sign up SIGN UP

7 Kiat Mudah Agar Pekerjaan Selesai Tepat Waktu, Nggak Mepet Deadline yang Buat Stres!

Ratih Dewi | Beautynesia
Sabtu, 31 Jul 2021 15:00 WIB
7 Kiat Mudah Agar Pekerjaan Selesai Tepat Waktu, Nggak Mepet Deadline yang Buat Stres!
caption

Setiap pekerjaan yang kita lakukan pasti memiliki tugas berbeda-beda yang harus diselesaikan sebelum deadline atau tenggat waktu yang diberikan. Nah, Beauties pasti pernah ya, merasakan kesulitan menyelesaikan tugas dan pada akhirnya mepet dengan deadline yang diberikan. 

Tidak hanya membuat performa kerja jadi menurun, tapi juga membuat Beauties menjadi stres, bahkan overthinking memikirkan untuk menyelesaikannya. Untuk itu, berikut beberapa tips mudah dari Beautynesia yang bisa bantu kamu selesaikan pekerjaan tepat waktu dan nggak mepet dengan deadline.  

1. Buat To-Do-List dan Timeline Work

Buat To-Do-List dan Timeline Work
Buat To-Do-List dan Timeline Work/Foto : pexels.com/Ivan Samkov

Supaya tidak ada yang terlewat dan dapat terselesaikan semua, buatlah to-do-list tugas dari pekerjaan kalian yang harus dikerjakan pada hari itu. Dengan membuat daftar seperti ini memberi kamu kemudahan untuk monitoring tugas apa saja yang belum dan sudah dikerjakan. 

Jangan lupa juga membuat timeline work atau waktu untuk mengerjakan tugas tersebut, dari mulai bekerja sampai selesai bekerja. Gunanya supaya kamu bisa mengestimasi berapa lama waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan tugas tersebut dan selesai tepat pada waktunya.

2. Kerjakan Sesuai Skala Prioritas

Kerjakan sesuai Skala Prioritas
Kerjakan sesuai Skala Prioritas/Foto : pexels.com/RODNAE Productions

Buatlah skala prioritas dari to-do-list yang sudah kamu buat sebelumya, mulai dari yang paling penting harus selesai lebih awal, sampai yang bisa kamu selesaikan setelahnya. Gunanya skala prioritas ini membuat kamu tidak bingung, tugas apa saja yang harus dikerjakan duluan dan yang bisa dikerjakan nanti. 

Kamu bisa memberikan tanda seperti warna untuk menunjukkan bahwa tugas tersebut urgent atau harus diselesaikan lebih dahulu, lalu warna lainnya untuk tugas yang akan kamu kerjakan selanjutnya. 

3. Pastikan Alat Kerja dalam Kondisi Baik

Pastikan Alat Kerja dalam Kondisi Baik
Pastikan Alat Kerja dalam Kondisi Baik/Foto : pexels.com/Polina Kovaleva

Supaya tugas dari pekerjaan kamu terselesaikan dengan baik, pastikan sudah mempersiapkan alat kerja kamu dengan baik juga ya, Beauties. Seperti yang dilansir dari laman Indeed, sebelum memulai bekerja pastikan semua kebutuhan pekerjaan sudah disiapkan, misalnya koneksi internet yang baik, program aplikasi komputer yang memadai, dan beberapa data relevan. 

Kalau semua alat dan kebutuhan kerja sudah tersiapkan dengan baik, kamu bisa lebih mudah dan cepat menyelesaikan tugas kamu dan tidak membuang banyak waktu. 

4. Jangan Banyak Menunda

Jangan Banyak Menunda
Jangan Banyak Menunda/Foto : pexels.com/cottonbro

Setelah semua alat dan kebutuhan kerja kamu siap dan dalam keadaan baik, mulailah sesegera mungkin dan jangan banyak menunda. Kalau kamu terlalu banyak menunda memulai pekerjaan, maka akan membuat kamu menjadi malas dan membuang waktu untuk menyelesaikannya. 

Dengan memulainya lebih awal, kamu bisa memiliki banyak waktu untuk cek kembali tugas yang kamu sudah kerjakan sebelum kamu input atau serahkan ke orang lain. Hasilnya pun lebih optimal karena kamu kerjakan tidak terburu-buru. 

5. Tetap Tenang dan Fokus

Tetap Tenang dan Fokus
Tetap Tenang dan Fokus/Foto : pexels.com/Ivan Samkov

Lakukanlah dengan tenang, tidak perlu terburu-buru, dan pastikan dalam keadaan yang fokus. Kamu bisa jauhkan hal-hal yang membuat kamu tidak fokus saat bekerja seperti gadget, hewan peliharaan, atau hal lainnya yang bisa membuat kamu susah konsentrasi. 

Kamu bisa menyalakan musik dan aromaterapi, seperti lilin aromaterapi atau lainnya supaya lingkungan kerja membuat kamu tenang dan fokus. Kamu bisa gunakan aroma seperti lemon, sweet orange, peppermint, rosemary, atau lemon untuk membuat kamu tenang dan fokus, seperti yang dilansir dari laman Healthline. 

6. Tidur dan Istirahat yang Cukup

Tidur dan Istirahat yang Cukup
Tidur dan Istirahat yang Cukup/Foto : pexels.com/Ketut Subiyanto

Tidur yang cukup juga menjadi kunci utama supaya kamu lebih fokus dan tidak kelelahan ketika bekerja. Jika kamu banyak begadang atau jam tidur malam tidak cukup, maka di pagi hari kamu akan mudah lelah dan cepat mengantuk, yang buat kamu tidak fokus ketika bekerja. 

Jangan lupa juga, sempatkan untuk istirahat yang cukup disela-sela kamu bekerja supaya tidak stres dan kamu juga memiliki energi yang cukup. Kamu bisa melakukan meditasi, peregangan, makan camilan, atau lainnya. 

7. Konsumsi Makanan dan Minuman Sehat

Konsumsi Makanan dan Minuman Sehat
Konsumsi Makanan dan Minuman Sehat/Foto : pexels.com/Ella Olsson

Konsumsilah makanan sehat untuk sarapan dan makan siang, juga minuman berenergi supaya kamu tidak mudah mengantuk dan memiliki energi selama bekerja. Persiapkan juga camilan sehat seperti buah, jus, atau lainnya supaya kebutuhan nutrisi tubuh kamu tetap terpenuhi. 

Khususnya untuk Beauties yang WFH dan kesulitan menyelesaikan pekerjaan tepat waktu dan akhirnya mepet dengan deadline, bisa ikuti tips di atas ya, semoga membantu! 


Our Sister Site

mommyasia.id