BILLBOARD
970x250

8 Pelajaran Cinta Habibie-Ainun: Cinta dan Logika Harus Beriringan

tyana | Beautynesia
Kamis, 12 Sep 2019 06:45 WIB
8 Pelajaran Cinta Habibie-Ainun: Cinta dan Logika Harus Beriringan
Indonesia sedang bersedih, Presiden ketiga RI telah berpulang pada 11 September 2019. BJ Habibie merupakan sosok yang inspiratif termasuk perjalanan cintanya bersama sang istri, Ainun. Untuk mengenang kisah cinta keduanya, inilah 8 pelajaran cinta Habibie yang perlu kamu tahu.

BJ Habibie merupakan seorang tokoh inspiratif, tidak hanya dalam dunia ilmu pengetahuan dan teknologi, tetapi juga perjalanan cintannya bersama sang istri, Ainun. Keduanya dipertemukan saat remaja dan menjalin pernikahan selama 40 tahun. Sehingga tak salah perjalanan cintannya dijadikan film dengan judul "Habibie & Ainun". Inilah pelajaran cinta Habibie yang perlu diterapkan.


Seorang Suami yang Baik


Foto: https://www.instagram.com/ikhwanabdulrahman/

Salah satu kata-kata BJ Habibie untuk ibu Ainun adalah "Saya tidak bisa menjanjikan banyak hal. Tapi yang jelas, saya akan menjadi suami yang terbaik untuk Ainun". Habibie menjelaskan bahwa seorang laki-laki harus bertanggung jawab terhadap orang dicintainya. Dari sini kita dapat menarik pelajaran yang berharga, dimana untuk mencintai sesorang tak hanya perlu kata-kata, tetapi tindakan yang membuat orang yang kita cintai mendapatkan kebahagian. 


Menerima Pasangan Apa Adannya


Foto: https://www.instagram.com/melaniesubono/

Perjalanan cinta keduannya selama 40 tahun yang penuh cinta dan kebahagian, memberikan pelajaran berharga untuk kita semua. Dimana kebahagian ini tercipta dari adanya saling menerima satu sama lain seperti Habibie quotes ini " Masa lalu saya adalah milik saya, masa lalu kamu adalah milik kamu. Tapi masa depan adalah milik kita". Masa lalu bukan untuk diperdebatkan, tetapi menjadi pelajaran untuk mendapatkan masa depan yang lebih bahagia.


Kebahagian Adalah yang Terpenting


Foto: https://www.instagram.com/dhanyazzurri/

Perjalanan cinta Habibie Ainun memberikan pelajaran berharga tentang makna dari cinta. Dimana hal yang penting dari mencintai adalah kebahagian bukan kesempurna. Seseorang yang sempurna belum tentu membuat kita bahagia, tetapi yang membuat kita bahagia, akan terlihat sempurna. Seperti BJ Habibie quotes ini " Tak perlu seseorang yang sempurna. Cukup temukan orang yang selalu membuatmu bahagia dan membuatmu berarti lebih dari siapa pun


Saling Memiliki Satu Sama Lain


Foto: https://www.instagram.com/nurlailiia.tulakbar/

Perjalanan cinta akan bahagia apabila kita saling menerima dan memiliki satu sama lain. Saling memiliki satu sama lain berarti kita dapat mengerti dan memahami apa yang pasangan kita rasakan. Walaupun manusia tak bisa membaca pikiran sesorang, tetapi saat kita mencintai seseorang kita harus dapat memahami tentang dirinya. Hal ini dapat kita pelajarai dari kisah cinta Habibie Ainun dengan kata-kata yang pernah diucapkan pak Habibie ini "Antara saya dan Ainun, adalah dua raga namun dalam satu jiwa". 


Cinta dan Logika Harus Beriringan


Foto: https://www.instagram.com/wiwie_72/

Mencintai tanpa logika, mungkin akan menyebabkan ketersesatan. Berpikiran tanpa mencinta mungkin hanya akan ada kehampaan. Dari kisah Habibie Ainun kita mengerti bahwa kecerdasan pak Habibie akan sempurna dengan cinta dari ibu Ainun. Keduanya harus berjalan bersama, tanpa ada yang harus ditinggalkan, seperti kata-kata pak Habibie "Tanpa cinta, kecerdasan itu berbahaya, dan tanpa kecerdasan, cinta itu tidak cukup."


Fisik Bukan Hal yang Utama


Foto: https://www.instagram.com/bj._habibie/

Dalam mencintai seseorang fisik bukan hal yang utama. Bagaimanapun saat kita menemukan kecocokan satu sama lain, hal ini akan berkembang menjadi cinta. Fisik yang cantik ataun ganteng tak cukup membangun sebuah cinta apabila diantara keduannya tak ada kecocokan seperti Habibie quotes ini "Mau ganteng atau tidak, kalau hatinya tidak satu frekuensi, bagaimana?"


Kematian Bukan Perpisahan


Foto: https://www.instagram.com/aish_ambarwati/

Pada 2010, Ibu Ainun meninggal dikarenakan kanker ovarium yang dideritannya. Walaupun begitu cinta pak Habibie tak berakhir. "Walaupun raga telah terpisahkan oleh kematian, namun cinta sejati tetap akan tersimpan secara abadi di relung hati." ungkapan ini merupakan ungkapan cinta pak Habibie saat ibu Ainun meninggal. 


Merelakan Orang yang Dicintai


Foto: https://www.instagram.com/aish_ambarwati/

Saat kematian membuat Habibie Ainun berpisah, tetapi tidak cinta mereka. "Ainun, saya sangat mencintaimu. Tapi Allah lebih mencintaimu, sehingga saya merelakan kamu pergi." ungkapan ini merupakan keiklasan pak Habibie membiarkan orang yang dicintainya pergi. Kisah cinta yang tak hanya romantis tetapi juga inspiratif.

BJ Habibie meninggal pada 11 September kemarin, tetapi inspirasi dan pelajaran hidupnya akan selalu hidup dihati semua orang yang mencintai. Selamat jalan bapak teknologi Indonesia. Terimakasih untuk semua karya, pemikiran dan inspirasi yang telah diberikan.


(kik/kik)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE