sign up SIGN UP

Deretan Budaya Korea Selatan yang Unik, Salah Satunya Ada 'Festival Lumpur'!

Fahira Mahza | Beautynesia
Selasa, 10 May 2022 08:30 WIB
Deretan Budaya Korea Selatan yang Unik, Salah Satunya Ada 'Festival Lumpur'!
caption
Jakarta -

Korea Selatan merupakan salah satu negara yang saat ini popular di kalangan masyarakat. Kepopuleran dari negara ini tercipta berkat suksesnya berbagai industri yang mereka lakukan mulai dari entertainment hingga pariwisata.

Negara ini mampu menciptakan berbagai “demam” di masyarakat yang membuat banyak masyarakat internasional tertarik untuk membicarakan negeri ginseng ini.

Selain terkenal akan industri entertainmentnya seperti K-Drama dan juga K-Pop, Korea Selatan juga memiliki banyak keunikan yang menarik untuk diketahui oleh masyarakat umum.

Keunikan dari salah satu negara empat musim ini banyak terletak di dalam budaya-budaya yang sudah dijunjung tinggi oleh masyarakatnya sejak dulu. Berikut beberapa budaya Korea Selatan paling unik yang wajib kamu tahu!

1. Budaya dalam Berbahasa

Budaya dalam berbahasa
Budaya dalam berbahasa/foto: pexels.com

Jarang diketahui bahwa Korea Selatan memiliki tujuh tingkatan bahasa yang digunakan dalam melakukan komunikasi. Namun, bagi pemula biasanya hanya menggunakan tiga tingkatan yang dalam kehidupan sehari-hari.

Tiga tingkatan tersebut yaitu formal (hapsyoche), sopan (haeyo), dan informal (haeche). Bahasa formal biasanya digunakan ketika berbicara dengan seseorang yang lebih tua, orang penting yang berpangkat tinggi, atau orang asing.

2. Hanok

Hanok
Ilustrasi Hanok/foto: pinterest.com

Tak hanya di Indonesia yang memiliki rumah adat yang unik, Korea Selatan juga memiliki rumah adat dengan bentuk dan interior yang unik. Rumah adat Korea Selatan ini biasa disebut dengan Hanok.

Hanok memiliki keunikan dalam segi arsitektur yang cenderung artistik sehingga banyak orang yang menyukai rumah adat ini. Hal tersebutlah yang membuat pemerintah Korea Selatan melakukan pemugaran di beberapa desa yang terdapat bangunan rumah Hanok untuk dijadikan sebagai desa tradisional yang dimanfaatkan untuk kepentingan wisata.

3. Hanbok

Hanbok
Ilustrasi Hanbok/foto: koreaboo.com

Hanbok merupakan istilah yang digunakan untuk menyebut pakaian tradisional Korea Selatan. Pakaian ini biasanya menggunakan warna-warna yang cerah. Hanbok saat ini masih sering digunakan di berbagai kegiatan seperti pertemuan keluarga, festival budaya, hingga acara pernikahan.

4. Budaya Nakji

Budaya nakji
Ilustrasi Budaya Nakji/foto: koreaboo.com

Budaya Nakji merupakan budaya orang Korea Selatan yang memakan gurita secara hidup-hidup. Nakji merupakan makan gurita hidup-hidup, gurita hidup dipotong kecil-kecil dan ditaburi biji wijen.

Meskipun terlihat cukup ekstrem tetapi budaya ini masih sering dilakukan oleh masyarakat Korea. Tetapi perlu diingat bagi kamu yang ingin mencobanya perlu hati-hati karena bagi pemula biasanya belum bisa untuk menelannya sehingga seringkali muntah ketika memakan makanan unik ini.

5. Festival Lumpur

Festival lumpur
Festival lumpur/foto: koreaboo.com

Salah satu festival yang rutin dilakukan di negeri ginseng setiap setahun sekali ini disebut Boryeong Mud Festival. Seperti namanya, festival ini dimeriahkan dengan penggunaan lumpur untuk mandi bersama.

Masyarakat Korea Selatan percaya bahwa lumpur merupakan bahan yang baik untuk kulit. Festival ini pun sudah dilakukan sejak tahun 1988 hingga kini. Itulah 5 budaya Korea Selatan yang memiliki keunikan di dalamnya.

Masyarakat Korea Selatan hingga saat ini masih melestarikan budaya-budaya tersebut serta mampu membuat banyak orang tertarik untuk mengetahui lebih dalam tentang budaya-budaya ini. Terlihat dari antusiasme turis yang berkunjung ke tempat-tempat yang identik dengan budaya ini.

--------------

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(sim/sim)

Our Sister Site

mommyasia.id