Cara Menulis Surat Lamaran Pekerjaan yang Baik dan Benar, Milenials Wajib Tahu!
Perhatikan Struktur Penulisan Surat Lamaran
Dalam menulis surat lamaran pekerjaan, kalian harus memperhatikan struktur atau hal apa saja yang harus ditulis dalam surat tersebut. Hal yang perlu kalian cantumkan antara lain: tempat dan tanggal pembuatan surat, alamat perusahaan yang kalian tuju beserta orang yang dituju apabila kalian mengetahuinya, salam pembuka, isi surat lamaran dengan mencantumka perihal dan lampiran yang disertakan, salam penutup, kemudian nama dan tanda tangan kalian sebagai pelamar.
Jika kalian membuatnya dengan mengetik, jangan lupa siapkan scan tanda tangan sehingga akan memudahkan kalian menyisipkan tanda tangan untuk bagian bawah surat.
Foto: https://id.pinterest.com/pin/71776187797449449/Tulis Sendiri
Banyak kalian temui template untuk menulis surat lamaran kerja, tinggal edit lalu kirim. Tapi, jangan pernah melakukan hal itu ya, Ladies. Menulis lamaran secara mandiri akan membuat kamu bisa mengasah kemampuan dalam berbahasa. Terkadang, tulisan juga mencerminkan karakter diri seseorang, sehingga akan lebih baik jika surat lamaran itu kalian buat sendiri.
Jika terpaksa kalian menggunakan format dalam template umum yang ada di internet, jangan lupa gunakan teknik untuk memodifikasi tulisan itu dengan gaya bahasa kamu sendiri ya.
Foto: https://id.pinterest.com/pin/480829697693109169/Perhatikan Penulisan dan Tata Bahasa
Penulisan yang typo bahkan salah akan memberikan kesan yang buruk di mata HRD. Sebelum mengirim lamaran, baik secara online maupun offline, perhatikan dan lihat lagi dengan teliti apakah ada kesalahan dalam penulisan, bahkan untuk tanda baca. Surat lamaran yang terdapat banyak kesalahan akan membuat kalian terlihat tidak professional dan serius dalam melamar pekerjaan.
Bahasa yang kalian gunakan pun harus bahasa formal, jangan gunakan bahasa sehari-hari dalam format tulisan untuk melamar pekerjaan. Tulis dengan baik dan benar, kalau perlu sesuai dengan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia jika merasa masih kesulitan menemukan kata yang pas untuk sebuah kalimat. Jika surat lamaran kalian menggunakan bahasa Inggris, maka pelajarilah bahasa tersebut dan gunakan kalimat-kaimat yang relevan untuk sebuah surat lamaran pekerjaan.
Foto: https://id.pinterest.com/pin/91549804894664070/Jangan Lupa Mencantumkan Posisi Pekerjaan yang Dilamar
Orang-orang seringkali lupa mnecantumkan posisi yang akan dilamarnya. Hal ini sangat fatal, karena kemungkinan besar surat kamu tidak akan dibaca karena akan membuat HRD merasa bingung. Jadi, sebelum menulis, usahakan kalian tahu posisi apa yang akan kalian lamar. Jika masih bingung juga, lakukan riset terhadap perusahaan, posisi apa yang masih lowong dan apakah posisi itu sesuai dengan kemampuan kalian sebagai pelamar.
Foto: https://id.pinterest.com/pin/176836722853119329/Menulis Informasi yang Dibutuhkan
Kalian harus memilih dan memilah informasi relevan apa yang penting untuk disampaikan kepada HRD dalam sebuah surat lamaran. Jika sudah ada informasi yang tercantum dalam CV maka jangan dicantumkan lagi dalam surat lamaran. Masukkan informasi yang akan menunjang diri kalian sebagai pelamar sehingga HRD akan memberikan respon baik dengan memanggil untuk tes dan wawancara.
Foto: https://id.pinterest.com/pin/93871973455867310/