STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600

Agar Lebih Fokus, Ini 5 Cara Meningkatkan Konsentrasi Saat Kuliah Online

Rumaysha Milhania | Beautynesia
Jumat, 02 Oct 2020 10:00 WIB
Agar Lebih Fokus, Ini 5 Cara Meningkatkan Konsentrasi Saat Kuliah Online

Kuliah online memberikan lebih banyak cerita dengan suka dukanya tersendiri. Namun, kebanyakan dari mahasiswa mengaku tidak bisa fokus saat mendengarkan kuliah dari dosen dan kesulitan untuk menyelesaikan tugas. Nah, berikut ini adalah beberapa tips menjalani kuliah virtual agar lebih efektif dan efisien.

Luangkan waktu untuk sedikit berolahraga, mandi, dan sarapan untuk memberimu dorongan energi sepanjang hari.
Kuliah Online/ Sumber: Freepik.com

Mulailah Hari dengan Kondisi yang Segar

Jika kamu terbiasa mandi dan sarapan sebelum berangkat kuliah, jangan lewatkan ini saat kamu menjalani kuliah online sekalipun! Luangkan waktu untuk sedikit berolahraga, mandi, dan sarapan untuk memberimu dorongan energi sepanjang hari.

Bersiaplah

Selalu sadari materi belajar untuk tiap kelas yang sedang kamu ambil. Untuk memastikan kamu berada dalam pemahaman yang tepat, upayakan untuk bersiap dengan mempelajari materi sebelum kelas dimulai. Bacalah silabus kelas untuk bisa lebih siap saat mendengarkan penjelasan dosen.

Pilih Lokasi Belajar yang Nyaman

Pastikan tempat belajar kamu nyaman. Kamu harus berada di ruangan yang cukup terang untuk menghindari ketegangan mata yang bisa menyebabkan sakit kepala atau kantuk. Hindari area yang terlalu nyaman, seperti tempat tidur dan sofa karena kemungkinan akan membuat kamu mengantuk dan tertidur.

Kamu harus berada di ruangan yang cukup terang untuk menghindari ketegangan mata yang bisa menyebabkan sakit kepala atau kantuk.
Kuliah Online/ Sumber: Freepik.com

Hindari Gangguan

Matikan TV dan ponsel. Letakkan tanda 'jangan ganggu' di pintu kamarmu. Mungkin akan sulit untuk tidak membuka ponsel saat belajar di rumah. Namun, paksakan diri dengan meletakkannya jauh dari tempat belajarmu.

Tetapkan Jadwal

Buat jadwal belajar dengan menemukan zona nyaman sesuai preferensi. Jadwalkan pekerjaan terberat di saat kamu merasa paling energik dan saat kemampuan konsentrasi kamu berada di puncaknya.

Buat Rencana Belajar

Setiap hari, buat daftar tugas dan kelas yang perlu kamu selesaikan, seperti menyelesaikan bacaan, mengerjakan pekerjaan rumah, membuat karya tulis, belajar untuk kuis dan ujian, hingga mempersiapkan tugas akhir. Tetapkan batas waktu yang masuk akal untuk setiap tugas. Ini akan membantu kamu menghindari kebiasaan menunda.

Istirahat

Jangan memaksakan diri untuk fokus lebih dari 2 jam. Cari waktu untuk bersantai. Mainkan permainan, berbicaralah dengan teman, berjalan-jalan, makan buah-buahan segar dan jus, dan minum banyak air.

Untuk itu, cobalah gunakan alat fisik seperti pena, kertas, buku atau print-out materi sesekali untuk mengurangi screentime berlebihan.
Kuliah Online/ Sumber: Freepik.com

Gunakan Media Offline

Menatap layar komputer selama berjam-jam akan membuat pikiran kamu mati rasa. Untuk itu, cobalah gunakan alat fisik seperti pena, kertas, buku atau print-out materi sesekali untuk mengurangi screentime berlebihan.

 

(arm2/arm2)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE