sign up SIGN UP

Banjir Air Mata, Ini 5 Rekomendasi Film Indonesia yang Mengangkat Tema Perjuangan Seorang Ayah

Cynthia Claudia | Jumat, 12 Nov 2021 15:30 WIB
Banjir Air Mata, Ini 5 Rekomendasi Film Indonesia yang Mengangkat Tema Perjuangan Seorang Ayah
caption

Pada tanggal 12 November, masyarakat Tanah Air merayakan Hari Ayah Nasional. Sama seperti sosok seorang ibu, ayah juga merupakan tokoh yang patut diapresiasi karena merupakan kepala keluarga yang bertanggung jawab menafkahi kehidupan keluarga dan memberikan kasih sayang yang berlimpah. 

Untuk merayakan Hari Ayah Nasional bersama keluarga, tak ada salahnya jika kalian meluangkan waktu di rumah bersama keluarga untuk menonton film bertema perjuangan ayah, Beauties. Berikut adalah rekomendasi film indonesia terbaik dengan tema perjuangan seorang ayah pilihan Beautynesia, untuk meningkatkan suasana Hari Ayah Nasional.

1. Keluarga Cemara (2019) 

film indonesia
film indonesia/ Foto: Instagram.com/filmkeluargacemara

Film Indonesia dengan tema perjuangan seorang ayah ini dibuat kembali versinya yang populer pada tahun 1990an, tepatnya diangkat ke layar lebar pada tahun 2019.

Film ini mengangkat perjalanan hidup keluarga Abah (Ringgo Agus Rahman), Emak (Nirina Zubir), dan dua anaknya Euis (Zara eks JKT48) dan Ara (Widuri Putri Sasono). Suatu hari, abah mendadak bangkrut dan masalah ini membuatnya berpikir bagaimana harus mencari nafkah untuk menghidupi keluarganya. 

Sosok seorang abah dalam film ini digambarkan memiliki sifat yang sabar dan bijaksana. Meskipun ia memiliki masalah, ia tetap sabar menghadapinya dan jarang marah kepada anak-anaknya. 

2. Sabtu Bersama Bapak (2016) 

film indonesia
film indonesia/ Foto: imdb.com

Film Indonesia yang terinspirasi dari novel ini menceritakan tentang seorang ayah bernama Gunawan (Abimana Aryasatya), yang menghabiskan detik-detik terakhirnya bersama anak-anaknya sebelum ia meninggal. Ia meninggalkan banyak pesan untuk mereka sebelum meninggal. 

Film ini memberikan pesan moral bahwa kasih sayang yang ditunjukkan seorang ayah tidak ada batasnya, sama seperti seorang ibu. Meskipun dirinya dalam film ini sudah tidak ada, namun kehadirannya masih terasa dalam hidup anak-anaknya. 

3. Ayah Mengapa Aku Berbeda (2011)

film indonesia
film indonesia/ Foto: viu.com

Film ini menceritakan kasih sayang dan perjuangan seorang ayah (Surya Saputra) yang membesarkan putrinya (Dinda Hauw) yang merupakan seorang tuna rungu sendirian, karena ibunya telah meninggal.

Meskipun begitu, sosok ayah tersebut pantang menyerah dan terus semangat membesarkan anaknya hingga beranjak dewasa. Sosok ayah dalam film ini juga digambarkan selalu mendukung apa yang dilakukan putrinya. 

4. Tampan Tailor (2013) 

film indonesia
film indonesia/ Foto: imdb.com

Film Indonesia dengan tema perjuangan seorang ayah ini menceritakan perjuangan Topan (Vino G. Bastian), yang telah bangkrut dan pindah rumah untuk memulai kehidupan baru bersama anaknya, Bintang.

Memulai kehidupan baru ternyata tidak semudah yang dipikirkan, banyak konflik yang menimpa mereka. Film ini membuat penonton tersentuh karena sosok Topan sebagai seorang ayah yang menunjukkan kasih sayang dan bertanggung jawab penuh sebagai seorang single parent. 

5. Ayah Menyanyangi Tanpa Akhir (2015) 

film indonesia
film indonesia/ Foto: Youtube.com

Mengangkat alur cerita yang sama dengan Ayah Mengapa Aku Berbeda, film Indonesia ini menceritakan seorang ayah bernama Juna (Fedi Nuril) yang merawat anaknya, Mada (Naufal Azhar) yang sakit berat. Mada dirawat sendiri oleh ayahnya karena istrinya, Keisha, telah meninggal setelah melahirkannya. 

Meskipun menjadi seorang single parent, Juna menunjukkan kasih sayang penuh pada anaknya meskipun diberikan cobaan. Hingga suatu hari, ia pun harus kehilangan anak satu-satunya yang dicintainya. 

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id