STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

Dibandingkan Buang Energi untuk Marah, 4 Cara Sederhana Ini Bisa Dilakukan Saat Kamu Merasa Emosional!

Aqillah Diaz Rahmadyani | Beautynesia
Kamis, 29 Sep 2022 17:31 WIB
Dibandingkan Buang Energi untuk Marah, 4 Cara Sederhana Ini Bisa Dilakukan Saat Kamu Merasa Emosional!

Marah menjadi salah satu perasaan yang umum terjadi ketika seseorang sedang merasa kesal, kecewa, marah, dan frustrasi. Kondisi ini wajar terjadi apabila kamu sedang mengalami beberapa hal yang dirasa kurang menyenangkan.

Emosi yang kamu rasakan dapat memengaruhi tindakan yang akan kamu lakukan selanjutnya, sehingga apabila kamu memiliki emosi yang positif maka aktivitas yang akan kamu lakukan akan menjadi lebih mudah. Namun, apabila emosi yang dirasakan adalah emosi negatif maka hal ini dapat berdampak buruk pada aktivitas yang akan kamu laksanakan.

Nah, terus gimana nih caranya supaya kamu nggak terlalu berlarut dalam emosi dan gimana sih cara mengendalikan emosi? Dilansir dari Very Well Mind, terdapat beberapa cara sederhana yang bisa dilakukan untuk mengatasi permasalahan di atas. Berikut penjelasannya!

1. Memahami Perasaan Diri Sendiri

Memahami Perasaan Diri Sendiri / foto : pexels.com/MarrhiasCooper
Memahami Perasaan Diri Sendiri / foto : pexels.com/MarrhiasCooper

Ketika kamu merasa ingin sekali marah dan meluapkannya, cobalah untuk berusaha memahami perasaan diri sendiri dan mencoba untuk menganalisa apakah memang seharusnya kamu marah atau tidak. Apakah memang benar kesalahan yang terjadi adalah karena dirimu atau bukan.

Cobalah untuk berpikir dengan tenang dan sabar. Jika kamu sudah dapat mengakui dan menerima dengan apa yang terjadi maka kamu lebih mudah untuk menjalani rutinitas harian. 

Ingatkan pada diri sendiri, kamu tidak seharusnya merasa seperti ini dan ingatkan juga bahwa tidak apa-apa untuk merasakan apapun yang kamu rasakan dan perasaan tersebut hanya sementara. Pada akhirnya hal tersebut juga akan berlalu. Berusahalah untuk membuang buruk pikiran negatif agar kamu dapat lebih tenang.

2. Melakukan Hal atau Kegiatan yang Kamu Sukai

Melakukan Hal atau Kegiatan yang Kamu Sukai / foto : pexels.com/KindelMedia
Melakukan Hal atau Kegiatan yang Kamu Sukai / foto : pexels.com/KindelMedia

Melakukan hal atau kegiatan yang kamu sukai dapat membantumu melewati emosi yang sulit. Hal tersebut dapat membantumu lebih tenang dan meningkatkan suasana hati yang sedang kacau.

Kamu bisa melakukan aktivitas yang menyenangkan sehingga dapat membawa pengaruh positif bagi diri sendiri, seperti berjalan-jalan dengan teman, menjaga komunikasi dengan orang terdekat, mempelajari kemampuan baru dan mencoba hal baru yang belum pernah kamu coba. 

Aktivitas tersebut dapat membangkitkan tingkat kepercayaan diri dan menjadi salah satu cara terbaik untuk mengendalikan emosi. 

3. Bersikap Bahagia dan Lapang Dada

Bersikap Bahagia dan Lapang Dada / foto : pexels.com/AndreaPiacquadio
Bersikap Bahagia dan Lapang Dada / foto : pexels.com/AndreaPiacquadio

Meskipun terkadang menahan emosi untuk sementara waktu adalah hal yang cukup susah, cobalah untuk bersikap bahagia dan lapang dada. Bersikap bahagia dapat membantumu secara proaktif mengubah keadaan emosi dan membuat suasana hati menjadi  lebih positif. Bahkan, dengan tersenyum juga bisa membuatmu mengendalikan amarah, meskipun kamu susah untuk melakukannya tapi kamu bisa mencobanya. 

Melansir dari detikHealth, berlapang dada juga menjadi cara yang bisa dilakukan untuk mengendalikan emosi, Seberat dan sesulit masalah yang ada, kamu tetap harus bisa terlihat baik-baik saja dan bangkit dari masalah tersebut. 

4. Mendapatkan Bantuan Melalui Layanan Konseling

Mendapatkan Bantuan Melalui Layanan Konseling / foto : pexels.com/cottonbro
Mendapatkan Bantuan Melalui Layanan Konseling / foto : pexels.com/cottonbro

Jika kamu masih kesulitan untuk mengelola emosi, kamu bisa melakukan konsultasi atau membicarakan permasalahanmu dengan orang yang lebih memahami permasalahanmu. Kamu bisa menjelaskan pada dokter atau melalui layanan konseling lainnya. Kesulitan mengelola emosi juga menjadi salah satu tanda dari adanya masalah kesehatan mental yang mendasarinya, seperti cemas atau depresi. 

Kamu bisa melakukan terapi atau pengobatan untuk membantu mengatasi permasalahanmu. Tidak apa-apa jika kamu menjadi seseorang yang emosional, karena hal itu hanya akan menjadi masalah apabila kamu yang memunculkan masalah tersebut dan apabila hal itu mengganggu produktivitasmu maka segeralah untuk melakukan hal yang positif. Semangat, Beauties!

______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE