8 Tips Mencari Pekerjaan untuk Fresh Graduate yang Bisa Dicoba

Laela Dzuhria Wahyudo | Beautynesia
Selasa, 18 Feb 2025 07:15 WIB
3. Menjaga Relasi
Ilustrasi relasi/ Foto: Pexels.com/Divinetechygirl

Beauties, kamu baru saja lulus kuliah dan sedang mencari pekerjaan? Bingung harus memulai dari mana? Tentu banyak sekali perusahaan-perusahaan yang sedang kamu 'incar', bukan?

Jika kamu masih bingung untuk menentukan hal-hal apa saja saat akan melamar pekerjaan, simak beberapa tipsnya berikut ini, yuk!

1. Melamar Pekerjaan Sejak Semester Akhir

Semester akhir memang waktu yang menyibukkan, mulai dari menyusun skripsi, sidang, dan lain sebagainya. Tapi, kamu perlu mengirim lamaran pekerjaanmu sejak saat ini.

Pasalnya, masa seleksi karyawan membutuhkan waktu yang panjang, jika kamu ingin tidak lama menganggur, kamu bisa mencoba melamar pekerjaan sejak semester akhir, Beauties.

2. Membuat CV yang Menarik

Cukup membuat satu lembar CV.

Ilustrasi membuat CV/ Foto: pexels.com/cottonbro/

Melansir dari laman Live Career, pekerjaan administrasi atau data entry memiliki banyak pelamar, kamu tentu harus bersaing dengan para job seeker lainnya. Oleh karena itu, buatlah CV atau data diri semenarik mungkin, ya!

3. Menjaga Relasi

Ilustrasi relasi/ Foto: Pexels.com/Divinetechygirl

Menurut laman Indeed, membangun relasi adalah hal penting untuk kamu yang baru memulai bekerja. Kamu bisa mencari pekerjaan melalui relasi yang kamu miliki.

Selain itu, kamu juga bisa mencari tahu background perusahaan, agar lebih memahami apakah perusahaan tersebut sesuai dengan yang kamu inginkan, sesuai dengan latar belakang pendidikan, dan sebagainya. 

4. Menuliskan Pengalaman

Tulislah pengalamanmu di dalam CV seperti pengalaman dalam berorganisasi, relawan, kepanitiaan, dan sebagainya agar menjadi nilai tambah saat HRD melihatnya, Beauties.

5. Menuliskan Keahlian

Menurut CNBC, skill atau keahlian terbagi dua, ada soft skill dan hard skill. Perusahaan tidak semata-mata mencari hard skill, namun juga mencari soft skill.

Hard skill meliputi, keahlian-keahlian dalam bidang pekerjaan, soft skill adalah keahlian dalam menata emosi, public speaking, problem solving, dan sebagainya. Beberapa keahlian tersebut juga dapat kamu tambahkan saat membuat CV.

6. Bersihkan Akun Media Sosial

Akun Media Sosial yang Terbatas atau Tidak Aktif/Foto: Pexels.com/Lisa Fotios

Ilustrasi media sosial/ Foto: Pexels.com/Lisa Fotios

Jika kamu mencantumkan akun media sosial, jangan lupa untuk menjaganya agar tetap bersih dari postingan yang kurang tepat, Beauties. Menurut Flexjob, rekruter akan mencari tahu dirimu melalui media sosial. Posting-lah hal-hal yang positif untuk menjaga reputasimu.

7.  Berlatih Interview

Tahap berikutnya, setelah memasukkan lamaran kerja pada perusahaan, adalah proses  interview.  Tidak ada salahnya kamu berlatih interview sebelum bertemu dengan rekruter.

Tidak hanya menjelaskan tentang diri, tetapi juga berlatih menjawab pertanyaan tentang perusahaan yang kita riset melalui internet.

8. Percaya Diri

Meski kamu belum memiliki pengalaman pekerjaan, tetaplah percaya diri dengan pengalaman organisasi dan skill yang kamu miliki. Tetap merasa percaya diri dan yakin dengan keterampilanmu, ya!

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(sim/sim)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE