sign up SIGN UP

Bak Negeri di Atas Awan, 5 Tempat Wisata di Dataran Tinggi Dieng Ini Wajib Kamu Jelajahi!

Martatillah Nikita Karin | Beautynesia
Minggu, 12 Dec 2021 09:30 WIB
Bak Negeri di Atas Awan, 5 Tempat Wisata di Dataran Tinggi Dieng Ini Wajib Kamu Jelajahi!
caption

Dataran tinggi Dieng yang terletak di daerah Wonosobo, Jawa Tengah menyimpan sejuta pesona. Hawanya yang sejuk serta panorama alamnya sangat memanjakan mata.

Tidak heran, dataran tinggi Dieng menjadi salah satu destinasi wisata favorit bagi para traveler, terutama bagi mereka yang berburu keindahan sunrise. Pasalnya, pemandangan sunrise di dataran tinggi Dieng termasuk yang terbaik yang bisa dinikmati di Indonesia.

Lantas, seperti apa, sih, keindahan alam di kawasan dataran tinggi Dieng yang disebut-sebut sebagai negeri di atas awan? Yuk, simak beberapa tempat wisata berikut ini!

Puncak Sikunir

Panorama golden sunrise dari puncak Sikunir Dieng
Golden Sunrise/foto: instagram.com/terserahsultan

Puncak Sikunir adalah daya tarik utama saat kamu mengunjungi kawasan Dieng. Dari sini kamu bisa menyaksikan golden sunrise yang sangat indah. Perjalanan menuju Puncak Sikunir tidak begitu mudah untuk ditempuh, yakni harus melakukan tracking selama 30 hingga 45 menit.

Namun, kamu tidak perlu khawatir karena jalur tracking menuju puncak sudah dibuat semudah mungkin untuk pendaki pemula sehingga siapapun bisa melaluinya. Rasa lelah pun akan terbayarkan karena Dieng menjadi salah satu spot terbaik untuk menikmati sunrise di Indonesia, bahkan di Asia Tenggara! Hanya dengan Rp10 ribu kamu sudah bisa menikmati keindahannya.

Candi Arjuna

Candi Arjuna adalah salah satu destinasi sejarah di kawasan Dieng yang memiliki pemandangan yang sangat indah
Kawasan Candi Arjuna/foto: Dokumentasi Beautynesia

Kawasan candi Arjuna adalah peninggalan kerajaan Majapahit. Selain candi Arjuna, di sini kamu juga bisa menemukan candi Semar, candi Srikandi, candi Puntadewa dan candi Sembadra.

Di kompleks candi ini biasanya diadakan ritual upacara pemotongan rambut gimbal anak asli Dieng dalam acara Dieng Culture Festival. Harga tiket masuknya pun sangat terjangkau, hanya dengan Rp15ribu kamu sudah bisa berkeliling seputar kawasan candi Arjuna.

Kawah Sikidang

Kawah Sikidang merupakan kawah yang mengeluarkan belerang yang berbau menyengat
Berfoto di Kawah Sikidang/foto: Dokumentasi Beautynesia

Bau belerang yang menusuk akan menyambut kalian saat pertama menginjakkan kaki di kawah Sikidang. Ya, kawasan kawah ini merupakan kawah yang berisi belerang.

Maka, jangan lupa gunakan masker yang cukup tebal karena bau belerang yang menyengat serta jaket karena hawanya yang dingin. Selain pemandangannya yang indah, di sini kamu juga bisa menemukan pasar yang berisi banyak makanan dan oleh-oleh khas Dieng. Harga tiket masuknya pun terjangkau, hanya dengan Rp15 ribu saja.

Dieng Plateau Theater

Di theater arena ini kamu bisa menyaksikan film dokumenter tentang asal usul, kebudayaan, hingga kehidupan masyarakat Dieng
Dieng Theater Area/foto: instagram.com/pesonadieng_jawatengah

Dieng Plateau Teather Area berada di desa Kejajar, kabupaten Wonosobo. Dieng Plateau Theater adalah gedung pertunjukan yang berisi sejarah dan kebudayaan masyarakat di dataran tinggi Dieng.

Bila berkunjung ke tempat satu ini, kamu akan diperlihatkan film dokumenter berdurasi 23 menit yang membahas tentang sejarah, asal-usul, kebudayaan hingga tradisi-tradisi masyarakat  Dieng. Dengan harga tiket masuk Rp10 ribu, kamu bisa belajar sejarah Dieng dengan cara yang menyenangkan. Seru!

Batu Pandang Ratapan Angin

Batu Pandang Ratapan Angin adalah kawasan dimana kita bisa menyaksikan Dieng dari atas ketinggian
Kawasan Batu Pandang Ratapan Angin/foto: instagram.com/explore_wisata_dieng

Tidak jauh dari Dieng Plateau Theater Area, kamu bisa menikmati pemandangan alam yang sangat cantik dari Batu Pandang Ratapan Angin. Namun, kamu harus menyiapkan fisik terlebih dahulu ya sebelum menuju Batu Pandang Ratapan Angin. Pasalnya, jalur trackingnya berupa tangga yang tidak sedikit. Jangan lupa juga membawa air minum karena sepanjang jalan menuju atas tidak tersedia penjual makanan.

Tapi saat kamu sampai di tempat tujuan, semua rasa lelah terbayarkan dengan pemandangannya yang sangat indah. Di sini kamu juga bisa berfoto dengan burung hantu lucu sambil istirahat sebelum menuju ke area Batu Pandang.

Jika mengunjungi Dieng saat musim hujan seperti sekarang ini, maka kamu tidak perlu khawatir merasakan udara yang terlalu dingin. Karena hanya bersaing dengan hujan yang bisa turun sepanjang hari. Kabut di daerah Dieng pun diketahui cukup tebal saat musim hujan seperti sekarang ini.

Namun jika kamu memutuskan untuk berkunjung ke Dieng saat musim kemarau, kamu akan menyaksikan keindahan panorama Dieng tanpa tertutup kabut dan bisa menyaksikan tetes embun yang menjadi es.  Karena saat musim kemarau, suhu dingin Dieng bisa mencapai titik beku, lho!

Tertarik untuk berkunjung ke Dieng, Beauties?

***

[Gambas:Youtube]

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id