sign up SIGN UP

Catat! Ini 5 Skill Paling Dicari HRD di 2022, Fresh Graduate Wajib Tahu!

Camellia Ramadhani | Beautynesia
Selasa, 11 Jan 2022 13:45 WIB
Catat! Ini 5 Skill Paling Dicari HRD di 2022, Fresh Graduate Wajib Tahu!
caption
Jakarta -

Beauties, apakah kamu seorang fresh graduate dan ingin dapat kerja bergaji besar tahun ini? Jika kamu masih ingin mengambil jeda untuk mengasah kemampuanmu sebelum melamar pekerjaan, ada baiknya pertimbangkan dulu peluang yang ada di tahun 2022.

Menurut penelitian yang terbit di laman Randstad Sourceright, peluang kerja terbuka lebar bagi profesi-profesi yang membutuhkan keahlian khusus di dunia digital. Berbanding terbalik dengan keinginan perekrut, para pencari kerja justru belum banyak yang menguasai keahlian ini, Beauties.

Jika kamu ingin mengembangkan potensi diri untuk mendapat pekerjaan bergaji tinggi, kuasai dulu salah satu dari lima skill paling dicari HRD di tahun 2022 berikut ini!

Cyber Security

Ilustrasi Cyber Security/Foto: Pixabay
Ilustrasi Cyber Security/Foto: Pixabay

Perkembangan teknologi mau tidak mau mengharuskan setiap perusahaan untuk menyesuaikan diri dengan serba-serbi digitalisasi. Namun, era pemanfaatan internet juga membuat ancaman peretasan kian nyata, Beauties.

Untuk itulah tenaga kerja dengan skill cyber security sangat dibutuhkan HRD untuk menjamin keamanan data perusahaan. Adapun keahlian yang harus dimiliki seorang cyber security specialist di antaranya memahami kode pemrograman, sistem operasi, hingga pemecahan masalah dengan komputerisasi.

Jika nantinya kamu benar-benar direkrut, siap-siap mengantongi puluhan juta dalam sebulan, nih, Beauties!

Blockchain

Ilustrasi Blockchain/ Foto: Freepik
Ilustrasi Blockchain/ Foto: Freepik

Beauties, pembahasan tentang perkembangan teknologi digital tentu tidak lengkap tanpa menyinggung teknologi blockchain. Karena blockchain menjunjung prinsip desentralisasi, HRD perusahaan mulai mencari tenaga ahli yang paham seputar blockchain untuk membantu koordinasi dan transaksi perusahaan tanpa campur tangan pihak ketiga.

Nantinya, ahli blockchain dapat membantu perusahaan untuk mengevaluasi ketidaksesuaian arus kas, memeriksa waktu pemrosesan transaksi, atau merancang strategi untuk mengurangi biaya pengeluaran perusahaan. Jika kamu berhasil menjadi spesialis blockchain, kamu berkesempatan mendapat gaji setidaknya Rp270 juta per bulan, lho!

Data Science

Ilustrasi Data Science/ Foto: Pexels/ Lukas
Ilustrasi Data Science/ Foto: Pexels/ Lukas

Pengelolaan big data kini menjadi bisnis tersendiri di berbagai industri. Oleh karenanya, skill data science sangat dibutuhkan perusahaan untuk menghasilkan strategi yang cepat, tepat sasaran dan minim biaya.

Profesi dengan keahlian ini disebut sebagai seorang data scientist. Untuk menjadi seorang data scientist, kamu harus menguasai matematika statistika dan ilmu komputer, serta akan banyak bermain dengan software Python, SAS, dan R.

Kamu juga harus mampu mengumpulkan dan menganalisa big data hingga menghasilkan suatu informasi spesifik yang nantinya digunakan sebagai dasar strategi bisnis, Beauties. Jika kamu berhasil menjadi seorang data scientist, kamu bisa mendapat gaji sebesar Rp11 juta per bulannya.

Desain UI dan UX

Ilustrasi UI/UX/ Foto: Pexels/ Fabian Wiktor
Ilustrasi UI/UX/ Foto: Pexels/ Fabian Wiktor

Beauties, kamu pasti menyadari bahwa kehidupan di era digital ini tidak bisa dilepaskan dari peranan aplikasi. Menyadari fakta bahwa aplikasi sudah menjadi kebutuhan sehari-hari, banyak perusahaan berlomba-lomba merambah bisnis ini.

Saking kompetitifnya, fungsi aplikasi saja tidak cukup menyenangkan hati pengguna. Oleh karena itu, peranan desainer UI dan UX sangat penting untuk memastikan kenyamanan pengguna.

Meski namanya hampir sama, namun UI dan UX memiliki fokus tugas yang berbeda. Desainer UI harus ahli merancang tampilan aplikasi, sedangkan desainer UX harus jeli meneliti bagaimana kebiasaan dan keperluan pengguna dan mengimplementasikan data tersebut untuk membuat tampilan layar yang menarik.

Jika kamu memiliki skill desain UI maupun UX, kamu bisa dibayar setidaknya Rp41 ribu per jamnya, atau bisa menembus angka Rp81 juta per tahunnya!

Cloud Computing

Ilustrasi Cloud Computing/ Foto: Freepik/ Rawpixel.com
Ilustrasi Cloud Computing/ Foto: Freepik/ Rawpixel.com

Semakin tinggi kapasitas data yang harus disimpan, penyimpanan server secara fisik sudah tidak relevan lagi bagi perusahaan. Oleh karenanya, skill cloud computing menjadi salah satu skill yang paling dicari di tahun 2022.

Bagi kamu yang berminat mendalami skill ini, kamu harus mampu menjalankan operasional, maintenance server, optimasi perangkat, serta menjalankan implementasi infrastruktur cloud. Dikarenakan keunggulan cloud server yang hemat ruang dan biaya, jumlah tenaga kerja dengan skill cloud computing disinyalir akan terus bertambah lho, Beauties.

Sebagai harga jasa tenaga ahli cloud computing, kamu bisa digaji sebesar Rp50 juta per bulannya. Fantastis!

Jadi, skill mana yang akan kamu geluti untuk jenjang kariermu ke depan, Beauties?

***

[Gambas:Youtube]

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id