sign up SIGN UP

Biar Nggak Kalap, Kenalan dengan Mindful Shopping Agar Lebih Bijak Saat Berbelanja

Salsabila Rimawan | Beautynesia
Kamis, 10 Mar 2022 07:15 WIB
Biar Nggak Kalap, Kenalan dengan Mindful Shopping Agar Lebih Bijak Saat Berbelanja
caption
Jakarta -

Entah itu awal bulan, akhir bulan, ataupun sedang ada promo tanggal kembar, apakah kamu sering kalap belanja, Beauties? Bahkan mungkin, kamu juga bisa belanja hal-hal yang nggak terduga. Namun biasanya, kamu kerap menyesal karena menggunakan uangmu untuk suatu barang yang sebenarnya nggak terlalu dibutuhkan. Bisa relate?

Jika iya, ini saatnya kamu menghentikan kebiasaan tidak baik tersebut sebelum kamu menghabiskan uangmu dan menimbulkan perasaan bersalah. Yuk, coba kenalan dengan mindful shopping yang bisa membuatmu lebih bijak dalam berbelanja!

Apa Itu Mindful Shopping?

Biar Gak Kalap Belanja, Cara Mindful Shopping Bisa Kamu Terapkan Loh!
Mindful Shopping/Foto: pexels.com/Andrea Piacquadio

Mindful shopping adalah berpikir secara rasional dan sadar sebelum melakukan pembelian. Mindful shopping juga berarti tentang memahami apa yang akan dibeli, dari mana asalnya, dan alasan mengapa barang tersebut ingin dibeli, sebagaimana dikutip dari You Magazine.

Mindful shopping ternyata hadir untuk dijadikan respons terhadap kecenderungan seseorang yang rentan terhadap belanja impulsif dan kompulsif. Fenomena ini didukung oleh penelitian dari Dr Dimitrios Tsivrikos dari University College London, dikutip dari Readers Digest.

Dalam penelitiannya, ia menjelaskan bahwa otak mengalami lebih banyak ketidaknyamanan dan mendorong untuk melakukan tindakan dengan membelanjakan uang secara sembrono melalui penggunaan kartu kredit. Tentu, hal ini dikarenakan kemudahan yang ditawarkan.

Sehingga, mindful shopping ada untuk mengatasi permasalahan yang menjadi akar dari belanja yang impulsif ini. Selain itu, mindful shopping juga bisa mensejahterakan emosi dari seseorang, lho!

Kenapa Seseorang Bisa Melakukan Impulsive Shopping?

Biar Gak Kalap Belanja, Cara Mindful Shopping Bisa Kamu Terapkan Loh!
Mindful Shopping vs Impulsive Shopping/Foto: pexels.com/Pavel Danilyuk

Ternyata ada banyak faktor yang menyebabkan seseorang melakukan belanja impulsif, Beauties! Dilansir dari Magezon, organisasi Global Journal mendefinisikan karakter orang yang sering terjebak dalam impulsive shopping, yaitu sering berbelanja tanpa perencanaan, mudah tergoda karena ada promo besar-besaran, minim informasi tentang suatu produk hingga adanya rasa tidak enakan.

Kebiasaan berbelanja yang impulsif ini dapat berdampak serius pada kehidupan sehari-hari, termasuk penyesalan ketika sudah membeli barang tersebut, prioritas keuangan berantakan, dan peningkatan tingkat kecemasan.  Tidak jarang, belanja yang impulsif juga dapat menyebabkan hutang yang tidak perlu.

Cara Menerapkan Mindful Shopping

Biar Gak Kalap Belanja, Cara Mindful Shopping Bisa Kamu Terapkan Loh!
Terapkan Mindful Shopping/Foto: pexels.com/Anastasia Shuraeva

Agar lebih bijak dalam berbelanja, kamu bisa menerapkan mindful shopping dengan 6 cara mudah berikut ini: 

  • Bedakan antara kebutuhan dan keinginan.
  • Lihat kembali barang yang kamu punya.
  • Berbelanja dengan membuat daftar belanja.
  • Jangan mudah tergoda dengan promosi.
  • Hindari sikap FOMO dan membandingkan diri.
  • Belanja dalam keadaan emosi sedang stabil.

Jadi, apakah kamu sudah siap menerapkan mindful shopping, Beauties?

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id