STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

Berakhirnya Kontrak Lisensi Global Spotify dan Kakao M Jadi Penyebab Hilangnya Sejumlah Lagu K-Pop dari Spotify

Anastasia Martina | Beautynesia
Selasa, 02 Mar 2021 10:30 WIB
Berakhirnya Kontrak Lisensi Global Spotify dan Kakao M Jadi Penyebab Hilangnya Sejumlah Lagu K-Pop dari Spotify

Kabar mengejutkan datang dari layanan streaming musik asal Swedia, Spotify. Platform streaming musik satu ini merilis pernyataan resmi mengenai hilangnya beberapa lagu K-pop hari ini. Beberapa penggemar terkejut mengetahui bahwa koleksi lagu idola mereka menghilang dari daftar putar.

spotify
spotify/sumber foto: soompi.com

Rupanya, pada 1 Maret 2021, Spotify mengumumkan bahwa kontrak lisensi global antara Spotify dan distributor musik Kakao M telah berakhir. Berakhirnya kontrak di antara kedua pihak ini menjadi penyebab hilangnya lagu K-pop yang didistribusikan oleh label musik Kakao M.

Lebih lanjut, layanan streaming musik yang berdiri sejak 2009 ini juga menjelaskan bahwa pihaknya telah berusaha sebaik mungkin selama satu setengah tahun terakhir untuk mengajukan perpanjangan kontrak dengan label Kakao M. Sayangnya, perpanjangan kontrak ini tidak berhasil dilakukan. 

gfriend
gfriend/ foto: instagram.com/gfriendofficial

Diketahui terdapat sejumlah artis K-Pop yang terdampak dari kejadian ini, seperti GFRIEND, MAMAMOO, Epik High, Seventeen, Momoland, SISTAR, Cravity, ONEUS, dan lainnya.

cuitan tablo epik high
cuitan tablo epik high/https://twitter.com/blobyblo/status/1366051073723494400

Kabar ini bahkan sampai ke anggota grup hiphop Epik High, Tablo. Tablo mengutarakan kekecewaannya dengan menulis sebuah cuitan. Diketahui bahwa album terbaru Epik High yang bertajuk Epik High is Here Part 1 telah ditarik dari Spotify.

Menurut Tablo, para seniman dan para penggemarlah yang paling merasakan dampak dari kejadian ini. Ia menyayangkan bagaimana menderitanya para seniman dan penggemar akibat tergerusnya produk seni oleh kepentingan bisnis.

pernyataan kakao m
pernyataan kakao m/sumber foto: soompi.com

Di sisi lain, setelah berita ini muncul, Kakao M kemudian merilis pernyataan bahwa Spotifylah yang memutuskan untuk tidak memperpanjang kontrak globalnya meskipun pihak Kakao M telah mengajukan permohonan untuk memperpanjang kontrak tersebut.

Kakao M juga mengklarifikasi bahwa pihaknya masih dalam proses negosiasi agar lagu-lagu distribusinya bisa hadir di Spotify Korea Selatan. Lebih lanjut, Kakao M juga masih dalam proses untuk memperpanjang kontrak global yang telah berakhir 28 Februari lalu.

Seperti diketahui, Spotify baru saja meluncurkan layanannya di Korea Selatan pada 1 Februari lalu. Sedangkan, Kakao M merupakan penanggung jawab dari layanan streaming musik Melon sekaligus distributor dari sebagian besar musik Korea. Menurut juru bicara dari Spotify, kesepakatan kontrak global ini tidak ada kaitannya dengan peluncuran Spotify di Korea.

 

(arm2/arm2)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE