sign up SIGN UP

7 Film Disney dengan Tokoh Perempuan yang Tangguh dan Kuat, Ada Favoritmu?

Riswinanti Pawestri Permatasari | Beautynesia
Sabtu, 23 Jul 2022 17:00 WIB
7 Film Disney dengan Tokoh Perempuan yang Tangguh dan Kuat, Ada Favoritmu?
caption

Bukan hanya anak-anak, film Disney nyatanya menarik perhatian berbagai kalangan usia. Tontonan ini tak hanya menyajikan kisah menarik dan menghibur, namun juga mengajarkan banyak nilai kehidupan.

Uniknya lagi, Disney adalah salah satu universe yang menyajikan banyak karakter perempuan yang tangguh dan kuat. Dalam banyak film, para tokoh perempuan ini memiliki jiwa kepimpinan tinggi, strategi yang cerdas, dan kekuatan yang mampu melawan dunia.

Siapa saja karakter perempuan yang tangguh dan kuat di film Disney? Berikut ulasannya, sebagaimana dilansir dari laman Movie Web.

1. Mulan (Mulan)

Mulan/Foto: princess.disney.com
Mulan/Foto: princess.disney.com

Mulan memutuskan bergabung ke dalam militer China untuk menggantikan ayahnya yang sudah lanjut usia. Keluarga tersebut tidak memiliki anak pria sebagai penerus, sehingga Mulan turun tangan mengemban berbagai tugas kemiliteran. Dia sempat diremehkan dan dianggap tidak layak, namun akhirnya justru menjadi sosok penting yang menyelamatkan negara dari kehancuran.

2. Lilo & Stitch (Nani)

Nani Pelekai/Foto: teenvogue.com
Nani Pelekai/Foto: teenvogue.com

Dalam kisah Lilo & Stitch, Nani Pelekai adalah remaja yatim piatu yang mau tak mau harus bertanggung jawab menjaga adiknya, Lilo Pelekai. Walaupun usianya masih sangat muda, dia adalah sosok yang sangat bertanggung jawab. Bahkan ketika Lilo menghilang, dia dengan tangguhnya melawan dan mengalahkan alien, salah satunya Stitch.

3. Elastigirl in The Incredibles (Helen Parr)

Helen Parr/Foto: disney.fandom.com
Helen Parr/Foto: disney.fandom.com

Berbeda dengan kisah Disney lainnya, tokoh utama dalam Elastigirl adalah seorang ibu bernama Helen Parr. Dalam kesehariannya, dia adalah perempuan yang sangat berdedikasi merawat anaknya, mulai dari memandikan hingga memastikan si kecil mendapat asupan makanan terbaik. Meski demikian, di luar itu dia juga sosok superhero tangguh yang sigap menyelamatkan kota dari kekacauan dan bahaya yang mengancam.

4. The Princess and the Frog (Tiana)

Tiana/Foto: princess.disney.com
Tiana/Foto: princess.disney.com

Tiana dalam kisah The Princess and the Frog adalah sosok gadis kulit hitam yang tinggal dalam lingkungan dengan komunitas kecil dan miskin. Namun kondisi yang serba kekurangan tak membuatnya menyerah. Dia punya mimpi mendirikan restoran, dan Tiana berusaha keras meraihnya. Dia melakukan berbagai pekerjaan hingga akhirnya berhasil membangun restorannya sendiri yang diberi nama Tiana’s Palace.

5. Brave (Merida)

Merida/Foto: princess.disney.com
Merida/Foto: princess.disney.com

Dalam kisah Brave, lingkungan tempat Merida dibesarkan masih sangat lekat dengan perjodohan. Namun gadis berambut merah menyala itu rupanya memiliki pemikiran lain. Dengan keahliannya memanah, Merida menunjukkan kepada dunia bahwa dia memiliki takdir yang lebih besar daripada sekedar menyerah pada perjodohan.

6. Moana (Moana)

Moana/Foto: disney.princess.com
Moana/Foto: disney.princess.com

Moana adalah perempuan yang percaya bahwa ada sebuah misi penting yang sedang menunggunya di pantai. Benar saja, saat dia memutuskan bertualang, dia pun terlibat pertarungan sengit untuk menyelamatkan Tahiti dari bahaya. Moana sendiri adalah salah satu tokoh Disney yang tidak diceritakan jatuh cinta dan menggantungkan diri pada sosok pangeran. Dia lebih percaya pada diri sendiri untuk meraih hal-hal yang lebih besar.

7. Raya and the Last Dragon (Raya)

Raya/Foto: movies.disney.id
Raya/Foto: movies.disney.id

Raya adalah seorang gadis yang memiliki misi menemukan naga legendaris. Tujuan misi ini tak lain adalah untuk menyelamatkan tanah kelahirannya, Kumandra, yang sedang di ambang kehancuran. Dia adalah sosok ksatria yang berjiwa pemimpin dan setia kawan.

Itulah beberapa film Disney yang menjunjung tinggi pemberdayaan perempuan. Tokoh-tokoh perempuan tangguh dan kuat di dalamnya seolah memberikan pesan bahwa siapapun, tak terkecuali perempuan, bisa meraih mimpi setinggi-tingginya dengan potensi yang ada di dalam diri. Karakter mana yang jadi favoritmu, Beauties?

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id