sign up SIGN UP

Bermimpi Jadi Digital Nomad? 4 Situs Freelance Penghasil Banyak Cuan Ini Harus Mulai Kamu Coba!

Zulfa Farhuna | Beautynesia
Rabu, 11 May 2022 17:30 WIB
Bermimpi Jadi Digital Nomad? 4 Situs Freelance Penghasil Banyak Cuan Ini Harus Mulai Kamu Coba!
caption

Era digital seperti sekarang ini, hampir semua hal bisa dilakukan secara daring. Salah satunya yaitu bekerja, dengan begitu bekerja bisa dilakukan dimana saja dan kapanpun.

Bahkan pekerjaan yang dilakukan secara online nyatanya mampu menyerap lebih banyak tenaga kerja terampil dibandingkan pekerjaan kantoran yang biasanya memiliki segudang syarat.

Pekerja daring biasa disebut freelancer atau remote worker. Tapi pernah nggak sih Beauties lihat banyak banget anak muda yang sering liburan sana-sini tapi bawaannya laptop kemana-mana? Nah itu dia yang disebut dengan digital nomad.

Berdasarkan pengertiannya, digital nomad adalah seseorang yang bekerja lepas maupun jarak jauh yang berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Jadi, seseorang bisa berlibur sekaligus bekerja. Menarik, bukan? Kira-kira situs apa saja yang mereka pakai untuk menghasilkan uang? Simak selengkapnya di sini yuk!

1. Fiverr

salah satu marketplace jasa populer
fiverr/Foto: pinterest.com/1000logos

Bagi pekerja lepas, Fiverr merupakan aplikasi yang wajib dipunyai. Selain keamanan ganda yang menjamin data anda dan pelanggan aman, kemudahan dalam memulai berbisnis disini tidaklah diragukan lagi. Pencari kerja cukup mengisi gig-sebutan untuk lapak jualan di Fiverr. Gig sendiri berisi biodata penjual, portofolio, hingga jenis jasa yang akan penjual tawarkan.

Tentunya profil yang lengkap dan kompeten, akan menarik lebih banyak audience maupun buyer. Seiring bertambahnya pesanan, penjual akan naik level dengan sendirinya setelah menyelesaikan beberapa quest yang ada.

Semakin tinggi level si penjual, Gig tersebut akan semakin dipercaya dan dicari oleh pembeli. Saat penarikan uang pun, Fiverr menyediakan berbagai alternatif. Mulai dari Paypal hingga transfer langsung ke bank lokal si penjual.

2. Upwork

situs freelancing terpopuler
upwork/Foto: pinterest.com/Logo-Designer.co

Upwork merupakan situs yang sistemnya hampir sama dengan Fiverr. Dari sistem level up, penawaran, lapak jualan, dan sampai komisi yang diambil.

Bedanya, aplikasi ini menggunakan teknologi cloud. Pangsa pasarnya pun bisa dibilang mencakup hampir seluruh dunia. Ada banyak jasa yang ditawarkan di aplikasi satu ini, mulai dari jasa penulisan artikel, pembuatan website, data analisis, desain grafis, ilustrasi, penerjemah, hingga fotografi.

3. Toptal

toptal merupakan situs high rated freelancing
lama situs/pinterest.com/behance

Bagi pekerja lepas yang sudah kompeten, Toptal bisa menjadi pilihan site utama. Sebab, situs ini menawarkan jasa dari freelancer terbaik di seluruh dunia.

Buyer yang ada pun bukan dari sembarang perusahaan. Maka dari itu nggak heran jika bayaran cukup tinggi untuk sekali project. Sebelum mendaftar, pencari kerja wajib memasukkan portofolio yang berkualitas sesuai dengan bidang yang diminati. Singkatnya, Toptal adalah situs bagi freelancer top-rated dunia.

4. Projects.co.id

Situs Freelance Projects.co.idSitus Freelance Projects.co.id/ Foto: Screenshoot Projects.co.id

Ada beberapa kendala yang ada saat freelancer Indonesia memakai situs pencari kerja luar negeri. Salah satunya adalah penarikan dana yang dirasa rumit dan terpotong pajak yang lumayan banyak jika orderan masih sedikit. Oleh karena itu, banyak orang yang memulai kariernya lewat situs freelance dalam negeri, seperti. Projects.co. id

Projects.co.id memiliki sistem dimana freelancer lah yang mencari kerja sesuai bidangnya. Jika sama-sama setuju, maka freelancer akan dapat project dari si klien. Seiring berkembangnya waktu, penambahan fitur penjualan produk lebih memudahkan penjual untuk menjajakan jasanya.

Itu lah 4 situs freelance yang bisa menjadi rekomendasi bagi digital nomad pemula. Jangan lupa belajar hal baru dan asah skillmu selalu, Beauties!

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id