BILLBOARD
970x250

Cek, SIM Kamu Mati Masa Berlakunya? Bisa Diperpanjang Tanpa Buat Baru Kalau Penuhi Syarat Ini

Redaksi detikOto | Beautynesia
Senin, 09 May 2022 14:30 WIB
Cek, SIM Kamu Mati Masa Berlakunya? Bisa Diperpanjang Tanpa Buat Baru Kalau Penuhi Syarat Ini

Biasanya, kebanyakan dari kita kerap lupa masa berlakunya Surat Izin Mengemudi atau SIM. Padahal bila sampai terlupa, risiko wajib bikin baru--beserta tes tertulis dan praktik pun harus kamu lalui, Beauties!

Nah, sekarang coba cek SIM kamu. Ternyata selama libur Lebaran 2022 ini, kepolisian memberi keringanan bagi masyarakat yang masa berlaku SIM-nya habis.

Yakni dispensasi bagi SIM yang masa berlakunya habis selama libur Lebaran. Sehingga membuat mereka yang sudah kedaluwarsa SIM-nya nggak perlu proses bikin SIM baru. Hal ini tertuang dalam Surat Telegram Kapolri kepada para Kapolda Nomor: ST/785/IV/YAN.1.1./2022.

Warga mengantri membuat SIM di Gerai SIM Tamini Square, Jakarta Timur, Senin (15/6/2020). Mulai hari ini gerai pelayanan sim di mall telah dibuka dengan batas quota 100 orang perhari dengan menerapkan protokol kesehatan.Ilustrasi mengantre pembuatan SIM./ Foto: Agung Pambudhy

Dalam Surat Telegram, dikatakan pelayanan SIM kepada masyarakat diliburkan pada tanggal 29 April hingga 8 Mei 2022.

Untuk itu, kamu yang punya SIM dengan masa berlaku habis selama libur Lebaran, tepatnya pada tanggal 29 April sampai 8 Mei 2022, dapat diperpanjang pada rentang waktu sampai tanggal 9-17 Mei 2022, tanpa mekanisme pembuatan SIM baru.

Sebaiknya jangan sampai terlewat ya, karena kalau melewati waktu tersebut kamu akan dikenai pembuatan SIM baru, Beauties.

Lantas apa saja syarat perpanjangan SIM yang wajib dipenuhi dan mulai dari berapa biayanya? Lanjutkan membaca di sini, ya!

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE