sign up SIGN UP

Biar Hidup Lebih Produktif, 5 Cara Memanfaatkan Waktu dengan Baik Ini Harus Mulai Dilakukan!

Octavia Dewi | Beautynesia
Kamis, 23 Dec 2021 06:15 WIB
Biar Hidup Lebih Produktif, 5 Cara Memanfaatkan Waktu dengan Baik Ini Harus Mulai Dilakukan!
caption

Beauties, waktu merupakan hal berharga yang tidak dapat diputar kembali. Maka dari itu, setiap orang harus dapat memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya.

Lakukan hal-hal produktif yang dapat membuat perubahan dalam hidup. Namun, sebagian orang belum mengetahui cara me-manage waktu dengan baik. Lalu bagaimana caranya? Nah ini dia cara memanfaatkan waktu dengan baik, yuk simak informasinya berikut ini, Beauties!

1. Lakukan Setiap Aktivitas Secara Seimbang

Lakukan setiap aktivitas secara seimbang
Lakukan Setiap Aktivitas Secara Seimbang/Foto: Pexels.com/Moose Photos

Cara memanfaatkan waktu sebaik mungkin yang pertama yaitu lakukan setiap kegiatan dengan sesuai jangan sampai berlebihan. Mulai dari bekerja, belajar, bermain handphone, bertemu teman, dan lain sebagainya sesuai dengan jadwal yang kamu buat.

Jangan sampai kamu menghabiskan waktu hanya untuk satu hal saja. Jika kamu pandai membagi waktu, pasti tidak akan terbuang sia-sia.

2. Luangkan Waktu Istirahat yang Cukup

Luangkan waktu istirahat yang cukup
Luangkan Waktu Istirahat yang Cukup/Foto: Pexels.com/Ketut Subiyanto

Meski menjadi produktif merupakan hal yang harus dilakukan, tetapi kamu jangan sampai melupakan waktu istirahat. Sebab, kurangnya waktu istirahat juga tidak baik bagi kesehatan.

Luangkan waktu istirahat yang cukup dan waktu tidur yang baik yaitu sekitar 7 jam hingga 8 jam dalam semalam. Istirahat juga membantu kamu menyegarkan pikiran yang penat setelah beraktivitas seharian.

3. Urutkan Berdasarkan Prioritas

Urutkan berdasarkan prioritas
Urutkan Berdasarkan Prioritas/Foto: Pexels.com/Karolina

Cara memanfaatkan waktu dengan efektif berikutnya yaitu dengan mengurutkan segala aktivitas kamu berdasarkan skala prioritas. Kamu dapat mengurutkan dari yang terpenting hingga yang paling tidak penting.

Biasakan menetapkan prioritas sebelum kamu mulai melakukan sesuatu agar segala aktivitas kamu dapat tertata dengan baik dan tidak berantakan ataupun melewatkan suatu hal penting.

4. Kurangi Aktivitas yang Tidak Berguna

Kurangi aktivitas yang tidak berguna
Kurangi Aktivitas yang Tidak Berguna/Foto: Pexels.com/Andrea Piacquadio

Kamu dapat mengurangi aktivitas yang kurang berguna dan cukup menyita waktu kamu. Diantaranya nongkrong, menonton film, bermain handphone, dan berbagai hal lain yang kurang bermanfaat.

Sebab, tanpa disadari aktivitas tersebut dapat membuat kamu lupa waktu. Kamu dapat menggantinya dengan melakukan hal yang lebih produktif.

5. Fokus dan Lakukan Kegiatan Sesuai Jadwal

Fokus dan lakukan kegiatan sesuai jadwal
Fokus dan Lakukan Kegiatan Sesuai Jadwal/Foto: Pexels.com/Christina Morillo

Jika kamu ingin lebih produktif dan bersenang-senang seharian, berarti kamu perlu mengatur jadwal yang telah kamu buat sebelumnya. Apabila kamu menghabiskan waktu untuk bermain tanpa membuat planning dengan jadwal yang telah dibuat sebelumnya maka pekerjaan dan tugas-tugas kamu akan keteteran. Disiplin dan me-manage waktu dengan bijak sangat diperlukan dalam menjalani aktivitas sehari-hari.

Nah Beauties, itu dia tips mengatur waktu supaya waktu kamu menjadi produktif dan tidak terbuang sia-sia. Mengatur jadwal, membuat planning dan disiplin adalah kunci agar waktu kamu menjadi produktif.

Sebab, waktu tidak dapat diputar kembali, maka dari itu jangan sampai menyesal telah menghabiskan waktu kamu secara percuma. Semoga bermanfaat!

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id