sign up SIGN UP

Bukannya Produktif, Tingkat Kecerdasanmu Malah Akan Menurun Karena 4 Kesibukan Ini

Rani Mutiara | Jumat, 24 Sep 2021 07:30 WIB
Bukannya Produktif, Tingkat Kecerdasanmu Malah Akan Menurun Karena 4 Kesibukan Ini
caption

Beauties, tahukah kamu bahwa terlalu sibuk juga bisa berisiko menurunkan tingkat kecerdasanmu? Coba amati, apakah selama ini kamu pernah merasa seperti sangat produktif namun di lain sisi kamu juga merasa kewalahan?

Bahkan mungkin kamu pernah mengalami pengalaman dimana awalnya kamu berniat untuk mengembangkan diri, ujung-ujungnya malah sibuk dan jadi mudah lelah. Kamu perlu tau bahwa kesibukan yang kamu pikir produktif ini malah justru sebaliknya.

Inilah 4 kesibukan yang seringkali kamu anggap produktif namun ternyata justru membuatmu jadi mudah lelah dan stres hingga bisa menurunkan kinerja otakmu.

1. Mengambil Banyak Tanggung Jawab Sekaligus

Hindari mengambil terlalu banyak tugas dan tanggung jawab sekaligus/Foto: Freepik.com/creativeart
Hindari mengambil terlalu banyak tugas dan tanggung jawab sekaligus/Foto: Freepik.com/creativeart

Mungkin kamu pernah berpikir bahwa dengan mengambil banyak tugas dalam suatu organisasi atau komunitas bisa membuatmu terlihat sangat aktif dan bertanggung jawab. Namun ternyata ambisi yang satu ini justru hanya merugikanmu lho, Beauties!

Karena kamu harus mempelajari dan menyelesaikan beberapa tugas sangat berbeda dalam satu waktu. Hal ini hanya akan memberikanmu tekanan yang besar dan akhirnya kamu menjadi kewalahan serta mudah stres.

2. Mengikuti Webinar Hampir Setiap Hari

Mengikuti berbagai macam webinar setiap hari/Foto: Freepik.com/tirachardz
Mengikuti berbagai macam webinar setiap hari/Foto: Freepik.com/tirachardz

Semakin ke sini, kesempatan untuk mengikuti berbagai macam webinar semakin terbuka lebar bagi siapa saja, baik yang berbayar maupun yang gratis. Mengikuti webinar memang merupakan salah satu cara untuk mengembangkan diri.

Namun, jika hampir setiap hari kamu selalu mengikuti webinar dan ditambah lagi dengan kesibukan lain, maka badan dan pikiranmu akan mudah lelah. Akhirnya yang tadinya mau mengembangkan diri dan menjadi produktif, ujung-ujungnya malah menyusahkan diri sendiri.

3. Terlalu Aktif Membuat Konten di Beberapa Akun Sosial Media

Terlalu sibuk membuat konten di beberapa akun sosial media/Foto: Freepik
Terlalu sibuk membuat konten di beberapa akun sosial media/Foto: Freepik

Menjadi seorang content creator sepertinya sudah banyak diminati sekarang ini karena menjanjikan pemasukan yang fantastis. Akhirnya, banyak orang yang berusaha aktif di berbagai sosial media supaya bisa menjangkau lebih banyak orang. Hal ini bisa saja terlihat produktif dan membuat orang lain iri dengan kesibukan kita, namun faktanya untuk mengurus satu akun sosial media saja itu nggak gampang.

Sehingga jika terlalu aktif di berbagai sosial media ini hanya akan menghabiskan waktu, tenaga dan pikiran saja. Kita juga bisa kecanduan sosial media yang berisiko dapat menurunkan kecerdasan otak karena terlalu banyaknya informasi yang diterima.

Jadi, daripada aktif di berbagai sosial media, alangkah baiknya kamu menentukan 1 sampai 2 akun sosial media saja yang perlu kamu fokusi untuk dikembangkan. Hal ini juga berlaku untuk pekerjaan ya, Beauties! Daripada punya 5 pekerjaan yang akhirnya nggak terurus semuanya karena kecapekan, lebih baik punya 1 atau 2 pekerjaan saja dan bisa dimaksimalkan hasilnya.

4. Mempelajari Beberapa Hal Berbeda dalam Satu Waktu

Mempelajari banyak hal yang berbeda sekaligus dalam satu waktu yang singkat/Foto: Freepik.com/wayhomestudio
Mempelajari banyak hal yang berbeda sekaligus dalam satu waktu yang singkat/Foto: Freepik.com/wayhomestudio

Ketika sekolah, pernahkah kamu merasa seperti nggak bisa mempelajari pelajaran apapun secara maksimal? Bahkan materi yang kamu pelajari hari ini pun sudah nggak bisa kamu ingat lagi keesokan harinya.

Hal ini dikarenakan pergantian jam pelajaran yang terlalu singkat setiap harinya di sekolah. Akhirnya kamu nggak bisa fokus ke satu materi dan sulit untuk mempelajarinya secara maksimal. Jika kamu nggak bisa memutuskan untuk fokus mempelajari satu sampai dua hal saja, maka kebiasaan yang satu ini hanya akan menurunkan kemampuan otakmu dalam mengingat materi yang kamu pelajari ke depannya.

Kesibukan-kesibukan di atas bisa memberikan beban yang cukup berat untuk tubuh dan pikiran kita, karena harus dipaksa bekerja lebih ekstra dalam waktu yang cukup lama. Jika kamu meneruskan kesibukan tadi yang kamu anggap produktif, lama-kelamaan kinerjamu akan semakin menurun karena menurunnya kemampuan otak dan tubuh yang sudah lelah dipaksa bekerja. Jadi, jangan sampai lupa untuk tetap menjaga kesehatan, ya, Beauties!

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id