yang cukup, makan tepat waktu, berolahraga, perbanyak minum air putih, dan bila perlu konsumsi vitamin supaya tubuh selalu fit. Jangan sampai, alih-alih makin segar usai liburan, eh, kamu malah sakit.

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id