sign up SIGN UP

Astronom Beberkan Kapan Matahari akan Mati, Lantas Bagaimana Manusia di Bumi?

Tim Redaksi CNBC | Beautynesia
Jumat, 15 Oct 2021 15:30 WIB
Astronom Beberkan Kapan Matahari akan Mati, Lantas Bagaimana Manusia di Bumi?
caption
Jakarta -

Beauties, seperti yang kita tahu, jika di dunia ini tidak ada yang abadi. Semua memiliki umurnya masing-masing. Termasuk Matahari yang merupakan penopang hidup pun, memiliki umurnya sendiri. 

Baru-baru ini sejumlah Astronom membeberkan kapan Matahari akan mati. Menurut prediksi, umur matahari hanya tinggal 5 miliar tahun lagi dari sekarang. Sehingga saat waktunya tiba, tata surya ini tidak akan bisa lagi menyinari siang hari.

Lalu, bagaimana saat tata surya kita setelah Matahari mati ini? Nah, kemungkinan besar saat hal ini terjadi bumi akan dihantam, tetapi Jupiter dapat bertahan.

Warna asli Matahari: Kalau memang tidak kuning, lantas apa?Prediksi Matahari Mati/ Foto: BBC Magazine

Ini merupakan prediksi astronom yang diterbitkan dalam jurnal Nature dengan menggunakan contoh dengan kejadian yang sama di tata surya yang lain. Para Astronom pun menemukan sistem tata surya lain yang terletak di dekat pusat Bimasakti melalui WM Keck Observatory di Hawaii. 

Di sana di temukan katai putih yang mati, namun ada planet mirip Jupiter dalam orbit mirip Jupiter yang tetap ada dan eksis.

"Bukti ini menegaskan bahwa planet yang mengorbit pada jarak yang cukup jauh dapat terus ada setelah kematian bintang mereka," ujar Joshua Blackman, peneliti postdoctoral University of Tasmania Australia.

Prediksi Matahari MatiPrediksi Matahari Mati/ Foto: Freepik.com/senivpetro

Ketika mati, Matahari diperkirakan akan melalui beberapa fase. Salah satunya akan berkembang menjadi raksasa merah yang disebut-sebut sebagai waktu paling kejam. Pada saat itu, bumi akan menjadi tidak layak huni. 

Saat bumi mendadak tidak layak huni ini, akankah membuat bumi hancur dan meluluhlantakkan manusia? Baca selengkapnya di sini.

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id