STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600

Bebaskan Diri dari Masa Lalu, Berikut 5 Kiat Memaafkan dan Menerima Kegagalan Diri Sendiri

Novianty Aulia Anjani | Beautynesia
Minggu, 10 Oct 2021 15:00 WIB
Bebaskan Diri dari Masa Lalu, Berikut 5 Kiat Memaafkan dan Menerima Kegagalan Diri Sendiri

Keinginan untuk selalu melakukan segalanya dengan baik, membuat kita cenderung menyalahkan diri sendiri ketika gagal di tengah perjalanan. Ketidakmampuan mencapai standar yang kamu buat sendiri, akhirnya membuatmu kesal dan membuang jauh impian yang telah dipendam.

Semakin dalam tenggelam pada rasa kecewa, rupanya malah membuat diri kamu sulit untuk berkembang.

Dampaknya berbagai pemahaman baru yang seharusnya bisa kamu dapatkan malah tertutupi oleh besarnya perasaan kesal, sehingga diri kamu mengelak untuk menerima hal-hal baru di sekitarmu.

Meskipun sulit, berikut Beautynesia telah merangkum 5 kiat untuk membebaskan diri dari kegagalan di masa lalu. Yuk, simak artikel di bawah ini. 

Kegagalan adalah Milik Semua Orang

Kegagalan adalah milik semua orang. Jadi, jangan merasa bahwa diri kamu yang paling buruk.
Tidak hanya kamu yang pernah mengalami kegagalan/Foto:Freepik.com/Tirachardz

Salah satu alasan mengapa kamu sulit memaafkan diri sendiri ialah pemikiran bahwa kegagalan hanya milikmu dan tidak berlaku untuk orang lain. Bukannya termotivasi, kamu malah akan terus menyudutkan diri sendiri dan tidak ada kemajuan yang kamu dapatkan.

Beauties, selalu tanamkan keyakinan bahwa setiap orang memiliki lembar kegagalannya masing-masing. Setiap orang yang kamu kagumi keberhasilanya, mungkin saja telah melalui kegagalan yang membuat mereka bangkit hingga seperti ini.

Yakinlah, kekuatan yang kamu miliki jauh lebih besar dari kekalahanmu saat ini!

Kegagalan adalah Pembelajaran Terbaik

Di balik sebuah kegagalan terdapat berkah dan segudang pembelajaran yang dapat kamu pahami.
Petik pelajaran dari kegagalan yang kamu hadapi/Foto:Freepik.com

Percaya atau tidak, kegagalan sebenarnya ialah sebuah berkah yang tersembunyi. Ya, terkadang sulit memang untuk melihat sisi positif dari sebuah kegagalan. Meskipun tidak nampak secara nyata, beragam sisi positif justru dapat kamu temukan jika kamu memahami lebih dalam kegagalan yang kamu rasakan.

Ketakutan akan gagal kedua kali membantu kamu dalam mengubah segala sudut pandang dan memberi sebuah pemahaman yang lebih luas dari sebelumnya. Gunakan kegagalan sebagai tahap untuk berkembang serta mengevaluasi diri dan susunlah kembali rencana untuk menggapai apa yang kamu inginkan.

Menjadi Teman untuk Diri Sendiri

Posisikan diri sebagai teman sekaligus teman terbaik untuk diri kamu sendiri.
Berikan dukungan untuk diri kamu sendiri/Foto:Freepik.com/Wayhomestudio

Seperti halnya dukungan yang kerap kamu berikan kepada orang lain, kamu juga harus memberikan perhatian yang sama terhadap dirimu sendiri. Tunjukkan kepedulian serta kasih sayang pada diri sendiri sebagai teman terbaik di kala situasi yang buruk seperti ini.

Dilansir dari laman The Hope Line, berbagai macam perubahan dapat dirasakan ketika kamu berhasil menjadi teman terbaik untuk dirimu sendiri. Mulailah dengan mengingat kembali tentang bagaimana perjuanganmu bertahan hingga sampai di titik yang saat ini. So, jangan pernah lupa mencintai diri kamu sendiri ya.

Jangan Dengarkan Mereka yang Tidak Suka

Biarkan saja mereka mengomentari hidupmu, selama kamu melakukannya dengan baik.
Tutup telinga terhadap semua komentar tidak baik/Foto:Freepik.com/Drobotdean

Tidak segalanya dapat kamu kendalikan, salah satunya perkataan dari orang sekitar. Beragam pertanyaan juga pernyataan, mungkin akan terus menghujam tatkala kamu dihampiri rasa gagal. Daripada menimbulkan sakit hati baik untuk kamu dan orang lain, diam sambil tutup telinga mungkin jadi pilihan terbaik.

Setiap orang pastinya memiliki pendapatnya tersendiri tetapi kembali lagi ini adalah perjalanan hidupmu bukan milik mereka. Tidak peduli sebanyak apapun kata yang mereka ucapkan, semua pilihan tetap ada di tanganmu sendiri. Selama yang kamu lakukan adalah baik, terus berusahalah dan jangan berikan telinga untuk sesuatu yang tidak penting.

Perbaiki Kesalahan dan Kembalikan Kepercayaan Diri

Langkah terbaik untuk memaafkan diri sendiri ialah mencari jalan keluar untuk memperbaiki semuanya.
Jangan hanya berdiam, lakukan langkah untuk memperbaiki diri sendiri/Foto:Freepik.com/Lookstudio

Langkah terbaik dalam memaafkan kesalahan ialah mencari jalan keluar untuk memperbaikinya, sekalipun untuk diri kamu sendiri. Sebanyak apapun dukungan dan motivasi tidak akan berarti apa-apa jika tidak diiringi oleh tindakan nyata dalam membenahi segalanya.

Seperti dilansir dari laman Very Well Mind, proses perbaikan kesalahan penting untuk kamu lakukan guna menutup lubang kegagalan yang terjadi di masa lampau.

Tak perlu buru-buru, pahami secara perlahan bagian mana yang dirasa kurang lalu tentukan tindakan apa yang perlu dilakukan ke depannya. Selain memecah masalah, hal ini juga memberikan perasaan tenang untuk diri kamu sendiri.

Jadi, sudahkah kamu mencoba memaafkan diri sendiri?

------------------------

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE