sign up SIGN UP

Berencana Beli Mobil Pribadi? Catat, Ini Sejumlah Pengeluaran Rutin yang Perlu Kamu Siapkan

Fina Prichilia | Rabu, 17 Nov 2021 14:30 WIB
Berencana Beli Mobil Pribadi? Catat, Ini Sejumlah Pengeluaran Rutin yang Perlu Kamu Siapkan
caption
Jakarta -

Punya kendaraan pribadi menjadi impian kebanyakan orang, terutama bagi kamu yang sudah bekerja maupun berkeluarga. Biasanya dengan sejumlah penghasilan yang dimiliki, kemungkinan kamu lagi menimbang-nimbang apakah sudah mantap belumnya membeli mobil.

Tetapi nggak cuma beli gitu aja, Beauties. Karena kamu juga perlu memahami sejumlah pengeluaran rutin yang mesti disiapkan. Apa saja?

Cicilan Kredit

6 Kesalahan Mengelola Keuangan di Umur-20an/Foto:Freepik.com/User185260526 Kesalahan Mengelola Keuangan di Umur-20an/Foto:Freepik.com/User18526052/

Kalau kamu membeli mobil dengan cara mencicil, artinya ada pos pengeluaran rutin yang mesti disiapkan tiap bulannya, nih. Nah, jumlah uang yang kamu angsur beserta waktu mencicil dapat berbeda dari membeli lunas, karena ada bunga.

Para ahli keuangan menyebut, sebaiknya kalau punya cicilan yakni sebaiknya tidak lebih dari 30 persen dari penghasilan, agar kebutuhan lainnya tak terganggu.

Pengeluaran untuk Bensin

Bila kamu memilih mobil dengan bahan bakar bensin, maka untuk menunjang aktivitas, kamu jelas membutuhkan bensin hampir setiap minggunya agar kendaraanmu bisa beroperasi sebagaimana mestinya.

Mengutip dari detikFinance, kondisi macet di jalanan dapat sebabkan konsumsi BBM semakin boros saja, Beauties.

Biaya Perawatan Rutin

Suasana uji emisi di bengkel DLH DKI Jakarta / Kepala Seksi Penanggulangan Pencemaran Lingkungan DLH DKI Jakarta, Tiyana Broto AdiSuasana uji emisi di bengkel DLH DKI Jakarta / Kepala Seksi Penanggulangan Pencemaran Lingkungan DLH DKI Jakarta, Tiyana Broto Adi/ Foto: Rakha Arlyanto Darmawan/detikcom

Nggak cuma kulit yang harus dirawat rutin biar hasilnya dapat optimal. Tetapi mobil juga butuh perawatan secara berkala, seperti rutin mengecek oli, aki, ban, perbaikan, penggantian sparepart, juga cuci mobil.

Tarif Tol

Seperti yang sudah kita ketahui, keberadaan jalan tol bisa sangat membantu pengendara untuk bisa sampai ke tempat tujuan dalam waktu cepat, juga singkat. Tetapi, biaya tol ini setiap tahunnya semakin naik saja.

Pajak per Tahun

Selanjutnya adalah biaya pajak per tahun yang perlu kamu siapkan. Jumlahnya bisa berbeda tergantung apakah pemilik terkenal pajak progresif atau tidak, dan sebagainya.

Swift sengaja ditabrakan ke tembok demi asuransiSwift sengaja ditabrakan ke tembok demi asuransi/ Foto: Screenshot Youtube/detikcom

Biaya Asuransi

Bila kamu ingin mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan ke depannya, maka kamu bisa membeli asuransi mobil, terutama kalau mobilmu telah dibeli secara lunas.

Biaya Parkir

Bila kamu tidak punya garasi di rumah dan ingin menitipkannya ke lokasi parkiran berbayar yang tersedia di area rumahmu, atau area parkir kantor yang tidak menggratiskan karyawannya, maka kamu butuh mengalokasikan sejumlah dana.

-----------------

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation! Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id