Bukan Multitasking, Ikuti 6 Kebiasaan Kecil Ini Agar Kamu Jadi Orang yang Lebih Produktif!

Dwi Lindah Permatasari | Beautynesia
Selasa, 04 Apr 2023 13:30 WIB
Bukan Multitasking, Ikuti 6 Kebiasaan Kecil Ini Agar Kamu Jadi Orang yang Lebih Produktif!
Bukan Multitasking, Ikuti 6 Kebiasaan Kecil Ini Agar Kamu Jadi Orang yang Lebih Produktif!/Foto: Unsplash/Jenny Ueberberg

Beauties, apakah kamu sering bertanya-tanya bagaimana caranya menjadi orang yang produktif? Jangan khawatir, kamu tidak sendirian. Banyak orang merasa jika mereka menjalani hari-harinya dengan tidak produktif. Terlebih, saat ini banyak pekerjaan yang bisa dilakukan dari rumah. Kamu justru mendapatkan banyak gangguan yang bisa mengalihkan fokusmu.

Kamu perlu membuat perubahan secepatnya untuk meningkatkan produktivitas dirimu sepanjang hari. Melansir dari Your Tango, ikuti 6 kebiasaan berikut yang dapat membantu kamu menjadi orang yang lebih produktif.

1. Susun Daftar Tugas

Susunlah daftar tugas/Foto: Unsplash/Jazmin Quaynor
Susunlah daftar tugas/Foto: Unsplash/Jazmin Quaynor

Menyusun daftar tugas secara sistematis bisa membantu kamu untuk mengatur waktu kerja yang tepat dan efisien. Mencoba mengingat semua hal yang harus kamu lakukan dalam sehari saja bisa sangat mengganggu ingatanmu. Maka kamu perlu menulisnya secara beurutan mulai dari yang paling penting agar bisa menjadi pengingat yang lebih sederhana. Kamu juga tidak akan melewatkan satupun tugasmu di hari tersebut.

2. Prioritaskan Satu Tugas untuk Satu Waktu

Prioritaskan satu tugas untuk satu waktu/Foto: Unsplash/Thomas Bormans
Prioritaskan satu tugas untuk satu waktu/Foto: Unsplash/Thomas Bormans

Selanjutnya, daftar tugas yang telah kamu buat secara tidak langsung membantu kamu untuk menentukan prioritas tugas yang harus kamu selesaikan. Kamu bisa mencoba mengikuti Matriks Eisenhower untuk menetapkan prioritas dengan empat poin berikut.

  • Tugas yang penting dan mendesak harus segera diselesaikan.
  • Tugas yang penting tapi tidak mendesak harus dijadwalkan di lain waktu untuk diselesaikan.
  • Tugas yang mendesak namun bisa kamu delegasikan kepada orang lain.
  • Bukan tugas mendesak ataupun penting yang bisa kamu hapus dari daftar tugas.

Sebagian orang mungkin masih percaya jika multitasking membuat kamu produktif, namun kenyataannya justru akan membuat banyak hal terbengkalai. Oleh sebab itu, menentukan prioritas tugas bisa mengidentifikasi tugas apa saja yang sebenarnya harus diselesaikan dalam waktu tertentu. Tidak semuanya, tapi bisa membuat kamu menjadi lebih produktif.

3. Identifikasi Waktu Produktif

Identifikasi waktu produktif kamu/Foto: Unsplash/Phil Desforges
Identifikasi waktu produktif kamu/Foto: Unsplash/Phil Desforges

Bicara tentang waktu produktif biasanya akan mengarang ke istilah night person ataupun morning person. Setiap orang memang mempunyai waktu tertentu dalam sehari di mana dirinya bisa menjadi lebih produktif dan fokus terhadap pekerjaannya. Melakukan identifikasi waktu ini sangat berguna untuk meningkatkan produktivitas kamu.

Kamu bisa memulainya dengan menguraikan apa yang perlu dilakukan setiap hari dan kapan akan melakukannya. Sebagai contoh, kamu memilih tugas yang harus kamu selesaikan dalam waktu 25 menit. Ketika 25 menit tersebut selesai, kamu bisa beristirahat atau melanjutkan tugas berikutnya. Manajemen waktu seperti ini sangat penting untuk mendorong dirimu agar selalu fokus dan percaya diri dalam menyelesaikan semuanya.

Bukan Multitasking, Ikuti 6 Kebiasaan Kecil Ini Agar Kamu Jadi Orang yang Lebih Produktif!

Bukan Multitasking, Ikuti 6 Kebiasaan Kecil Ini Agar Kamu Jadi Orang yang Lebih Produktif!/Foto: Unsplash/Jenny Ueberberg

4. Tentukan Waktu Istirahat

Orang yang produktif bukan berarti melakukan berbagai macam pekerjaan sepanjang hari. Kamu juga perlu menentukan waktu istirahat agar tidak jenuh dan stres. Tapi, jangan lupa masukkan waktu istirahat ini di daftar tugasmu agar tetap sistematis. Kamu bisa merencanakan untuk beristirahat selama 20 menit setelah kesibukan di pagi hari. Kemudian rencanakan waktu yang tepat untuk memulai pekerjaan selanjutnya sesuai jadwal yang telah kamu susun.

5. Jaga Dirimu

Jaga dirimu dari rasa lelah/Foto: Unsplash/No Revisions
Jaga dirimu dari rasa lelah/Foto: Unsplash/No Revisions

Bekerja dalam kondisi lelah justru akan mengurangi produktivitasmu. Hal ini juga bisa merusak jadwal tidur dan makan yang buruk karena terlalu banyak mencurahkan waktu untuk bekerja. Lebih baik bekerja selama satu jam dengan semangat daripada bekerja selama dua jam tetapi dalam kondisi kelelahan.

6. Mulai Saja Dulu

Mulai saja dulu/Foto: Unsplash/Dayne Topkin
Mulai saja dulu/Foto: Unsplash/Dayne Topkin

Salah satu hal yang paling sulit untuk melakukan sesuatu adalah memulainya. Jangan menunggu terinspirasi untuk memulai apapun yang ingin kamu lakukan. Menunggu untuk mendapatkan inspirasi hanya akan membuang banyak waktu. Kamu hanya perlu duduk dan memulainya sekarang juga!

Jadi, siap mengikuti 6 kebiasaan di atas untuk meningkatkan produktivitas hidupmu? Semangat, Beauties!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE