STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600

Baru Pertama Kerja, 4 Kesalahan Atur Gaji Ini Jangan Sampai Terjadi!

Anindya Milagsita | Beautynesia
Sabtu, 04 Sep 2021 17:00 WIB
Baru Pertama Kerja, 4 Kesalahan Atur Gaji Ini Jangan Sampai Terjadi!

Buat kamu yang baru pertama kali bekerja atau first jobber, mengelola gaji tentu nggak mudah buat dilakukan. Terlebih di momen ini ada kebahagiaan dan kebanggaan tersendiri karena akhirnya bisa memiliki pendapatan sendiri. 

Nggak jarang, pengelolaan keuangan pun bukan jadi prioritas utama karena sebagian orang akan menggunakan momen ini untuk memenuhi semua kebutuhan ataupun keinginan yang sebelumnya belum tercapai. Padahal mengelola pendapatan alias gaji penting dilakukan, karena bisa dijadikan penentu pencapaian tujuan keuangan di masa depan, lho.

Nah agar pengelolaan gaji pertama kamu tepat dan bisa lebih baik lagi, mulai sekarang hindari deretan kesalahan ini. Catat, ini dia kesalahan dalam mengatur penghasilan gaji yang wajib dihindari! 

Terlalu Boros

Terlalu boros menjadi salah satu kesalahan dalam mengatur keuangan gaji.
Kesalahan mengatur gaji yang sering dilakukan para fresh graduate/unsplash/Kelly Sikkema

Kesalahan pertama yang seringkali dilakukan oleh seseorang yang baru pertama kali bekerja adalah menghabiskan gajinya tanpa sisa, Beauties. Meskipun momen ini terkadang jadi ajang bagi kamu memenuhi semua kebutuhan maupun keinginan, pastikan untuk nggak menggunakannya secara boros, ya.

Dibanding menghabiskan semua uang gaji kamu, coba bikin skala prioritas kebutuhan mana saja yang harus dipenuhi saat ini dan mana yang bisa ditahan terlebih dahulu. Cara mengelola penghasilan yang satu ini bisa membantu kamu terhindar dari kebiasaan boros.

Tidak Mencatat Keuangan

Tidak mencatat keuangan bisa menjadi salah satu kesalahan dalam mengatur uang gaji.
Kesalahan mengatur gaji yang sering dilakukan para fresh graduate/freepik/rawpixel.com

Melakukan pencatatan keuangan juga penting buat dilakukan, Beauties. Mengabaikan kebiasaan yang satu ini justru menjadi kesalahan mengelola pendapatan atau gaji yang sering banget dilakukan. Lewat adanya catatan keuangan ini kamu bisa memantau uang gaji selama ini dipakai untuk apa saja.

Kamu bisa mulai langkah sederhana dengan membiasakan diri mencatat pemasukan dan pengeluaran secara rutin. Selain itu, menyimpan nota atau struk pengeluaran bisa memudahkan kamu dalam mencatat sudah habis ke mana aja gaji kamu.

Membeli Rumah Saat Belum Siap

Membeli rumah saat belum siap finansial menjadi salah satu kesalahan dalam mengatur gaji.
Kesalahan mengatur gaji yang sering dilakukan para fresh graduate/freepik/rawpixel.com

Selanjutnya, kesalahan mengelola pendapatan yang satu ini cukup jarang terjadi, tapi nggak menutup kemungkinan bisa kamu alami. Saat telah memiliki gaji atau penghasilan tetap tiap bulannya, tak jarang kamu pun tertarik untuk mengambil angsuran baik itu berupa kendaraan ataupun rumah.

Saat pengelolaan keuangan kamu belum sepenuhnya matang, kondisi ini justru bisa merepotkan, lho. Seperti yang dilansir dari detikFinance, ada banyak pertimbangan saat seseorang memilih untuk mengambil angsuran rumah. Seperti bunga kredit, pajak, biaya pemeliharaan, sampai perbaikan yang tak terduga. 

Kalau kamu belum memiliki penghasilan yang mendukung semua pengeluaran tadi, mungkin memang belum saatnya kamu untuk siap membeli rumah. Kamu pun bisa menunggu terlebih dahulu sampai keuangan kamu siap, Beauties.

Kurang Mencermati Detail Gaji

Tak melihat rincian gaji menjadi salah satu kesalahan dalam mengatur keuangan.
Kesalahan mengatur gaji yang sering dilakukan para fresh graduate/unsplash/Bady Abbas

Kurang mencermati rincian gaji juga menjadi salah satu kesalahan dalam mengelola pendapatan yang seringkali disepelekan. Dilansir dari CNBC, membelanjakan gaji lebih dari perhitungan bisa cukup menyulitkan, Beauties. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui rincian gaji yang kamu dapatkan dari pihak perusahaan atau kantor tempat bekerja.

Tiap tempat bekerja tentu punya kebijakan masing-masing tentang pemotongan gaji karyawannya. Baik untuk asuransi kesehatan, pajak, hingga berbagai potongan lain yang harus kamu perhatikan. Lewat cara ini nantinya kamu bisa mengalokasikan besaran gaji yang didapat untuk dibagi-bagi dalam pos pengeluaran kebutuhan sehari-harinya.

Nah, itu tadi sederet kesalahan yang nggak jarang dilakukan oleh para seseorang yang pertama kali bekerja.

Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE