sign up SIGN UP

Anak Muda di China Saat Ini Kompak Berhemat, Rela Turunkan Gaya Hidup Mewah! Ternyata Demi Hadapi Ini

Tim Redaksi CNBC | Beautynesia
Selasa, 20 Sep 2022 17:15 WIB
Anak Muda di China Saat Ini Kompak Berhemat, Rela Turunkan Gaya Hidup Mewah! Ternyata Demi Hadapi Ini
caption
Jakarta -

Masyarakat China, termasuk anak muda di dalamnya, dikabarkan kompak untuk menurunkan gaya hidup mereka jadi lebih hemat.

Seorang konsultan pemasaran Shanghai yang berusia 39 tahun, Doris Fu, sempat membayangkan masa depan ia dan keluarga bisa hidup mewah. Tapi kini ia akui, jadi salah satu dari banyak orang China rentang usia 20-30 an, yang sebisa mungkin meminimalisir pengeluaran.

"Saya tidak lagi perawatan manikur, saya tidak menata rambut saya lagi. Saya telah membeli semua kosmetik buatan China (karena harganya yang murah)," kata Fu kepada Reuters, dikutip Senin (19/9).

"Dulu saya juga suka menonton dua film setiap bulan, tetapi saya belum pernah masuk ke bioskop sejak pandemi," tambah Fu, yang merupakan penggemar berat film.

People visit the Forbidden City in Beijing on June 7, 2022, after the government eased some Covid-19 restrictions with most museums resuming in the city. (Photo by WANG Zhao / AFP) (Photo by WANG ZHAO/AFP via Getty Images)Beijing city /(Photo by WANG ZHAO/AFP via Getty Images)/ Foto: Wang Zhao/AFP via Getty Images

Gaya hidup hemat ini juga gencar dipromosikan para influencer China, Beauties. Bahkan pengguna media sosial bernama Lajiang, mendapat ratusan ribu pengikut karena dirinya membuat tutorial hidup hemat.

Apa Penyebabnya?

Saat ini beberapa perusahaan di China diketahui telah terjadi pemotongan gaji hingga angka pengangguran di kalangan anak muda meningkat, Beauties. Bahkan menurut data yang dikumpulkan perusahaan rekrutmen online Zhilian Zhaopin, gaji rata-rata di 38 kota besar China turun 1% dalam tiga bulan pertama tahun ini.

Karenanya tak heran, kini masyarakat tengah menjaga diri dari ketidakpastian yang ada di depan mata.

Lantas apa yang menyebabkan hal tersebut? Lanjutkan baca di sini.

----

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id