Daftar Resolusi Awal Tahun yang Bikin Kamu Sukses Raih 'Work-Life Balance' di 2025

Yoanita Aisyah Anugraeny | Beautynesia
Rabu, 01 Jan 2025 17:30 WIB
5. Kurangi Sifat Perfeksionis
Kurangi Sifat Perfeksionis/ Foto: Freepik.com/wayhomestudio

Happy new year! Akhirnya tahun 2025 sudah tiba! Di tahun yang baru ini, sudah seharusnya Beauties melakukan evaluasi diri demi menyambut 2025 menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Salah satunya adalah dengan menerapkan prinsip work-life balance.

Yup! Selama ini kamu mungkin tidak sadar bahwa sudah terlalu bekerja keras. Akibatnya, kamu pun hampir tidak punya ruang untuk diri sendiri. Kalau sudah begini, lama-lama batin akan cepat lelah dan ujung-ujungnya pikiran resign selalu membayangi. Padahal, di tengah PPN yang naik jadi 12% ini, resign mungkin bisa jadi pilihan terburuk, bukan?

Untuk itu, yuk mulai terapkan beberapa langkah di bawah ini demi terciptanya 2025 yang work-life balance! Jadi, apa saja yang harus dilakukan?

1. Atur Kembali Prioritas Pekerjaan

Atur Kembali Prioritas Pekerjaan/ Foto: Freepik/freepik

Di tahun baru, kamu harus mulai bisa memilah prioritas pekerjaan. Cara ini adalah langkah terbaik agar kamu bisa fokus pada tugas-tugas penting terlebih dahulu. Melansir dari Asana, untuk bisa menentukan daftar prioritas, kamu harus terlebih dahulu membuat daftar tugas secara keseluruhan.

Nah, setelah itu, lanjutkan dengan menandai beberapa tugas-tugas yang penting. Dahulukan tugas tersebut sebelum akhirnya berpindah ke tugas lain. Dengan melakukan pengaturan ini, kamu jadi bisa mengatur waktu kerjamu lebih baik.

2. Belajar Katakan “Tidak” Pada Tugas Selain Jobdesk

Belajar Katakan “Tidak” Pada Tugas Selain Jobdesk/ Foto: Freepik.com/benzoix

Salah satu alasan yang bikin tugas keteteran adalah banyaknya tugas tambahan yang sebenarnya bukan jobdesk utama. Biasanya, kamu bakal terpaksa menerima tugas ini karena tidak bisa menolak dengan berbagai alasan. Namun, di tahun baru ini coba untuk lebih berani bersikap. Jika pekerjaanmu masih banyak, jangan ragu untuk mengatakan “tidak”.

Tenang, sikap ini nggak bakal bikin kamu dimusuhin di kantor kok, Beauties! Kamu masih bisa membantu tugas lain tapi dengan catatan, selesaikan dulu tugasmu. Baru deh selanjutnya bisa membantu orang lain, selama tidak membuatmu kelelahan.

3. Jangan Pernah Membawa Pekerjaan Ke Rumah

Jangan Pernah Membawa Pekerjaan Ke Rumah/ Foto: Freepik/freepik

Prinsip yang wajib harus dipenuhi jika ingin tercapai work-life balance adalah tidak pernah membawa pekerjaan ke rumah. Pastikan semua pekerjaan selesai di kantor. Bahkan jika belum selesai, masih ada hari esok untuk menyelesaikannya.

Percayalah, tugas di kantor itu tidak akan pernah selesai! Setelah selesai, kamu pasti akan dihadapkan ladi dengan tugas baru. Jadi, jangan pernah berpikir membawa pekerjaan kantor ke rumah jika ingin tercipta work-life balance ya, Beauties!

4. Kurangi Penggunaan Gadget Saat Bekerja

Kurangi Penggunaan Gadget Saat Bekerja/ Foto: Freepik/KamranAydinov

Karena tidak mau membawa pekerjaan ke rumah, maka kamu harus benar-benar memaksimalkan waktu di kantor. Tentu saja tujuannya agar semua tugas bisa dikerjakan dengan cepat dan tepat. Salah satu langkah agar waktu bisa lebih efisien adalah dengan mengurangi penggunaan gadget saat bekerja.

Dengan begitu, waktumu akan maksimal di tempat kerja. Alhasil, nggak lagi-lagi deh bawa kerjaan pulang ke rumah.

5. Kurangi Sifat Perfeksionis

Kurangi Sifat Perfeksionis/ Foto: Freepik.com/wayhomestudio

Beberapa orang membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mengerjakan pekerjaan. Alasannya, mereka ingin memberikan yang terbaik dan sempurna sehingga harus dipikirkan secara matang. Meski langkah ini tidak salah, namun kadang kala hal ini membutuhkan waktu yang lama. Karena itulah, pola pikir yang terlalu perfeksionis ini harus perlahan dikurangi jika ingin mencapai work life balance.

Tanamkan di pikiran bahwa menyelesaikan sebuah pekerjaan itu tidak perlu sempurna, jadi cukup selesaikan dengan baik saja. Dengan begitu, kamu bisa menggunakan sisa waktu untuk melakukan pekerjaan lain yang belum selesai agar tidak keteteran.

6. Matikan Notifikasi Setelah Bekerja

Matikan Notifikasi Setelah Bekerja/ Foto: Freepik/jcomp

Jika ingin di rumah dengan tenang setelah selesai bekerja, maka kamu harus mempertimbangkan untuk mematikan notifikasi ponsel. Pasalnya, notifikasi ponsel ini punya peran krusial untuk mendistraksi waktu istirahat kita di rumah. Dengan menerapkan cara ini, kamu bisa menikmati waktu di rumah tanpa harus cemas dengan suara notifikasi.

7. Pisahkan Kontak Pribadi dengan Kantor

Pisahkan Kontak Pribadi dengan Kantor/ Foto: Freepik/user5391341

Langkah lain yang bisa kamu lakukan jika ingin tercipta work-life balance adalah memisahkan kontak pribadi dengan kantor. Beberapa waktu lalu, WhatsApp bahkan meluncurkan terobosan baru dengan memperbolehkan 1 ponsel memiliki 2 akun. Dengan mengaplikasikan langkah ini, kamu jadi bisa membedakan mana hubungan pekerjaan dan hubungan pribadi.

Memisahkan kontak pribadi dengan kantor ini sangat berguna saat kamu sedang cuti. Pada waktu ini, kamu bisa menonaktifkan kontak kantormu. Sementara itu, aktivitas pribadi bisa dilakukan di kontak pribadi. Dijamin, work-life balance!

Jika ke-7 langkah di atas bisa diaplikasikan secara konsisten, maka dijamin 2025 kamu akan lebih bahagia. Tidak ada lagi burnout dan ingin resign karena work-life balance tercipta!

Jadi, sudah siap buat work-life balance di 2025, Beauties?

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(dmh/dmh)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE