sign up SIGN UP

Cara Bikin Perkenalan Diri Saat Wawancara Kerja Terkesan Baik dan Diingat Pewawancara

Fina Prichilia | Kamis, 18 Nov 2021 12:00 WIB
Cara Bikin Perkenalan Diri Saat Wawancara Kerja Terkesan Baik dan Diingat Pewawancara
caption
Jakarta -

Jadwal wawancara kerja sudah di depan mata. Rasa gugup dan takut melakukan kesalahan, bisa saja lagi kamu alami saat ini. Wajar saja kok, Beauties! Dan bukan hanya kamu yang mengalami hal ini.

Karenanya, sebaiknya kamu bisa berlatih terlebih dulu di depan kaca beberapa hari sebelumnya. Umumnya cara kamu membawa diri di awal perkenalan, akan menentukan kelancaran proses wawancara. Bila sedari awal kamu sudah luwes dan tenang, maka selanjutnya akan mengalir.

Hal-hal yang Perlu Dilakukan saat Bertemu Rekruter

Tips tidak Gugup saat Wawancara Kerja/Foto : freepik.comKiat tidak Gugup saat Wawancara Kerja/Foto : freepik.com

Bila wawancara kerja yang kamu jalani berlangsung tatap muka, dilansir dari laman Indeed, ada yang perlu dilakukan saat bertemu HRD maupun user.

Di antaranya kamu perlu tersenyum dan menjabat tangan rekruter. Tetapi karena masih masa pandemi seperti ini, maka bisa disesuaikan dengan melihat situasi apakah salam namaste atau menyilang telapak tangan kanan di dada kiri, sudah dirasa cukup.

Selanjutnya ketika pewawancara memperkenalkan diri dengan menyebut nama mereka, kamu bisa menanggapi sambil menyebut nama mereka dengan sopan.

Lalu mereka akan masuk pada tahap meminta kamu untuk memperkenalkan diri. Pastikan hanya hal-hal yang perlu saja yang disampaikan. Kementerian Ketenagakerjaan dalam unggahan pada akun Instagramnya mengungkap tiga menit awal perkenalan diri yang bikin pewawancara terkesan padamu. Cek dan coba latihan, yuk!

Terlalu lama bercermin bisa picu jerawat/Foto: freepik.comIlustrasi latihan wawancara di depan cermin. /Foto: freepik.com/

Menit Pertama

Kamu bisa menyebutkan nama lengkap dan nama panggilan, beserta jurusan/sekolah yang kamu tempuh.

Menit Kedua

Deskripsikan spesifikasi ringkas atau hal yang kamu pelajari sewaktu kamu kuliah atau sekolah.

Menit Ketiga

Pada menit ini kamu bisa menceritakan pengalaman kerja, atau organisasi terakhir di mana kamu terlibat di dalamnya.

Selamat mencoba dan semoga beruntung segera mendapat pekerjaan ya, Beauties!

-----------

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id