Itulah sebabnya banyak bisnis dan online shop mulai melirik exposure dari selebgram sebagai media promosi yang menjanjikan. Sayangnya, beberapa selebgram kerap merasa bahwa mengirim endorse ke selebgram tidak selalu berhasil. Untuk itu, simak tips agar ensdorse selebgram berhasil berikut ini.
1. Pilih Selebgram dengan Branding yang Tepat
Tiap selebgram memiliki branding yang berbeda satu sama lain. Ada selebgram yang tampil dengan gaya casual, ada pula yang elegan dengan kehidupan glamournya. Di sisi lain, beberapa selebgram tampil dengan hijab modis kekinian. Tapi, ada pula yang menekankan nilai-nilai tertentu, seperti lingkungan, kesetaraan gender, hingga agama. Nah, kamu harus bisa menentukan selebgram dengan branding seperti apa yang bisa mewakilkan produkmu?
2. Ketahui Sebaran Pengikut dari Akun Selebgram
Pahami bahwa memiliki banyak followers tidak berarti seorang selebgram dapat membantu bisnismu meraih penjualan yang besar. Beberapa selebgram mungkin dapat membuat bisnismu "terlihat" di pasar. Namun, itu tidak selalu meningkatkan penjualan. Untuk itu, pahami sebaran pengikut yang dimiliki oleh seorang selebgram. Jika kamu sudah mengetahuinya, identifikasi apakah produkmu menarik bagi mereka?
3. Ketahui Jenis Exposure
Ada banyak tipe-tipe exposure yang ditawarkan oleh para selebgram berdasarkan jenis postingan yang akan ditampilkan. Mulai dari postingan pada Instagram feed, Instagram story, atau IGTV. Tiap postingan memiliki harga yang berbeda. Namun, pertimbangkan baik-baik bahwa tidak semuanya akan memberikan efek yang sama. Biasanya, kebanyakan orang memilih promosi melalui Instagram story karena lebih memberikan engagement yang tinggi pada para followers-nya.
4. Cari Tahu Terms and Conditions
Ketahui juga bahwa tiap selebgram memiliki aturannya tersendiri dalam kerjasama endorsement. Beberapa yang masih baru mungkin lebih mudah untuk diakses. Namun, beberapa selebgram yang sudah lebih profesional banyak yang menggunakan manajemen dan hanya membuka endorsement di waktu-waktu tertentu.
Pahami juga tiap aturan dengan detail agar kamu dapat mempertimbangkan apakah kerjasama endorsement dengan selebgram ini sekiranya akan tepat untuk dilakukan atau tidak. Ingat, beberapa selebgram bahkan tidak memberikan batasan pasti kapan akan mengunggah postingan promosinya. Kasus-kasus ini kerap merugikan para online shop.
5. Ikuti Aturan yang Berlaku
Terakhir, baca betul tata cara kerjasama endorsement dengan baik dan benar. Pahami formal e-mail atau chat yang tertera. Biasanya, penawaran kerjasama yang tidak sesuai aturan akan dilewatkan. Pahami juga aturan pengiriman barang agar produkmu dapat dipromosikan tepat waktu dengan hasil yang memuaskan.