sign up SIGN UP

Bikin Hidup Lebih Berkualitas, Caranya dengan 6 Kiat Merawat Kesehatan Mental Berikut

Novianty Aulia | Minggu, 31 Oct 2021 23:30 WIB
Bikin Hidup Lebih Berkualitas, Caranya dengan 6 Kiat Merawat Kesehatan Mental Berikut
caption

Tak cukup bugar secara fisik, hidup yang berkualitas juga didukung oleh mental yang sehat. Tahukah kamu, dalam mencapai kesejahteraan hidup ditentukan dari bagaimana kondisi mental seseorang.

Sehat secara mental dapat didefinisikan sebagai kondisi ketika seseorang mampu mengembangkan diri secara fisik, spiritual ataupun hubungan sosial. Dengan terjaganya kesehatan mental, kamu dapat bertumbuh dan menjalani keseharian secara baik serta dipenuhi rasa bahagia.

Bagi kamu yang masih sering mengalami kecemasan, berikut Beautynesia telah merangkum 6 kiat merawat kesehatan mental dengan baik. Yuk, simak selengkapnya berikut ini!

Penuhi Diri dengan Hal Positif

Penuhi diri dengan pikiran serta kegiatan yang positif.
Menjalani hari dengan segudang pikiran yang positif/Foto:Freepik.com/Artursafronovvv

Pikiran-pikiran buruk disertai rasa khawatir menjadi tantangan utama untuk kesehatan mental. Tidak menutup kemungkinan depresi bahkan stres dapat terjadi ketika kekhawatiran tersebut dibiarkan terlalu lama.

Untuk membentengi diri dari ancaman gangguan mental, penting bagi kamu untuk selalu mengisi diri dengan beragam hal positif. Tanamkan pikiran-pikiran baik terhadap segala sesuatu yang telah kamu kerjakan, sambil membiasakan diri untuk selalu berpikir positif tentang pencapaianmu.

Dengan terbentuknya pandangan baik akan segala hal, tidak ada lagi rasa takut atau khawatir terhadap sesuatu yang tidak perlu. Menjalani hari terasa lebih tenang sehingga kesejahteraan mental tetap terjaga dengan baik.

Olahraga

Selain menjaga kesehatan tubuh, rutin berolahraga juga dapat merawat kesehatan mental dan ketenangan dalam diri kamu.
Gunakan waktu senggang untuk berolahraga/Foto:Freepik.com/Senivpetro

Selain menjaga tubuh, olahraga menjadi aspek penting dalam membangun mental yang sehat. Dilansir dari laman Help Guide, olahraga secara teratur dapat meningkatkan suasana hati dan melepaskan hormon stres pada tubuh. Sejalan dengan studi yang dilakukan oleh Harvard T.H Chan School of Public Health di mana olahraga dapat mengurangi risiko depresi sebesar 26%.

Carilah aktivitas-aktivitas kecil seperti berjalan ataupun sekedar naik turun tangga untuk membuat tubuh lebih bergerak. Jika kamu memiliki waktu senggang lebih, pilihlah olahraga ringan seperti jogging, bersepeda atau yoga selama kurang lebih 30 menit hingga tubuhmu terasa lebih segar. Badan pun terasa sehat diikuti pula dengan jiwa yang lebih positif.

Jangan Menyimpan Masalah Sendirian

Menyimpan masalah sendiri malah membuatmu kalut dan sering merasa cemas. Berbagilah cerita terhadap orang yang kamu percayai.
Berbagi cerita terhadap orang terdekatmu/Foto:Freepik.com/Racool_studio

Anggapan diri sendiri selalu kuat membuat kamu gagal melihat kepedulian orang-orang di sekitarmu. Beban masalah yang terus saja kamu sembunyikan dan merugikan diri kamu sendiri.

Beauties, tidak ada yang salah ketika harus berbagi masalah dengan orang lain. Justru, kamu dapat bertukar pikiran dan menemukan beragam sudut pandang baru yang lebih positif akan kehidupanmu.

Keterbukaan dalam berbagi cerita juga membuat kamu merasa lebih dihargai oleh orang-orang di sekitar. Perasaan menyiksa yang selama ini kamu tanggung sendiri perlahan mulai menghilang dan segalanya menjadi lebih mudah untuk dijalani.

Bersyukur atas Diri Kamu Sendiri

Terima diri kamu apa adanya dan bersyukurlah terhadap pencapaian yang kamu miliki.
Berbahagialah terhadap apa yang kamu miliki/Foto:Freepik.com/Freepik

Setiap orang memiliki jalan atas pencapaian dalam hidupnya, begitu juga dengan kamu. Selalu hargailah segala usaha yang telah kamu lakukan bagaimanapun hasil akhirnya. Perasaan bangga akan diri sendiri membuatmu lebih bahagia dan bersyukur atas bagaimana kamu dengan apa adanya.

Perlakukan diri kamu dengan beragam kebaikan seperti halnya kamu memperlakukan orang lain. Kebiasaan ini akan membangun kepribadian yang lebih positif dalam melihat segala aspek pada kehidupan.

Ketimbang membandingkan diri dengan orang lain, lebih baik kamu berfokus pada pengembangan diri kamu sendiri. Bersyukur atas hal-hal kecil dapat membawa banyak manfaat baik untuk ke depannya.

Membangun Hubungan Baik dengan Orang Lain

Kualitas hubungan sosial yang baik dipercaya mampu menunjang kesehatan mental seseorang.
Menjalin hubungan sosial yang baik dengan orang lain/Foto:Freepik.com/Tirachardz

Ungkapan bahwa manusia senantiasa membutuhkan orang lain juga berlaku pada kesehatan mentalmu. Mengutip laman Mental Health Foundation, seseorang dengan hubungan sosial yang baik cenderung lebih sehat baik secara fisik ataupun mental.

Berinvestasi dalam membangun suatu hubungan sosial dapat memberikan perasaan positif serta rasa saling memiliki satu sama lain. Selalu bersikap baik dan ramah agar kedekatan tersebut terjalin dengan erat ya, Beauties. Ingat, jangan terfokus pada seberapa banyak teman tetapi bagaimana kualitas dari hubungan tersebut.

Terlalu menutup diri hanya akan membawamu pada rasa kesepian yang menyiksa. Beban hidup terasa lebih berat dan kesehatan bagi mental jadi sulit untuk direalisasikan.

Selalu Jujur Akan Perasaanmu

Selalu jujurlah terhadap apa yang kamu rasakan dan jangan memendamnya sendirian.
Jangan menyembunyikan perasaanmu sendiri/Foto:Freepik.com/Freepik

Tak cuma pada orang lain, kamu juga harus terbuka dengan diri kamu sendiri. Pilihan untuk terus membohongi diri sendiri malah memunculkan banyak kekhawatiran dan perasaan terbebani atas sesuatu yang kamu tutup-tutupi.

Selalu katakan tidak ketika tidak dan iya ketika memang kamu bersedia. Cobalah lebih teliti untuk mendengarkan kata hati sehingga kamu lebih memahami tentang apa yang sebenarnya kamu butuhkan. Ingat, perasaan negatif yang terlalu lama disembunyikan malah menjadi boomerang untuk diri kamu sendiri.

-------------------

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!


Our Sister Site

mommyasia.id